Resep Cara Membuat Es Air Mata Kucing Khas Malaysia

Resep es air mata kucing sebenarnya berasal dari negeri Jiran, Malaysia namun saat ini juga ada beberapa tempat di Indonesia yang menjualnya. Namanya lucu, masa iya kita membuat es dari air mata si mpus.

Singkat cerita ternyata air mata kucing di Malaysia itu adalah penyebutan buah kelengkeng. Kalau dipikirkan dengan baik-baik kelengkeng memang mirip dengan mata. Lihat saja biji hitam ditengah dengan daging buah putih transparan, bola mata banget. Selain mata kucing ada yang menyebutnya mata naga.


  • http://travel.kompas.com/read/2014/01/10/0846022/Pernah.Mencicipi.Air.Mata.Kucing.Begini.Rasanya.
  • http://eatfirstthinklater.blogspot.co.id/2006/07/air-mata-kucing.html

Resep Es Air Mata Kucing Segar

Bagaimana rasa dari es air mata kucing ini?? Dari rasa sebenarnya mirip dengan es cincau karena kuahnya juga terbuat dari sirup gula aren. Yang berbeda hanyalah adanya buah kelengkeng kering dan 2 bahan di bawah ini.

Resep original juga menggunakan buah bernama Luo Han Guo yang sering digunakan sebagai obat oleh orang Cina. Penyakit yang bisa diobati adalah radang tenggorokan, meredakan sesak napas, menghilangkan alergi dan menyembuhkan diare. Cukup susah untuk mendapatkan buah Luo Han Guo, kalau ingin menambahkannya coba cari di toko obat herbal.

Bahan lain yang sering ditambahkan adalah labu kundur. Buah ini masih jarang di Indonesia tapi di beberapa daerah sdah mulai dibudidayakan, coba saja cari ke pasar tradisional terdekat mungkin disana ada. Buah yang mirip dengan mentimun sering kali dijadikan sup buah yang katanya bisa menurunkan demam, mengatasi mual dan mengobati masalah pernafasan.

Baca juga: Resep Es Air Mata Pengantin Minuman Khas Riau

Dari bahan di atas, kita tahu bahwa minuman ini selain menyegarkan juga bermanfaat bagi kesehatan. Luo Han Guo dan labu kundur cukup langka, jadi bisa dilewati saja kalau tidak dapat. Tapi satu yang pasti harus ada buah kelengkeng kering. Wajib hukumnya bukan air mata kucing namanya jika tidak ada kelengkeng. Titik!
Bahan Es Air Mata Kucing:
  • Kelengkeng kering 150 gram
  • Nata de coco 100 gram
  • Biji selasih 1 sdm
  • Gula aren 200 gram
  • Gula putih 100 gram
  • Air 500 ml
  • Luo Han Guo kering (optional)
  • Labu kundur (optional)
Cara Membuat Air Mata Kucing:
Pertama-tama cuci bersih kelengkeng dan luo han guo lalu belah jadi dua. Kupas labu kundur, belah dan buang isi didalamnya. Selanjutnya potong korek tipis atau bisa diparut.

Panaskan air dalam panci dengan api kecil lalu masukkan kelengkeng kering dan luo han guo. Rebus terus sampai kelengkeng terlihat merekah lalu tambahkan gula merah dan putih ke dalamnya. Setelah gula mencair semua dan air mendidih, masukkan labu kundur, Masak sebentar lalu matikan kompor.

Resep es air mata kucing telah selesai dan siap dinikmati bersama keluarga anda. Minuman air mata kucing bisa disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Kedua cara penyajian ini sama-sama enak kok, pilih sesuai selera anda.


Minuman ini bisa dibilang sebagai obat herbal karena begitu kayanya manfaat. Di Malaysia sana, es air mata kucing memang lebih mudah ditemui di daerah pecinan dan di lingkungan keturunan Tiong Hoa yang terkenal dengan pengobatan tradisionalnya.

Jika anda ingin menikmati es ini tidak perlu jauh-jauh ke Malaysia karena di Indonesia sendiri sudah banyak kedai pedagang yang menjual. Harganya murah dengan khasiat luar biasaaaa.

Baca juga: Resep Es ABCD Upin Upin atau Ais Kacang dari Malaysia

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Es Air Mata Kucing Khas Malaysia. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!