Cara Membuat Es Tebu Hijau Tanpa Mesin Penggiling

Cara membuat es tebu sebenarnya mudah tapi mendapatkan batang tebu mungkin agak susah di sebagian daerah. Tebu merupakan tanaman yang merupakan bahan utama pembuatan gula pasir. Di Indonesia yang beriklim tropis kita bisa menjumpai perkebunan tebu, tidak heran negara kita ini adalah salah satu penghasil gula terbesar di dunia.

Saat ini di daerah Jawa banyak sekali pedagang es tebu yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Harga segelas es tebu cukup murah sekitar 2500 rupiah saja. Minuman tradisional ini memang sudah ada sejak dulu namun sekarang mulai digemari lagi, menggeser pedagang es legen, cincau atau rumput laut.


  • http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/15908/es-tebu-cendol-cincau#.Vy6jB_m-W2l

Cara Membuat Es Tebu

Gula pasir adalah hasil olahan tebu, tapi bukan berarti kita bisa mencairkan gula untuk resep es tebu ini. Bahan utama dari es sari tebu adalah tebu fresh. Batang tebu yang terpotong dari akar tidak akan tahan lama, seminggu saja pasti sudah berubah rasa dan warnanya. Sebaiknya menggunakan tebu yang berumur 1-3 hari setelah dipotong.

Ada beberapa jenis tebu yang ada di Indonesia, dari segi rasa sudah terlihat dari warna kulit. Tebu kuning biasanya terasa sedikit asin, tebu hitam manis namun keras dan sedikit langu dan tebu hijau yang manis. Terserah mau pakai yang mana, tapi kebanyakan pedagang menggunakan tebu hijau.
 Cara Membuat Es Tebu
© technoflix.com
Bahan Es Tebu:
  • Tebu hijau
  • Air secukupnya
    Fungsi air hanya agar es sari tebu tidak terlalu manis
  • Es batu secukupnya
Baca juga: Cara Membuat Es Cappucino Cincau Sendiri di Rumah

Resep Es Tebu:
Pertama-tama ambil tebu hijau, lebih fresh lebih baik karena rasanya lebih menyegarkan. Kita bisa memeras dengan mesin penggiling ataupun manual. Tapi perlu diingat untuk mengikis lapisan lilin yang ada di kulit sebelum diperas, lapisan ini sering berbau langu.

Untuk yang mesin tidak perlu dibahas. Bagi yang manual, pertama kupas kulitnya lalu potong batang tebu per ruas. Jangan lupa buang bagian ruas yang keras. Siapkan wadah dan alat penyaring. Sedikit pukul-pukul ruas tebu yang telah dikupas, setelah hancur terlihat penyet kita peras dengan sedikit mempelintirnya.

Lakukan proses pemerasan sampai semua air sari tebu terpisah dari ampasnya. Cara membuat es tebu telah selesai, tinggal penyajian. Resep sederhana cukup menambahkan air untuk mengatur rasa manis dan es batu menambah rasa segar.

Sari tebu yang kita dapatkan juga bisa lo ditambahkan di minuman lain sebagai pemanis (pengganti gula). Rasanya jauh lebih terasa di lidah dan tentu lebih seger jika dibandingkan gula lain.

Resep Es Tebu Cendol Cincau

Bahan:
  • Air sari tebu 500 ml
  • Perasan jeruk nipis 2 sdm
  • Gula pasir 100 gram
  • Air 300 ml
  • Susu kental manis 100 ml
  • Air kelapa 600 ml
  • Kelapa muda dikeruk
  • Cendol 200 gram
  • Cincau hitam potong dadu kecil 150 gram
Baca juga: Cara Membuat Cincau Hitam Janggelan yang Kenyal Menyehatkan

Langkah pembuatan:
Pertama-tama campurkan air tebu dan air jeruk nipis lalu masukkan ke cetakan es batu dan taruh freezer sampai membeku. Buatlah gula cair dengan memanaskan air dan gula pasir sampai mendidih lalu dinginkan.

Siapkan 5-6 gelas saji. Masukkan cendol, cincau dan kerukan kelapa ke dalam gelas. Tuangkan air gula dan air kelapa terakhir tambahkan es tebu beku yang kita buat. Rasanya benar-benar menyegarkan, manis dan kaya serat, sangat cocok disajikan untuk berbuka buasa.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Es Tebu Hijau Tanpa Mesin Penggiling. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!