Resep Banana Cotton Cake Ny Liem Mirip Pisang Asli

Resep banana cotton cake (BCC) di Indonesia yang paling terkenal adalah punya Ny Liem. Sebenarnya berasal dari Jepang, banyak yang menyebutnya sebagai Tokyo Banana (Sakura Tokban), kita bisa membelinya dibeberapa supermarket ataupun secara online.

Kalau dilihat dari segi penampilan si BCC ini mirip sekali dengan buah pisang sebenarnya, mulai dari bentuk dan warnanya. Rasanya juga pisang, karena kita juga menambahkan pisang asli sebagai salah satu bahan campuran.


  • http://smileflavour.blogspot.co.id/2013/07/resep-banana-cotton-cake-ny-liem-ala.html
  • https://aboutchocolate.wordpress.com/2008/01/15/teknik-au-bain-marie/

Resep Banana Cotton Cake Ny Liem

Sebuah BCC terasa lembut yang matang sampai ke bagian dalam, tentu tekstur ini tidak bisa didapatkan dengan cara memanggang pada umumnya. Cara membuat banana cotton cake menggunakan teknik Au Bain Marie (ABM) bahasa Perancis yang juga disebut sebagai waterbath.

Teknik ABM sangat penting untuk menghindari permukaan kue menjadi gosong pada bagian pinggir. Sangat cocok digunakan untuk memanggang kue yang menggunakan banyak telur dan susu seperti resep banana cotton cake ini.

Cara panggang banana cotton cake dilakukan dengan menaruh loyang berisi adonan di atas loyang lain (lebih besar) yang berisi air panas. Selanjutnya tinggal di oven seperti biasanya, dengan begini kulit luar BCC tidak akan terlalu kering, masih lembut layaknya bagian tengah.
Resep Banana Cotton Cake Ny Liem
© Instagram @helenahapsari
Hal lain yang tak kalah penting adalah cetakan banana cotton cake, coba cari di toko bahan kue terdekat atau toko online. Sebenarnya bisa saja adonan dibuat gulung, tapi kalau tidak membentuk pisang tentu bukan tokyo banana namanya.

Baca juga: Resep Kue Moho Mekar Rasa Original khas Semarang

Resep ini diambil dari blog milik mbak Vivienne Ong (link di Daftar Pustaka),

Bahan BCC:

A
  • Putih telur 250 gram dari kurleb 7 butir
  • Gula pasir 125 gram
  • Krim tartar 1/2 sdt
B
  • Pisang ambon 150 gram, dihaluskan
  • Gula pasir 50 gram
  • Telur 1 butir
  • Kuning telur dari kurleb 7 butir
C
  • Tepung terigu 150 gram
  • Soda kue 1/4 sdt
D
  • Margarin 50 gram lelehkan
  • Susu UHT 50 gram
E
  • Banana chocolate dilelehkan
  • Essence Pisang Ambon
  • Pewarna Egg Yellow
F
  • Dark Chocolate secukupnya dilelehkan
Cara Membuat Banana Cotton Cake:
Pertama-tama ambil bahan A lalu kocok dengan mixer sampai mengembang terlihat kaku (soft peak), beberapa orang menyebutnya jambul petruk. Sisihkan adonan.

Selanjutnya giliran bahan B, kocok sampai mengembang, jangan terlalu lama agar tidak pucat warnanya. Matikan mixer. Tambahkan bahan C sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Setelah itu masukkan bahan C lalu campurkan. Terakhir masukkan adonan A lalu aduk lagi sampai didapatkan adonan yang terlihat cair.

Ambil cetakan banana cotton cake lalu olesi dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu ambil loyang lain yang berisi air panas (teknik ABM). Taruh cetakan pisang di atas loyang air. Panaskan dalam oven dengan suhu kurleb 120 derajat Celsius (sekitar 45 menit)

Setelah matang, angkat dan dinginkan lalu siramkan bahan E untuk memberikan warna kulit pisang. Resep ini memakai pewarna kuning telur (kebanyakan pisang warnanya demikian) namun jika anda ingin beda bisa menggunakan warna lain.

Dinginkan sampai mengeras dan terakhir berikan lelehan dar coklat dengan kuas untuk memberi efek layaknya pisang yang telah matang. Resep banana cotton cake Ny Liem telah selesai dan siap dihidangkan.


Oh ya satu hal yang perlu diperhatikan, adonan ini tidak bisa mengantri (apalagi antrian pemanggangan butuh 45 menit). Kalau cetakan kurang sebaiknya panggang dalam loyang biasa saja, daripada adonan turun dan hasilnya bantat :p

Baca juga: Resep Onde Onde Ketawa Pecah Dijamin Ngakak dan Empuk

Resep kue bentuk pisang ini milik Ny.Liem jadi kalau di dekat anda ada toko bahan kue Ny.Liem cobalah mampir. Di sana pastinya bisa mendapatkan semua bahan dan alat yang digunakan untuk membuat BCC.

Ada beberapa orang yang memasak BCC dengan resep kukus. Caranya panaskan panci pengukus sampai keluar uap panas, setelah itu masukkan cetakan berisi adonan. Jangan lupa tutup kukusan diberi kain bersih agar hasilnya tidak terlalu lembek/ berair.

Sekian artikel tentang Resep Banana Cotton Cake Ny Liem Mirip Pisang Asli. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!