Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat

Resep kue rambutan dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan buah rambutan tapi sebenarnya masih jauh dari rambutan yang asli :p Kue kering ini dibuat bulat-bulat mirip buahnya yang diberi taburan meses coklat sebagai rambutnya. Nama asingnya Rhumball.

Berbeda dengan buah rambutan yang terasa juicy penuh air, kue kering rambutan sebaliknya malah terasa renyah gurih. Satu hal yang pasti kue satu ini coklat bangeett! Mulai dari rasa kue sampai taburan meses wajib memakai rasa coklat. Rasa yang sangat disukai anak-anak maka tidak heran setoples kue bisa habis dalam sekejab.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1107914049307938/

Resep Kue Rambutan

Walaupun mengambil nama rambutan, adalah resep tidak ada tambahan bahan dari buah berdaging putih nan manis ini. Semua bahan boleh dibilang sama dengan kue kering pada umumnya, bedanya cuma dibentuk bulat kecil dan ditempeli meses coklat. Banyak yang menyebutnya sebagai kue bola-bola meses, mirip onde-onde :)

Baca juga: Resep Onde Onde Ketawa Pecah Dijamin Ngakak dan Empuk

Kita sering sekali melihat kue kering rambutan disajikan saat acara lebaran dan natal. Karena bahan utamanya adalah coklat maka kue ini juga bisa dijadikan alternatif hadiah saat Valentine.

Dalam artikel ini Dapur (dot) website akan membagi 2 resep kue rambutan. Yang pertama dengan memanggang dan satu lagi tanpa dipanggang. Hasilnya tidak jauh beda.
Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat
©  fb.com/inggi.berlinda
1
Resep pertama memerlukan oven untuk memanggang kue sehingga hasilnya bisa kering dengan aroma panggang yang khas.

Bahan Kue Rambutan:
  • Tepung terigu 300 gram
  • Margarin 250 gram
  • Kuning telur 2 butir
  • Gula halus 150 gram
  • Dark cooking chocolate untuk isian dan celupan sesuai selera
  • Meses coklat untuk taburan sesuai selera 
Baca juga: Cara Membuat Es Pisang Coklat Piscok Beku So Yummy
Cara Membuat Kue Rambutan:
Pertama kocok margarin dan gula sampai lembut lalu tambahkan kuning telur. Lanjutkan proses mengocok sampai terlihat adonan berbuih. Masukkan tepung terigu lalu aduk sampai semua bahan tercampur.

Siapkan dark chocolate yang dibuat isian, potong potong kecil kecil lalu sisihkan. Ambil adonan tepung, buatlah bulatan kecil lalu pipihkan dan masukkan isian coklat. Bulatkan kembali dan ulangi proses ini sampai semua adonan kue habis.

Siapkan loyang yang telah diberi olesan margarin agar tidak lengket. Susun adonan yang telah diisi dan dibulatkan di atasnya. Tinggal panggang dalam oven dengan suhu kurleb 150 derajat Celsius dalam waktu 30 menit. Keluarkan kue rambutan lalu dinginkan.

Sambil menunggu kue dingin, kita siapkan celupan dengan melelehkan dark chocolate yang tersisa. Cara melelehkannya dengan teknik double boiler sehingga coklat tidak gampang gosong. Cara lengkapnya cek di artikel Cara Melelehkan Coklat Batangan
.
Setelah itu tinggal tahap akhir. Ambil kue bulat lalu celupkan ke dalam coklat cair, selanjutnya gulingkan ke meses sampai tertutup semua bagiannya. Setelah selesai melapisi semua kue, masukkan dalam kulkas agar lapisan coklat cair mengeras.

2
Resep kedua ini lebih terkenal sebagai resep rhumball tanpa perlu dipanggang. Kita hanya menggunakan kulkas untuk mengeraskan adonan.

Bahan Rhumball:
  • Biskuit (disini memakai merk Marie) 250 gram
  • Margarin 4 sdm (dilelehkan)
  • Susu kental manis 200 ml
  • Dark cooking chocolate (dicairkan untuk pencelup)
  • Meses sesuai selera 
Baca juga: Cara Membuat Oreo Goreng Resep Tepung Gurih Manis
Cara Membuat Rhumball:
Remukkan biskuit hinggal halus lalu campurkan dengan mentega cair dan susu kental manis. Aduk-aduk sampai adonan merata lalu ambil sedikit dan bentuk bulatan. Lanjutkan sampai adonan habis.

Celupkan bulatan tersebut ke dalam coklat cair lalu gulingkan di atas meses dan simpan semua rhumball dalam kulkas sampai mengeras lalu sajikan. Resep sederhana ini telah selesai dan siap disajikan.

Resep kue rambutan telah selesai. Agar rasa kue tidak terlalu simpel maka kita perlu menambahkan bahan lain misal saja kacang tanah, mete, kisimi, chocochips, kenari dan lain-lain. Kita juga bisa menggunakan saus stroberi, keju, karamel untuk mengantikan isian coklat.   

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!