Cara Membuat Pohong Keju si Singkong Goreng Merekah

Cara membuat pohong (singkong) keju sangatlah mudah, cukup mengoreng pohong yang telah direndam dalam bumbu, terakhir diberi bubuk keju. Hasilnya benar-benar mantap, bagian kulit terasa gurih, asin dan renyah sedangkan bagian dalam lembut yang kaya rasa.

Ada yang menyebut gorengan satu ini dengan nama singkong melepuh, singkong mlethek-mlethek dll. Kebanyakan orang mengukus dulu si singkong agar merekah baru nanti selanjutnya digoreng. Tapi coba lihat para pedagang singkong keju, mereka langsung menggoreng si singkong dan hasilnya bisa merekah, apa ada resep singkong keju rahasia?


  • http://www.kaskus.co.id/thread/5493f1890f8b462d558b4570/tips-singkong-goreng-biar-empuk-dan-merekah-kuning-tanpa-direbus-dulu/

Cara Membuat Singkong Keju

Kalau anda mencoba langsung menggoreng singkong pasti hasilnya keras (kacel, bahasa Jawa nya). Bertanya pada pedagang singkong keju pun percuma, mereka tidak akan membongkar bumbu rahasia Krabby Patty.

Namun ada mbak paangestika di KASKUS yang mau membagi rahasia resep singkong keju tanpa dikukus terlebih dahulu. Caranya ternyata mudah tanpa bahan pengembang (BP, ragi dll), pokoknya aman bagi kesehatan. Singkong yang digunakan sebaiknya dalam keadaan bagus, belum berkayu ataupun busuk.
Cara Membuat Pohong Keju si Singkong Goreng Merekah
© twitter.com/rahditiyo
Bahan Pohong Keju:
  • Singkong 1/2 kg
  • Penyedap rasa ayam (optional, tapi resep mbaknya pake)
  • Bawang putih 3 siung
  • Mentega 3 sdm
  • Garam secukupnya
  • Air es secukupnya
  • Minyak goreng banyak 
Baca juga: Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sedap

Cara Membuat Pohong Keju Merekah:
Pertama-tama kupas bersih singkong dari kulitnya, kalau perlu sedikit kerok permukaan luar untuk menghilangkan getah yang tersisa. Cuci dengan air bersih lalu potong potong.

Haluskan bawang putih lalu masukkan ke dalam baskom berisi air dingin. Tambahkan penyedap rasa dan garam, aduk-aduk lalu tes rasa sampai sesuai yang diinginkan. Bisa juga menambahkan bubuk kunyit sedikit agar warna lebih cantik.

Siapkan wajan lalu masukkan minyak goreng yang cukup merendam potongan singkong yang akan digoreng. Panaskan minyak lalu masukkan singkong (belum dibumbui) selama kurang lebih 3 menit (ga lebih).

Setelah diangkat dari wajan, tiriskan minyak lalu sesegera mungkin celupkan ke dalam air es berbumbu. Mungkin perubahan suhu drastis dari panas ke dingin inilah yang membantu singkong keju merekah sampai ke bagian tengah. Diamkan sekitar 20 menit.

Selanjutnya panaskan minyak lalu tambahkan mentega. Setelah mentega larut dalam minyak, segera masukkan singkong yang telah dibumbui (pastikan singkong terendam dalam minyak agar semua bagian matang sempurna). Goreng terus sampai kering dan pastinya singkong keju merekah.

Resep singkong keju telah selesai, terakhir bisa diberi bubuk/ parutan keju untuk menambah rasa gurih dan asin. Makan bersama dengan teh manis pastinya mantap. Untuk rasa pastinya tidak kalah dengan milik para penjual di luar sana.


Dengan begini kita tidak perlu ribet mempersiapkan kukusan, prosesnya lebih sederhana. Namun ada beberapa orang yang berpendapat cara membuat singkong keju tanpa direbus ini kurang sehat. Pasalnya kita menggoreng 2x, dimana makanan yang digoreng sampai 2x memiliki kandungan kolesterol 10x dari pada yang cuma sekali.

Kalau ingin menghemat waktu dan biaya, bisa mengunakan 2x goreng namun kalau ingin yang lebih sehat (namun hasilnya sedikit berair di tengah) sebaiknya rebus/kukus singkong sebelum dibumbui.

Baca juga: Resep Buntil Daun Singkong dan Daun Pepaya ala Kampung

Sekian artikel tentang Cara Membuat Pohong Keju si Singkong Goreng Merekah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!