Cara Membuat Es Cappucino Cincau Sendiri di Rumah

Cara membuat cappucino cincau "capcin" itu sama halnya dengan es cincau hitam biasanya, bedanya disini kita menggunakan cappucino dan susu kental manis sebagai pengganti juruh dan santan. Dari rasa keduanya sangat berbeda, yang satu terasa mirip kopi susu sedangkan yang satu terasa sekali gurih santan dan manis khas gula merah.

Cara buat es cappucino cincau merupakan kreasi baru untuk mengemas minuman tradisional menjadi lebih modern. Beberapa tahun terakhir cincau cappucino mulai terkenal dan sangat digemari anak muda. Tidak heran di setiap kota di Indonesia banyak gerobak cappucino cincau yang menjual minuman menyegarkan sekaligus menyehatkan satu ini.


  • http://franchisecappuccinocincau.com/resep-capucino-cincau/

Cara Membuat Cappucino Cincau 

Salah satu bahan utama es cappucino cincau adalah cincau hitam, di daerah jawa banyak yang menyebutnya janggelan. Berbentuk mirip jelly berwarna hitam kecoklatan yang kenyal dan kaya serat. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar tradisional. Bagi yang punya tanaman janggelan, bisa membuat sendiri di rumah caranya baca di Cara Membuat Cincau Hitam.

Ok langsung saja ke resep cappucino cincau sederhana
Cara Membuat Cappucino Cincau
© yadi_bintang

Bahan Cappucino Cincau:
  • Cappucino instant 1 bungkus
  • Cincau hitam (janggelan)
  • Susu kental manis coklat/ putih sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya
Cara Buat Es Cappucino Cincau:
Pertama-tama potong-potong cincau hitam yang sudah dibeli. Hasil potongan sebaiknya berbentuk dadu agak besar supaya rasa kenyal janggelan saat digigit tidak hilang. Kalau sulit menemukan cincau maka bisa menggunakan nutrigel rasa cincau sebagai alternatif.

Ambil blender untuk mencampur bahan cincau cappucino. Masukkan cappucino instant, susu kental manis, gula pasir, air dan es batu ke dalam blender. Setelah tercampur kita akan mendapatkan susu cappucino yang sedikit berbusa.

Masukkan cincau hitam yang telah dipotong ke gelas saji. Tuangkan susu cappucino ke gelas lalu tambahkan es batu untuk menambah rasa dingin yang menyegarkan. Cara membuat es cappucino cincau telah selesai dan siap diminum.


Terkadang walaupun sudah diblender, gula pasir masih belum lembut juga, oleh karena itu pertimbangkan untuk menggunakan gula cair saja. Baca Cara Membuat Gula Cair dari Gula Pasir.

Segelas es cincau cappucino di atas bisa anda buat sendiri dengan biaya tidak lebih dari 3000 rupiah tentu jauh lebih murah jika dibandingkan membeli di luar.

Untuk produk cappucino instant jangan hanya menggunakan rasa Original saja, saat ini banyak sekali varian rasa yang bisa memuaskan lidah anda, sebut saja cappucino durian, cappucino strawberry, caramel, papermint ataupun moccacino.
Cara Membuat Es Cappucino Cincau
© cantik.co.id
Selain cincau hitam, ada yang menggunakan bubble, bulatan sagu yang diolah dengan bubuk kopi. Cara membuatnya, campurkan 100 gr tepung sagu, 1/4 sdt bubuk kopi, gula dan air lalu bentuk adonan menjadi bola bola kecil dan rebus dalam air mendidih. Setelah terlihat mengapung ambil bubble dan masukkan ke air es untuk menghentikan proses memasak.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Es Cappucino Cincau Sendiri di Rumah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!