Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sedap

Cara membuat rolade tahu daun singkong cukup populer di daerah Unggaran, Semarang, boleh dibilang merupakan gorengan khas sana. Rolade daun singkong menjadi populer karena bentuk penyajian yang unik. Kita bisa membeli gorengan ini dari pedagang kaki lima di daerah Semarang, Ambarawa, Temanggung dan sekitarnya.

Rolade tahu daun singkong merupakan kreasi dari Roulade dari luar negeri (diambil dari bahasa Perancis, Rouler artinya digulung). Bedanya kalau diluar negeri dibuat dari daging yang dibumbui lalu digulung, sedangkan rolade khas Semarang ini dibuat dari tahu dan daun singkong yang dibulatkan. Terasa lebih tradisional dan Indonesia banget.


  • http://rina-dapurmanis.blogspot.sg/2012/12/rolade-tahu-dan-daun-singkong.html 
  • http://www.diahdidi.com/2014/02/tips-membuat-rollade-tahu-daun-singkong.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Rolade_daun_singkong

Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong

Sebenarnya agak kurang pas makanan ini disebut Rolade, karena tidak digulung melainkan dibuat bola-bola. Penyajian dari teknik Roulade yang sebenarnya bisa anda lihat di Bolu Gulung, saat dipotong hasilnya terlihat melingkar-lingkar.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Tidak Berminyak

Bahan utama yang perlu disediakan adalah daun singkong, kita bisa memetik daun muda yang paling atas. Di pasar tradisional ataupun supermarket pun ada tinggal beli. Sedangkan untuk tahu, kita menggunakan tahu yang putih lembut.

Bagaimana rasa daun singkong dan tahu putih? Hambar, tidak berasa kan? Untuk resep rolade daun singkong memang kita harus sedikit menambahkan bumbu halus agar terasa enak di lidah. Ingat yang diperbanyak adalah rempah-rempah bukan bumbu penyedap rasa.
Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong
Bahan Rolade Tahu:
  • Tahu putih 300 gram
  • Daun singkong 1 ikat
  • Tepung terigu 200 gram
  • Air secukupnya ( sekitar segelas)
  • Telur sebutir
Baca juga: Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Bumbu Halus:
  • Bawang putih 7 siung
  • Kemiri 5 butir
  • Ketumbar 1 sdt
  • Kunyit 3 cm (optional, biar lebih cantik)
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Rolade Daun Singkong:
Pertama potong-potong daun singkong lalu masukkan dalam panci dan rebus sampai empuk. Angkat dan peras sampai kandungan airnya berkurang. Taruh tahu putih dalam wadah lalu haluskan dengan tangan atau sendok sampai hancur. Kalau tahu anda terlalu berair sebaiknya peras dulu menggunakan kain halus.

Uleg semua bumbu halus lalu campurkan 2/3 bagian bumbu dan telur dengan tahu putih yang telah dihancurkan. Tambahkan daun singkong yang telah empuk lalu aduk sampai rata. Ambil sedikit adonan ini lalu bentuk menjadi bola-bola kecil rolade daun singkong. Buat bulatan ini sampai semua campuran daun singkong dan tahu habis.

Ambil mangkok kecil untuk membuat adonan tepung. Masukkan bumbu halus yang tersisa dan tepung terigu ke dalamnya. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai tercipta adonan yang sedikit kental (mirip dengan adonan tempe). Penting jangan terlalu encer agar rolade tahu daun singkong tidak hancur saat digoreng dalam minyak panas.

Panaskan wajan yang berisi cukup banyak minyak dengan api sedang. Celupkan bola daun singkong ke dalam adonan tepung sampai terlumuri merata. Selanjutnya tinggal mengorengnya sampai terlihat kecoklatan. Selamat cara membuat rolade tahu daun singkong telah selesai.

Rolade daun singkong khas Semarang ini bisa dinikmati dengan lalapan cabe rawit ataupun dicocol dengan sambal kecap pedas. Bisa juga dijadikan lauk makan nasi. Saat dimakan terasa gurih dan lembut di mulut. Untuk rasa terbaik, sajikan selagi masih hangat.


Beberapa orang mencoba rolade daun singkong yang dibuat mirip dengan galantin. Mereka memanfaatkan daun pisang untuk membentuk adonan ini. Caranya taruh tahu putih yang dibumbui pada daun pisang lalu taruh daun singkong empuk diatas tahu. Padatkan adonan tersebut dengan sedikit menekan-nekan adonan tersebut.

Setelah itu gulung daun pisang tersebut sehingga terlihat mirip dengan lontong. Sekali lagi padatkan lalu ikat dengan kuat agar bentuk gulungan rolade tahu tidak berubah. Kalau diperlukan tambahkan lagi pelapis pisangnya.

Kukus sampai daun pisang terlihat pucat yang artinya adonan sudah matang. Selanjutnya angkat lalu dinginkan sampai gulungan mengeras dan bisa dipotong dengan pisau (bisa juga ditaruh dalam kulkas). Terakhir tinggal potong-potong lalu celupkan ke adonan tepung dan digoreng sampai matang.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sederhana. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!