Cara Membuat Permen Jelly dari Agar Agar tanpa Gelatin

Cara membuat permen jelly sederhana dapat dilakukan dari agar-agar biasa. Proses pembuatannya mirip dengan membuat agar-agar pudding, bahan yang dipakai pun sama. Tapi dari rasa jelas keduanya sangat berbeda, satu terasa empuk banyak air sedangkan satu lagi kering lebih padat.

Resep permen jelly agar-agar sebenarnya sangatlah mudah tapi untuk mendapatkan tekstur yang kering dan kenyal, kita perlu waktu yang lumayan lama. Butuh proses penjemuran sekitar 2-3 hari supaya kandungan air berkurang dan gula mulai mengkristal.


  • https://www.facebook.com/firda.istiq/posts/10204816246992688?match=cmVzZXAgcGVybWVuIGplbGx5LHBlcm1lbixqZWxseSxyZXNlcA%3D%3D

Cara Membuat Permen Jelly Agar-Agar

Beberapa orang menambahkan gelatin dengan maksud menambah rasa kenyal, tapi disisi lain ada yang menghindari gelatin dengan beberapa alasan seperti ragu kehalalannya, susah mencari ataupun tambahan biaya. Sebenarnya tanpa gelatin pun permen jelly sudah bisa dibuat namun untuk hasil yang lebih lembut (mirip Yupi) disarankan menggunakan gelatin. Terserah anda!

Baca juga: Apa itu Gelatin ? Halal atau Haram ?

Pemanis yang digunakan cukup gula pasir putih saja, gula ini lebih mudah mengkristal jika dibandingkan dengan yang warna coklat. Ada yang menyarankan menambahkan glukosa cair untuk permen, biasanya dibuat dari pati jagung. Fungsinya untuk mendapatkan tekstur permen yang lebih baik.

Resep permen jelly di bawah ini adalah resep paling sederhana dengan bahan yang mudah sekali didapatkan.
Cara Membuat Permen Jelly dari Agar Agar tanpa Gelatin
© facebook.com by Tantri Riani
Bahan Permen Jelly:
  • Agar-agar plain 1 bungkus
  • Gula pasir 250 gram
  • Air 250 ml
  • Pewarna / perasa makanan sesuai selera
Cara Membuat Permen Jelly tanpa Gelatin:
Pertama-tama campurkan agar-agar, gula pasir dan air dalam panci kecil. Panaskan dengan api sedang sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak mengerak di panci. Prosesnya mirip dengan membuat agar-agar pada umumnya.

Ketika sudah mendidih angkat lalu beri perasa dan aduk-aduk merata. Setelah uap panas hilang, masukkan cairan agar-agar ke dalam loyang dengan ketebalan kurleb 1-2 cm. Basahi loyang dengan air supaya nanti lebih mudah dilepas. Dinginkan beberapa jam agar agar-agar mengeras.

Setelah mulai padat, keluarkan agar-agar dari loyang lalu potong-potong sesuai selera. Tinggal jemur permen agar-agar di bawah sinar matahari selama 2-3 hari sampai keluar lapisan gula. Jangan lupa masukkan permen saat malam tiba dan jemur kembali di pagi hari. Sebaiknya juga dibalik agar semua sisi mendapatkan panas merata.

Resep permen jelly agar-agar telah selesai, segera masukkan permen yang telah jadi ke dalam toples. Dengan penyimpanan yang baik, si permen bisa bertahan lebih dari sebulan. Tapi dengan rasanya yang manis dan kenyal, pasti dalam beberapa hari setoples permen jelly sudah ludes.


Biasanya saat kita membeli produk Nutr*g*ll akan ada bungkus kecil yang berisi citrun, kalau anda ingin membuat permen dengan rasa manis sebaiknya jangan memasukkannya. Fungsi citrun ini memberikan rasa asam,  kalau digunakan pada resep di atas (sedikit air dan gula) akan muncul rasa getir sedikit pahit.

Baca juga: Cara Membuat Permen Jahe Kenyal Secara Tradisional

Saat ini harga permen cukup mahal, 500 rupiah cuma dapat 3 bungkus. Jadi permen jelly ini bisa dijadikan alternatif camilan yang murah dan pastinya menyehatkan karena kaya serat dari agar-agar. Jangan ragu untuk mempraktekan resep permen dari agar-agar ini.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Permen Jelly dari Agar Agar tanpa Gelatin. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!