Resep Cara Membuat Koya dari Kelapa yang Gurih dan Enak

Cara membuat koya kelapa cukup dicari karena bisa digunakan sebagai taburan dari banyak sekali taburan masakan seperti soto. bakso, tumis, rendang dan resep Nusantara lain. Rasanya yang gurih dan teksturnya sedikit berminyak dapat memberikan cita rasa berbeda pada masakan. Dimakan langsung pun sudah enak!

Kebanyakan orang menyebut bubuk koya sebagai bumbu yang digunakan untuk sajian soto. Berbagai jenis soto menggunakan berbagai jenis koya juga, ada yang terbuat dari krupuk udang ebi, parutan kelapa, kacang tanah ataupun kedelai. Bahkan untuk jenis soto tertentu, hukumnya wajib memakai koya.


  • https://hobimasak.info/resep-iga-oseng-koya/

Cara Membuat Koya Kelapa

Pembuatan koya kelapa tidak terlalu berbeda dengan resep serundeng dimana sama-sama dari parutan kelapa yang disangrai, bedanya koya tidak menggunakan bumbu lengkap. Di Aceh ada yang mirip dengan koya kelapa ini dan disebut sebagai kelapa gongseng.

Bahan kelapa yang kita pakai harus benar-benar tua, sehingga saat disangrai sudah bisa mengeluarkan minyak yang dapat memberikan rasa dan aroma khas kelapa. Mantap deh!
Cara Membuat Koya Kelapa
© kwgls.wordpress.com
Bahan Bubuk Koya:
  • Kelapa 1 butir
  • Bawang putih 1 siung
Resep Koya Kelapa:
Pertama-tama kupas kelapa, bersihkan kulit yang menempel. Selanjutnya ambil parutan dan parut kelapa sedikit kasar. Tips untuk mendapatkan hasil yang sedikit kasar adalah memarut dengan posisi horisontal.

Setelah itu siapkan wajan di atas kompor, masukkan semua parutan kelapa. Sangrai dengan api kecil sampai kelapa berubah menjadi kecoklatan dan terlihat kering + sedikit berminyak. Lalu angkat dan tiriskan.

Iris-iris bawang putih lalu goreng dengan api kecil sampai berubah warna kuning keemasan. Bisa juga memakai bawang goreng instant.

Ketika parutan kelapa sudah mulai dingin, masukkan ke dalam cobek atau lumpang bersama dengan bawang putih goreng. Tumbuk sampai bawang halus dan parutan kelapa lebih mengeluarkan minyak. Cara membuat koya kelapa telah selesai, siap dijadikan taburan dari masakan yang akan anda buat.


Banyak yang bilang soto tanpa koya itu seperti sayur tanpa garam. Setelah anda mencoba resep koya kelapa di atas maka tidak ada salahnya baca juga artikel dapur (dot) website lainnya Resep Soto Lamongan Koya Asli Rasa Spesial

Koya kelapa terasa lebih gurih dibandingkan jenis koya dari kerupuk udang, hal ini dikarenakan parutan kelapa tidak cepat menyerap air seperti krupuk. Kelebihan bubuk koya kelapa lainnya adalah si minyak benar-benar alami yang keluar dari daging kelapa itu sendiri. Tidak heran, dipasaran harganya lebih mahal.

Di luar sana banyak yang memperjual belikan koya kelapa yang sudah siap disajikan, anda bisa mencarinya di pasar, supermarket ataupun toko online. Sebenarnya tidak perlu beli sih, karena resep koya kelapa untuk soto ini sangat simpel dan bahannya mudah didapatkan.

Baca juga: Cara Membuat Sambal Ayam Bakar yang Enak dan Gurih

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Koya dari Kelapa yang Gurih dan Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!