Resep Onde Onde Ketawa Pecah Dijamin Ngakak dan Empuk

Resep onde-onde ketawa adalah salah satu varian dari onde-onde, kue jajanan pasar berbentuk bulat yang bertabur biji wijen  Bedanya disini tidak ada isian kacang hijau, kue ketawa digoreng kering dan terlihat pecah (bahasa Jawanya mlethek).

Julukan ketawa ini diambil dari bentuk kue yang merekah, bukan karena si onde-onde bisa ketawa. Pastinya serem kalau bisa tertawa ngakak "haaa haahaha hiii hiii hiiii". Nama Onde-Onde Ketawa merupakan nama Betawi -nya, sedangkan di Jepara disebut sebagai Kue Gelek dan di daerah Sumatra dinamai Roti Ketawa. Ada juga yang menyebutnya Golden Smile, diambil dari warna yang keemasan dengan motif smile (senyum).


  • https://cookpad.com/id/resep/671488-onde-onde-ketawa-dijamin-ngakak
  • https://cookpad.com/id/resep/186215-onde-onde-ngakak

Resep Onde-Onde Ketawa

Sebelum memulai cara membuat onde-onde pecah, kita pahami dulu bagaimana cara membuat kue bisa merekah. Kuncinya adalah penggunaan Baking Soda, pilihlah yang Double Acting BP. Dengan jenis ini, pelepasan karbon dioksida terjadi 2x, pertama saat didiamkan menunggu diolah dan kedua saat suhu adonan meningkat (saat dipanggang, kukus atau digoreng).

Sebagian besar gas karbon dioksida akan keluar saat tahap kedua berkat panas dari minyak. Gas tersebut mendesak lapisan onde-onde ke arah luar sehingga pecah.

Baca juga: Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Sebenarnya tidak masalah kalau mengunakan Single Acting BP, namun kecil kemungkinannya kue mau tertawa. Untuk masalah ini kita bisa mengakalinya dengan mengunting adonan onde-onde yang telah dibulatkan. Jadi hasilnya tetap bisa ketawa ngakak bahkan terlihat lebih rapi namun kurang natural.
Resep Onde Onde Ketawa Ngakak
© cookpad.com by Dewi Agustina dan Rika Heldina
Lihat gambar diatas untuk melihat perbedaan dari yang merekah karena panas dan yang pecah karena dibelah terlebih dahulu. Beda banget kan? Sebaiknya biarkan mereka pecah dengan sendirinya :)

Bahan Kue Ketawa:
  • Tepung terigu 250 gram
  • Baking powder Double Acting 1/2 sdt
  • Gula pasir 75 gram
  • Margarin 25 gram
  • Telur 2 butir
  • Vanili 1/2 sdt
  • Wijen 50 gram
  • Air secukupnya
  • Tambahan keju parut, bisa lebih gurih
Baca juga: Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow Paling Lengkap

Cara Membuat Onde-Onde Pecah:
Campurkan margarin, gula pasir dah vanili sampai lembut. Tambahkan telur lalu kocok sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, sebaiknya diayak dulu untuk mendapatkan terigu yang halus. Masukkan keju parut lalu uleni sampai adonan jadi.

Selanjutnya proses membentuk kue gelek, olesi telapak tangan anda dengan tepung supaya tidak terlalu lengket karena adonan cukup lembek. Buatlah bentuk bulatan kecil lalu celupkan ke air dan gulingkan ke wijen sampai semua permukaan onde-onde tertutup wijen. Sedikit kibas-kibaskan agar tidak terlalu banyak wijen.

Hasilnya bulatan bertabur wijen yang agak lembek tapi tidak apa-apa, hal ini dilakukan agar wijen menempel kuat. Lakukan berulang-ulang sampai adonan habis.

Siapkan wajan dengan minyak goreng yang cukup banyak. Panaskan dengan api sedang lalu kecilkan saat minyak mulai panas. Penggunaan api kecil dengan banyak minyak dimaksudkan agar onde-onde benar-benar matang sampai ke bagian tengah. Masukkan bulatan onde lalu goreng sampai terlihat keemasan dan mulai pecah merekah. Tinggal angkat dan tiriskan.

Resep onde onde ketawa telah selesai. Rasa dari onde-onde ini renyah dikulit luarnya dan empuk di sisi dalam dengan perpaduan rasa manis gula dan gurih keju, cocok banget disajikan saat acara arisan, lebaran, natal ataupun acara keluarga lainnya.


Kalau tidak habis dalam sekali makan, bisa disimpan ditoples agar lebih awet tahan lama. Karena teksturnya yang kering dan keras, kue gelek ini bisa bertahan sampai 1 - 2 bulan tergantung tempat penyimpanan.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengoreng adalah jangan terlalu banyak memasukkan onde-onde, sesuaikan saja dengan wajan yang dipakai. Adonan onde-onde ini lengket sehingga sering kali saling menempel dan merusak lapisan wijen. Jangan sampai biji wijen rontok, bukan onde-onde namanya kalau tanpa wijen.

Biasanya kita menggoreng kue gelek dalam beberapa antrian, gunakan antrian pertama sebagai percobaan. Benahi adonan yang akan digoreng selanjutnya biar resep roti ketawa ngakak tidak gagal total
  • Jika wijen kurang menempel bisa membasahi adonan sekali lagi agar lebih melekat. 
  • Jika tidak bisa merekah, mau tidak mau belah adonan dengan gunting/ pisau. Belah disalah satu sisi saja dengan membuat keratan menyilang.
  • Jika kulit luar dan wijen terlihat gosong berarti api yang digunakan terlalu besar, kecilkan sedikit.
  • Jika bagian tengah kurang matang, bisa digoreng lebih lama lagi.
  • dll tambahkan pengalaman anda di komentar (scroll ke bawah)
Baca juga: Resep Kue Moho Mekar Rasa Original khas Semarang

Sekian artikel tentang Resep Onde Onde Ketawa Pecah Dijamin Ngakak dan Empuk. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!