Resep Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Enak

Resep karedok leunca berasal dari sunda yang terkenal memiliki rasa gurih, pedas dengan sedikit pahit tapi enak, tidak heran banyak yang ketagihan mau lagi dan lagi. Salah satu masakan tradisional ini sudah digemari sejak jaman dahulu sampai sekarang.

Cara membuat karedok cukup mudah biasanya menggunakan sayuran mentah seperti mentimun, kacang panjang, kol, tauge, daun kemangi dan terong yang nantinya disiram dengan bumbu kacang dibuat cabe merah, kacang tanah, kencur, bawang putih, gula jawa, garam, air asam, garam dan terasi.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Karedok
  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1690700724548164&set=a.1592307871054117.1073741827.100008247580979&type=3
  • http://www.tribunnews.com/kesehatan/2015/01/01/bukan-hanya-sekadar-lalapan-leunca-mujarab-obati-kanker

Resep Karedok Leunca

Dalam resep ini bahan utama yang kita pakai adalah leunca (nama sunda) atau ranti (nama jawa), salah satu jenis terong-terongan yang berbentuk bulat-bulat kecil mirip kelereng dengan diameter sekitar 1-2 cm saja. Yang kita gunakan dalam resep bikin karedok leunca ini adalah buah leunca yang masih muda, berwarna hijau.

Kita bisa mendapatkan leunca di pasar tradisional atau kalau beruntung bisa menemuinya di kebun sekitar rumah. Tanaman leunca hanya sekitar 1 meteran dengan batang yang dilapisi bulu-bulu halus. Intinya sayur ini bisa dengan mudah ditemui di Indonesia.
Resep Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Enak
© fb.com/eka.saptawati.7
Bahan dan Bumbu Karedok Leunca:
  • Leunca 100 gram
  • Daun kemangi 1 ikat
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 1 siung
  • Kencur 2 ruas jari
  • Cabe rawit sesuai selera 
  • Terasi bakar 1 sdt
  • Asam jawa 1 sdt
Baca juga: Resep Cuanki Bakso Khas Bandung dengan Ikan Tenggiri
Cara Membuat Karedok Leunca:
Pertama-tama cuci bersih leunca dan daun kemangi lalu tiriskan. Ambil cobek dan masukkan bawang merah, bawang putih, kencur, cabe, terasi, garam, gula merah dan asam jawa lalu haluskan sampai lembut.

Selanjutnya masukkan setengah dari sayur leunca bersih, sedikit uleg kasar sedangkan setengah bagian lainnya masukkan bersama kemangi, aduk saja tanpa diuleg. Karena ada leunca yang mentah dan utuh masih bulat akan ada sensasi pecah saat digigit yang menambah kenikmatan makan resep sunda ini.
Resep karedok leunca telah selesai dan siap disajikan kepada anggota keluarga. Makan bersama nasi putih hangat, ikan asin dan kerupuk biar tambah enak, makknyooss!

Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Sayur leunca bukan hanya lalapan yang sedap, tapi ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Ditambah kita mengkonsumsi dalam keadaan mentah sehingga kandungan nutrisi di dalamnya masih benar-benar terjaga.

Dalam leunca terdapat senyawa solasonine, salosodine, solanine dan solamargine. Dimana solasonine bisa membantu menghambat pertumbuahn sel kanker. Solasodine dapat meringankan radang dan menurunkan panas. Solanine bersifat antimitosi yang mengatasi gangguan kanker. Sedangkan solamargine dapat berfungsi sebagai antibakteria.

Keampuhan resep lalapon leunca sudah diakui oleh banyak negara di dunia, sebut saja Korea yang mengkonsumsinya sebagai pengobatan encok, sakit pinggang dan nyeri-nyeri di tubuh lainnya. Di Cina leunca dipercaya dapat mengatasi diare, radang di ginjal dan kandung kemih.

Sama halnya dengan jenis terung-terungan lainnya, sayur leunca juga dapat memperlancar aliran darah. Tapi disisi lain, ada dampak kurang baik yaitu mengurangi kesuburan pada pria karena menurunkan produksi sperma.

Baca juga: Resep Acar Kuning Timun Wortel dengan Bumbu Tradisional

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!