Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak

Resep es selendang mayang berasal dari Betawi, Jakarta. Yang unik dari minuman tradisional ini yaitu adanya agar-agar dengan beberapa lapisan warna-warni terbuat dari sagu aren, bisa dibilang mirip kue lapis. Nama "selendang mayang" didapat dari perpaduan warna hijau, merah dan putih yang mengingatkan kita pada warna selendang bidadari.

Sampai saat ini es selendang mayang betawi sering ditemui di acara lebaran dan hajatan keluarga. Bedanya sekarang bahan utama yang digunakan adalah tepung hunkwe, dengan alasan lebih efisien dan mudah. Kita bisa membeli es betawi ini di daerah Kota tua dan tempat lain di kota Jakarta dengan harga terjangkau.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Es_selendang_mayang
  • https://www.facebook.com/groups/548865881846845/permalink/701807696552662/

Resep Selendang Mayang

Es selendang mayang tidak hanya menghilangkan dahaga tapi juga mengenyangkan berkat karbohidrat dari tepung. Karenanya es ini sangat cocok dijadikan minuman berbuka puasa ataupun penunda rasa lapar.
Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak
© twitter.com/tirtAYASa_andi
Bahan Selendang Mayang:
  • Sagu Aren 100 gram
  • Tepung Hunkwe 100 gram
  • Air 1000 ml
  • Garam secukupnya
  • Vanili bubuk 1/2 sdt
  • Daun pandan 2 lembar, diikat
  • Pewarna merah dan hijau
Baca juga: Cara Membuat Es Cappucino Cincau Sendiri di Rumah
Cara Membuat Selendang Mayang:
Langkah pertama dari resep selendang mayang adalah mencampurkan sagu aren, tepung hunkwe, air, daun pandan, vanili bubuk dan garam secukupnya. Setelah tercampur rata, bagi adonan ke 3 wadah berbeda. Wadah pertama teteskan pewarna hijau, wadah kedua teteskan pewarna merah dan wadah ketiga biarkan saja, warna putih.

Ambil panci dan masukkan adonan hijau ke dalamnya lalu panaskan di atas kompor sambil terus diaduk-aduk sampai terlihat letupan-letupan kecil. Setelah itu angkat lalu tuangkan ke loyang dan bersihkan panci.

Selanjutnya giliran adonan tanpa pewarna yang kita panaskan. Setelah mendidih tuangkan ke loyang yang sama dengan adonan hijau. Pastikan lapisan pertama sudah mengeras sebelum menuangkan lapisan kedua. Terakhir panaskan adonan merah dan tuangkan di loyang (pada atas lapisan putih). Diamkan sampai selendang mayang sampai jadi. Setelah itu potong-potong sesuai selera.

Kegagalan yang paling sering terjadi adalah lapisan kurang menempel atau warna bercampur sehingga terlihat kurang cantik. Hal ini dikarenakan adonan kurang matang (belum sampai mendidih) dan bisa juga lapisan bawah masih kurang keras saat anda menuangkan lapisan selanjutnya.

Sebenarnya kita bisa mengkreasikan kombinasi warna lapisan tepung hunkwe tapi biasanya selendang mayang itu berwarna merah muda, putih dan hijau. Mungkinkah ada hubungannya dengan bendera Italia? atau mungkin tradisi sejarah?

Resep Es Selendang Mayang

Saus gula dapat memberikan rasa manis yang khas sedangkan kuah santan menambah cita rasa gurih di minuman orang betawi ini. Resepnya tak jauh beda dengan es tradisional di Indonesia pada umumnya.

Bahan Es Selendang Mayang:
  • Selendang mayang, sudah dipotong.
  • Santan dan air 1 liter (1/2 butir kelapa)
  • Air 400 ml
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 4 lembar 
  • Gula merah 300 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Es batu secukupnya 
Baca juga: Cara Membuat Cincau Hitam Janggelan yang Kenyal Berserat
Cara Membuat Es Selendang Mayang:
Kita rebus santan dengan api sedang. Tambahkan daun pandan 2 lembar dan garam secukupnya. Sesekali aduk agar tidak mengumpal, setelah mendidih matikan kompor, angkat dan dinginkan.

Selanjutnya buat juruh dengan merebus gula merah, gula pasir, air dan 2 lembar daun pandan. Panaskan sampai gula mencair lalu mulai meletup-letup. Angkat dan dinginkan sebentar.

Tinggal penyajian saja, masukkan selendang mayang yang telah dipotong dalam gelas. Tuangkan kuah santan dan saus gula merah secukupnya. Tambahkan air jika dirasa terlalu kental, terakhir masukkan es batu. Aduk-aduk dan siap diminum bersama keluarga.

Sekian artikel tentang Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!