Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow Paling Lengkap

Cara membuat kue lidah kucing rainbow itu gampang tapi kebanyakan ibu sedikit males karena harus membuat 7 variasi warna. Apalagi kalau membuat kue kering ini dalam jumlah banyak. Di sisi lain warna pelangi sangat digemari anak-anak, so tidak ada salahnya sesekali mencoba resep lidah kucing rainbow di rumah.

Rasa dari kue satu ini gurih dan manis, keduanya menyatu di lidah. Sebenarnya kue kering lidah kucing berasal dari Belanda namun cukup terkenal di Indonesia. Disebut lidah kucing karena bentuk kue memanjang dan pipih mirip dengan bentuk lidah, terbuat dari tepung yang dicampurkan dengan mentega, gula bubuk dan telur lalu dipanggang dalam oven. Tidak ada bahan lidah kucing asli di dalamnya jadi tidak perlu khawatir.


  • https://en.wikipedia.org/wiki/Cat%27s_tongue_cookie
  • https://www.facebook.com/tastemadeid/videos/844637279003641
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1012079692224708/

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow

Pelangi terkenal dengan 7 warna berbeda yaitu Me Ji Ku Hi Bi Ni U. Bisa dibayangkan betapa capeknya ibu jika harus mencetak 7 warna tersebut, oleh karena itu setidaknya gunakan 3 warna saja. Kombinasi ini sudah cukup menciptakan nuansa rainbow di kue kering lidah kucing.

Yang tak kalah penting disiapkan adalah cetakan loyang lidah kucing, anda bisa membeli online ataupun beli di toko peralatan masak terdekat. Harganya cukup murah, tidak ada salahnya mempunyai satu di rumah. Tanpa cetakan tentu akan susah membuatnya.
Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow Paling Lengkap
© twitter.com/BrigittaVS
Bahan Kue Lidah Kucing:
  • Tepung terigu 250 gram
  • Mentega 150 gram
  • Margarin 150 gram
  • Telur 3 butir
  • Gula bubuk 175 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Garam secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Pewarna makanan 6 warna berbeda
Baca juga: Cara Membuat Oreo Goreng Resep Tepung Crispy Sederhana

Resep Kue Lidah Kucing Rainbow:
Pertama-tama, pecahkan telur lalu pisahkan putih telur dari kuningnya. Kocok gula bubuk, garam, margarin, mentega dan putih telur sampai mengembang lalu tambahkan vanili dan kocok lagi hingga terlihat kaku.

Selanjutnya masukkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah tercampur rata, bagi adonan menjadi 6 bagian sama rata dalam 6 wadah berbeda. Masukkan 6 pewarna ke 6 wadah tersebut, aduk sampai adonan berubah warna. Masukkan adonan yang telah siap ke dalam piping bag lalu ikat ujungnya.

Saatnya mencetak kue lidah kucing dalam loyang. Olesi cetakan dengan mentega lalu tuangkan satu per satu adonan yang telah diwarnai sehingga membentuk 6 warna yang bertumpuk (seperti gambar di atas). Biar cepat, tuangkan adonan warna pertama ke seluruh cetakan, baru selanjutnya warna kedua dan seterusnya sampai selesai.

Langkah terakhir cara membuat kue lidah kucing rainbow adalah memanggang dalam oven. Panaskan oven sampai suhu sekitar 150 derajat Celsius, panggang kue sampai terlihat kering dan lebih coklat (tidak sampai 20 menit). Angkat lalu diamkan sebentar, lanjutkan dengan menyimpan kue lidah kucing rainbow dalam toples kedap udara.


Kegagalan yang paling sering terjadi dalam resep lidah kucing adalah bagian tengah yang terlalu lembek sedangkan pinggirnya sudah gosong. Ini dikarenakan suhu oven yang terlalu tinggi, seharusnya gunakan suhu 140 sampai 150 derajat Celsius saja sehingga matang merata secara perlahan.

Agar lebih variatif jangan hanya mencetak kue dalam bentuk horisontal, kita juga bisa membuat vertikal. Jangan hanya memainkan warna karena kita juga bisa membuat kue ini dengan perpaduan rasa misal keju, coklat, pandan, green tea dll.

Buat anda yang lebih suka rasa original maka tinggal cetak saja tanpa dikasih pewarna. Biasanya versi ini diberi taburan keju, gula halus, coklat ataupun meses. Proses menghias dilakukan saat kue belum matang yang artinya topping akan dipanggang bersama lidah kucing, kalau diberikan saat sudah matang maka kuenya mudah melempem.

Kue lidah si meong ini bisa anda dapatkan dengan mudah di toko kue kering. Masyarakat kita sering menyajikannya saat acara natal, lebaran ataupun imlek. Karena rasanya yang enak jangan heran jika setoples lidah kucing akan ludes dalam sehari.

Baca juga: Cara Membuat Es Krim Kuburan Mantan Paling Kekinian

Sekian artikel tentang Cara Membuat Kue Lidah Kucing Rainbow Paling Lengkap. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!