Resep Kue Keciput si Onde Onde Ceplus yang Renyah dan Enak

Resep keciput berasal dari Kudus, Jawa Tengah merupakan salah satu varian dari onde-onde si kue bertabur wijen. Tapi untuk jenis ini bisa dikategorikan ke kue kering tanpa isian kacang hijau. Tak ada lagi rasa lembek, yang ada rasa gurih dari kue dan renyah dari biji wijen.

Banyak orang yang menyebut keciput sebagai onde-onde ceplus, julukan lainnya ada ciput wijen. Selain berbentuk bulat seperti kelereng, keciput juga sering ditemui dalam bentuk lonjong. Warga Kudus paling sering membuat kue keciput di akhir Ramadhan sebagai persiapan suguhan Lebaran.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Keciput
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1007055899393754/?match=a2VjaXB1dCxyZXNlcA%3D%3D

Resep Keciput ala Kudus

Bahan yang digunakan untuk kue keciput masih sama dengan kue kering pada umumnya. Anda tidak perlu menambahkan banyak pengembang kue, gunakan saja baking powder single acting. Jangan yang double acting karena ditakutkan nanti onde-onde merekah jadi onde-onde ketawa yang telah dibahas di artikel sebelumnya Resep Onde Onde Ketawa Pecah. Cara membuat keciput sangatlah mudah, tanpa oven cukup digoreng.
Resep Kue Keciput Kudus
© wikipedia.org
Bahan Kue Keciput:
  • Tepung ketan 200 gram
  • Baking soda single acting 1/2 sdt
  • Santan kental 120 ml
  • Gula merah 4 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Telur utuh 1 butir
  • Kuning telur dari 1 butir
  • Wijen secukupnya
Baca juga: Resep Biji Ketapang Kue yang Renyah Tanpa Kelapa

Cara Membuat Keciput:
Pertama kocok telur dan kuning telur sampai terlihat sedikit mengembang lalu tambahkan gula pasir dan kocok sekali lagi sampai merata. Masukkan garam dan santan kental lalu aduk aduk.

Ayak tepung ketan untuk mendapatkan tepung yang lebih halus. Masukkan tepung ketan dan baking powder sedikit demi sedikit sampil diaduk sampai adonan siap dibentuk. Diamkan sebentar agar baking powder bekerja, setelah adonan terlihat mengembang maka siap eksekusi.

Ambil sedikit adonan untuk dibentuk bulat memanjang, celupkan sebentar dalam air lalu gulingkan di biji wijen. Hal ini dilakukan agar biji wijen bisa melekat lebih kuat dan tidak lepas saat digoreng. Sedikit kibaskan untuk merontokkan wijen yang berlebihan.

Panaskan minyak sampai mendidih lalu kecilkan api sampai ke api sedang. Masukkan beberapa buah keciput ke dalam wajan lalu goreng sampai berubah warna dan akhirnya terapung. Angkat dan tiriskan. Resep keciput telah selesai.


Banyak yang menyarankan untuk menggoreng keciput 2x agar rasanya benar-benar renyah. Lakukan hal ini jika diperlukan. Segera simpan keciput yang telah dingin ke dalam toples agar kue kering keciput lebih awet.

Baca juga: Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dengan Biji Wijen

Resep keciput di atas adalah resep original, anda bisa mengkreasikan dengan bahan coklat untuk keciput manis, tambah keju untuk keciput asin gurih ataupun green tea untuk rasa teh yang khas. Buatlah kue kering keciput yang lu banget.

Sekian artikel tentang Resep Kue Keciput si Onde Onde Ceplus yang Renyah dan Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!