2 Cara Membuat Garnish dari Timun Bentuk Bunga Mawar

Cara membuat garnish dari timun bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan pisau dapur. Sebagian besar ibu membuat hiasan mentimun dengan bentuk gerigi ataupun sekedar dipotong dengan pisau bergelombang. Entah karena malas atau sudah tradisi, di Indonesia dua kreasi ini yang paling sering ditemui sebagai hiasan nasi tumpeng.

Sebenarnya masih banyak lho, model garnish yang bisa dibuat dari mentimun. Karena pada dasarnya sayur berair ini sangat mudah dibentuk, di youtube banyak sekali tutorialnya mulai dari membuat bentuk angsa, kura-kura, ikan paus, daun bertumpuk, kupu-kupu, menara dll. Kita cuma bisa mengagumi saja karena susah bikinnya :p


  • https://www.youtube.com/watch?v=Xd_bMPp6pM4
  • https://www.youtube.com/watch?v=JJgur9AhFP4

Cara Membuat Garnish dari Timun

Dari banyak sekali model, hiasan berbentuk bunga mawar adalah salah satu yang cukup mudah dibuat. Berbeda dengan garnish lain yang membutuhkan ketelatenan untuk mengukir, model bunga ini dapat dibuat dengan memotong dan menyusun saja.

Kali ini dapur (dot) website akan membagikan 2 cara membentuk timun menjadi bunga mawar, cocok sekali dijadikan hiasan nasi tumpeng. Pertama-tama kita siapkan bahan dan peralatan yaitu 1 buah mentimun (cari yang berukuran besar), pisau dan talenan.

Baca juga: Cara Mengasah Pisau Dapur Biar Tajam

1
Potong timun, buang bagian pangkal yang keras. Gunakan pisau tajam untuk memotong timun. Irisan harus tipis, cukup tipis sehingga bisa digulung.

Tumpuk potongan timun yang didapatkan dimana potongan kedua menutup setengah bagian potongan pertama, potongan ketiga menutup setengah potongan kedua dst. Seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Garnish dari Timun
Setelah tumpukan sampai ujung talenan, mari menggulung dimulai dari potongan pertama tadi. Terus gulung gulung sampai terbentuk gulungan kecil. Kalau timun pecah saat mengulung artinya potongan kurang tipis, mau ga mau harus mengulang.
Cara Membuat Garnish dari Timun
Setelah semua tergulung, ambil pisau untuk memotong gulungan timun tepat di tengah. Cara membuat garnish dari timun yang pertama telah selesai. Tinggal taruh di piring saji.
Cara Membuat Garnish dari Mentimun
Cara pertama ini cukup mudah, kesulitannya hanya pada cara menghasilkan potongan yang cukup tipis. Untuk hasil yang lebih baik, kita bisa menggunakan slicer (pemotong) sayuran agar tebal tipis irisan lebih rapi.

2
Untuk cara kedua kita perlu beberapa tusuk gigi untuk membentuk bunga mawar. Pertama-tama potong sedikit bagian pangkal lalu belah mentimun sekitar setengah, tidak sampai terpotong. Potongan yang dihasilkan harusnya cukup tipis dan ada bekas potongan (seperti gambar di bawah ini)
Cara Membuat Hiasan dari Timun
Ambil bagian pangkal tadi potong menjadi bagian kecil. Langkah berikutnya tinggal menyusun saja, ambil tusuk gigi lalu tusukkan ke bagian kecil dari pangkal tadi. Hasilnya seperti ini,
Cara Membuat Hiasan dari Ketimun
Selanjutnya ambil irisan paling kecil. Ingat tadi kita memotong setengah bagian timun? Karena potongan tersebut kita bisa menumpuk sisi satu dan sisi dua sehingga irisan mengerucut. Tusukkan tusuk gigi tadi ke pertemuan kedua sisi tersebut.
Cara Membuat Hiasan Bunga dari Ketimun
Setelah itu ambil irisan yang lebih besar, kerucutkan lalu tusuk, ambil lagi irisan yang lebih besar dst. Lanjutkan proses ini sampai didapatkan bentuk bunga mawar yang anda inginkan.
Cara Membuat Hiasan dari Ketimun
Kedua tutorial membuat hiasan dari timun telah selesai, mana favorit anda? Kalau masih kurang jelas maka bukalah daftar pustaka di atas untuk melihat tutorial membentuk timun langsung dari youtube.

Baca juga: Resep Acar Kuning Timun Wortel dengan Bumbu Tradisional

Sekian artikel tentang 2 Cara Membuat Garnish dari Timun Bentuk Bunga Mawar. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!