2 Cara Memasak Ketan Hitam Biar Cepat Empuk dan Harum

Cara memasak ketan hitam biar cepat empuk memang cukup ribet dengan beberapa proses yang lama. Pada dasarnya memang beras ketan lebih keras dibandingkan dengan beras dari padi (baik itu ketan putih maupun hitam). Jika dimasak seperti biasa hasilnya pasti masih mentah di bagian tengah.

Secara tradisional biasanya kita perlu merendam, mengukus dan terakhir baru benar-benar dimasak. Pastinya proses jadi sangat lama, dengan perkembangan jaman kita bisa menggunakan Rice Cooker/ Magic Com untuk sedikit mempersingkat waktu. Dengan adanya fungsi warm, kita bisa melewati proses mengukus.


  • http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/70069-tips-memilih-dan-memasak-ketan-agar-empuk-dan-harum.html
  • http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/69945-cara-mudah-memasak-ketan-dengan-rice-cooker.html

Tips Membeli Ketan

Sebelum ke tips menanak ketan, kita bahas dulu tentang cara memilih ketan yang bagus. Secara harga beras ketan lebih mahal dibandingkan dengan beras padi, hal ini sering kali dimanfaatkan pedagang nakal dengan mengoplos ketan putih dengan padi.

Jadilah pembeli yang cerdas, secara kasat mata mudah kok membedakan keduanya. Ambil beberapa bulir beras, cek warnanya kalau berwarna putih susu artinya itu benar beras ketan tapi kalau sedikit transparan berarti beras padi. Ukuran ketan lebih besar dibandingkan beras biasa, ditambah lagi terlihat lebih kusam sedangkan beras padi lebih mengkilat.

Biji ketan yang bagus itu panjang, beraroma harum dan masih utuh. Banyak yang bilang ketan dari Thailand lebih enak dibandingkan produk lokal. Namun sebagai warga Indonesia yang baik harus cinta produk dalam negeri dong :D

Cara Memasak Ketan

Cara Memasak Ketan Hitam Biar Cepat Empuk
© pixabay.com
Beras ketan memang lebih keras dari pada beras padi, tapi di sisi lain dia lebih cepat lembek. Penggunaan air saat memasak ketan benar-benar harus diperhatikan. Inilah asalan kenapa cara mengukus ketan adalah langkah terbaik.

Untuk mendapatkan beras ketan yang gurih dan harum, kita bisa menambahkan garam, santan dan daun pandan. Inilah 2 tips menanak ketan yang empuk dalam waktu singkat.
1
Dengan Rice Cooker
  • Beras ketan 2 cangkir
  • Air 2 cangkir
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar (buat simpul) 
Baca juga: Cara Memasak Beras Merah untuk Diet dengan Magic Com
Pertama cuci beras ketan sampai bersih, masukkan ke dalam panci rice cooker bersama air lalu diamkan selama 2 sampai 3 jam. Setelah proses perendaman tambahkan garam dan daun pandan lalu aduk-aduk sampai merata.

Tancapkan rice cooker ke listrik lalu setting ke mode cook. Tunggu sampai nasi matang dan secara otomatis rice cooker akan berpindah ke mode warm. Biarkan selama 15 menitan agar nasi lebih tanak, setelah itu baru angkat nasi dan siap disajikan.

2
Dengan Metode Tradisional
  • Beras ketan 2 cangkir
  • Santan encer 2 cangkir
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 3 lembar (buat simpul) 
Baca juga: Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker
Pertama cuci bersih beras ketan lalu beri air sampai terendam, diamkan selama 2 jam-an. Angkat dan masukkan ke dalam kukusan, siapkan panci berisi air lalu kukus ketan selama 15 menitan (hingga ketan panas, setengah matang).

Ambil panci lain, panaskan santan, garam dan daun pandan sampai mendidih. Siramkan cairan panas ini pada beras ketan lalu aduk-aduk merata. Kukus kembali ketan sampai benar-benar empuk (sekitar 30 menitan). Cara mengukus ketan ini menghasilkan aroma yang lebih harum dan rasa lebih pas dibandingkan rice cooker.

Cara memasak ketan hitam agar cepat empuk telah selesai. Bisa diberi taburan parutan kelapa ataupun kacang tanah yang ditumbuk. Rasanya benar-benar maknyoss. NIkmati selagi hangat untuk kenikmatan maksimal

Sebaiknya jangan memasukkan makanan dari beras ketan ke dalam kulkas karena teksturnya akan keras dan aroma harum khas ketan bisa hilang. Jika dibiarkan di suhu ruangan, ketan matang ini bisa bertahan sampai 2-3 hari.

Sekian artikel tentang 2 Cara Memasak Ketan Hitam Biar Cepat Empuk dan Harum. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!