Resep Es Goyobod Cara Membuat Khas Garut yang Kenyal

Resep es goyobod adalah salah satu minuman tradisional khas Sunda yang konon katanya berasal dari daerah Garut. Kita bisa menemuinya di daerah Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya dengan mudah. Es ini cocok sekali diminum saat cuaca sedang panas, rasanya dingin menyegarkan.

Kalau dilihat dari cara membuat es goyobod, bisa dibilang es ini merupakan salah satu jenis es campur. Satu mangkok es biasanya diisi dengan kuah dingin yang terasa manis dan dicampur dengan berbagai bahan seperti alpukat, kelapa muda dan yang khas adalah jelly kenyal mirip cincau ataupun cendol.


  • http://berita.upi.edu/?p=1895
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Es_goyobod
  • http://archive.kaskus.co.id/thread/2762048/0/bagi-yang-pengen-tau-es-goyobod--resep

Resep Es Goyobod

Arti kata "goyobod" sendiri adalah "basah kuyup" dari bahasa Sunda. Di dalam resep ada satu bahan yang disebut sebagai goyobod yaitu jelly terbuat dari tepung aren yang dicampur dengan santan lalu dipanaskan sampai mengental. Teksturnya kenyal namun lembut saat digigit. Sekarang kebanyakan pedagang menggunakan tepung hunkwee untuk mengantikan tepung aren karena lebih mudah didapatkan.

Selain adanya si "goyobod" tadi, bahan es khas garut ini hampir mirip dengan es oyen. Bahkan secara penampilan keduanya benar-benar mirip. Baca artikel dapur (dot) website sebelumnya Resep Es Oyen Bandung dan Sejarah Cara Membuatnya
Resep Es Goyobod Khas Garut
© Instagram @bang_ibrahim
Bahan Es Goyobod:
  • Tepung Hunkwee 50 gram
  • Santan encer 300 ml
  • Air 300 ml 
  • Daun pandan 2 lembar  
  • Gula merah 200 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Kelapa muda 1 butir, kerok
  • Alpukat 1 buah, kerok
  • Es serut sesuai selera 
Baca juga: Resep Cara Membuat Es Buto Ijo Spesial Khas Kediri

Cara Membuat Es Goyobod:
Pertama-tama kita buat goyobod, ambil panci lalu panaskan tepung hunkwee dan santan encer. Rebus terus sambil sesekali diaduk-aduk agar tidak ada yang menempel di dasar panci. Lanjutkan hingga mengental.

Angkat adonan lalu masukkan ke dalam loyang, diamkan sampai mengeras. Sebaiknya tidak terlalu tebal agar lebih mudah dipotong. Setelah dingin, potong membentuk dadu/ sesuai selera.

Jika anda ingin goyobod yang lebih berwarna bisa menambahkan perasan daun suji/ pandan atau pewarna khusus untuk makanan. Kalau tanpa pewarna, hasilnya goyobod berwarna abu-abu kecoklatan.

Selanjutnya siapkan kuah, panaskan air dan gula merah sampai mencair. Tambahkan daun pandan lalu aduk-aduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.

Tinggal penyajian masukkan kelapa muda, alpukat dan jelly goyobod ke dalam gelas. Tambahkan es serut dan terakhir siramkan kuah gula dan santan sesuai selera. Resep es goyobod telah selesai, siap disantap untuk menghilangkan rasa haus.

Kalau ingin lebih kenyang bisa menambahkan pacar cina/ mutiara dan irisan roti tawar. Kita juga bisa menggunakan berbagai macam buah-buahan segar seperti melon, nangka, pepaya dll. Untuk menambahkan rasa manis, kita bisa menggunakan susu kental. Kreasikan es goyobod ala kamu, mungkin saja lebih enak dari yang original.

Sejarah Es Goyobod

Ada beberapa versi tentang sejarah es goyobod yang menceritakan dari mana es ini berasal. Berikut adalah kisah paling lengkap, es goyobod pertama kali diperkenalkan di Jakarta sekitar 1930-an namun kurang laku. Si penemu bernama Junaedi akhirnya hijrah ke Bandung, disana sang anak bernama Ucep berusaha menjual es Goyobod dengan resep yang sama pada tahun 1940-an.

Di Bandung es goyobod laris manis namun karena kejadian Bandung lautan api, kang Ucep harus pindah ke daerah Garut. Di tempat inilah es goyobod makin berkembang sampai sekarang, maka tidak heran salah satu jenis es campur ini lebih dikenal sebagai minuman dingin khas Garut. Salah satu warung favorit yang menyediakan menu es goyobod ada di dekat alun-alun kota Garut.

Baca juga: Resep Es ABCD Upin Upin atau Ais Kacang dari Malaysia

Sekian artikel tentang Resep Es Goyobod Cara Membuat Khas Garut yang Kenyal. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!