Cara Membuat Es Timun Serut Selasih Dingin Menyegarkan

Cara membuat es timun dapat dilakukan dengan mencampurkan timun serut dalam air yang telah diberi gula dan perasan jeruk nipis. Hasilnya minuman yang terasa dingin dan mampu menyegarkan kerongkongan yang kering.

Minuman ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang belum minum dalam waktu lama, misal saja karena sibuk bekerja ataupun puasa seharian. Dalam mentimun terkandung banyak air sehingga mampu mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang dengan cepat.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/848876105211735

Cara Membuat Es Timun Serut

Bahan utama dari es timun serut adalah mentimun, pilihnya yang kulitnya berwarna hijau muda dengan sedikit putih yang artinya tidak terlalu muda tapi tidak kematangan. Kita bisa membeli di tukang sayur, pasar ataupun supermarket. Kalau anda memetik langsung dari kebun, sebaiknya didiamkan beberapa jam agar getahnya sedikit berkurang.

Baca juga: Apa Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Seperti kita ketahui sayur mentimun tidak memiliki rasa kuat, akan hambar rasanya jika diolah begitu saja. Untuk mengakalinya kita bisa menambahkan bahan lain yaitu perasan jeruk nipis. Tambahan lain agar terasa lebih mantap adalah biji selasih.
Cara Membuat Es Timun Serut Selasih Dingin Menyegarkan
© fb.com/nenny.wijaya.58
Bahan Es Timun Serut:
  • Timun 1 buah (ukuran sedang)
  • Perasan jeruk nipis secukupnya
  • Gula cair secukupnya
  • Air mineral 300 ml
  • Biji selasih 1 sdt, rendam sebentar dalam air bersih
Resep Es Timun Serut:
Langkah pertama adalah mengupas ketimun, setelah kupas langsung cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan getah pahit. Belah di bagian tengah (memanjang) agar mudah untuk membuang biji. Ambil parutan kasar untuk mulai menyerutnya.

Tinggal penyajian, masukkan timun serut ke dalam 2 gelas. Lalu tuangkan air mineral, biji selasih, sedikit perasan jeruk nipis dan gula cair. Buat anda yang menggunakan gula pasir, sebaiknya dilarutkan dulu dalam air hangat sebelum dimasukkan ke gelas. Terakhir masukkan es batu. Cara membuat es tium serut telah selesai, bisa langsung diminum selagi dingin.

Resep di atas adalah resep yang dingin menyegarkan, buat anda yang ingin es timun yang manis silahkan ikuti resep selanjutnya.

Resep Es Timun Sirup Melon

Kombinasi yang cukup menarik adalah timun dan melon, keduanya memiliki tekstur yang mirip dan sama-sama memiliki kandungan air yang banyak. Cocok sekali buat yang dehidrasi, selain menghilangkan dahaga juga menyehatkan.. Mantap dahhhh

Bahan Es Timun:
  • Timun 1 buah
  • Melon 1 slice
  • Nata de Coco secukupnya
  • Biji selasih 1 sdt, rendam dalam air
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Sirup melon sesuai selera
  • Air 500 ml
Baca juga: Cara Membuat Nata de Coco Mulai dari Pembuatan Bibit

Langkah pembuatan:
Kupas, cuci, potong, buang biji dan serut memanjang si ketimun dan melon. Masukkan ke dalam 3 gelas saji bersama dengan nata de coco dan biji selasih. Tuangkan sirup melon, air mineral dan perasan jeruk nipis. Aduk sampai merata, terakhir tambahkan es batu yang diserut. Tinggal diminum bersama anggota keluarga.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Es Timun Serut Selasih Dingin Menyegarkan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!