Cara Membuat Cincau Hitam Janggelan yang Kenyal Berserat

Cara membuat cincau hitam sebenarnya sama dengan cincau hijau, bedanya di jenis tanaman yang diambil sarinya. Penampilan dan rasa yang dihasilkan oleh dua cincau ini juga berbeda, yang hijau terasa lebih lembut berserat sedangkan yang hitam terasa kenyal lebih keras. Kalau dari segi penyajian ya sama yaitu dengan larutan gula merah dan santan.

Di daerah Jawa, cincau hitam sering disebut dengan janggelan yang merupakan nama dari tanaman yang diambil daunnya. Janggelan ini mirip jelly yang kenyal berwarna hitam kecoklatan sedikit transparan. Kita sering mendapati cincau hitam disajikan sebagai ta'jil saat berbuka bersama di bulan suci Ramadhan. Minuman yang manis dan kaya serat ini dipercaya dapat mendinginkan tubuh bagian dalam dan menyehatkan pencernaan.


  • http://web.ipb.ac.id/~rokhani/artikel_files/page0003.html
  • http://cincaupuccino.com/cara-mengolah-janggelan-cincau-hitam-cao/

Cara Membuat Cincau Hitam

Jika anda memiliki tanaman janggelan maka petiklah beberapa lembar yang sudah terlihat tua. Keringkan berapa hari sampai terlihat kecoklatan, tujuannya untuk menghilangkan getah berlebih di dalamnya.

Baca juga: Cara Membuat Cincau Hijau dari Daun sampai Siap Minum

Proses ekstraksi pati janggelan dilakukan dengan merebusnya sampai mendidih. Kita disarankan menambahkan mineral tertentu untuk meningkatkan konsistensi rendaman dan kualitas gel yang dihasilkan. Di Indonesia, masyarakat menggunakan Abu Qi atau Soda Qi yang sering dibuat merang padi dan ada juga yang dari kulit randu yang bisa dibeli di toko kimia (jarang).

Bahan Cincau Hitam:
  • Daun janggelan 250 gram
  • Abu Qi 25 gram
  • Tepung tapioka 1 sdt
  • Air 5 liter
Cara Membuat Cincau Hitam
Cara Bikin Cincau Hitam:
Cuci bersih daun cincau kering sambil disobek sobek sedikit agar patinya lebih keluar. Masukkan daun cincau, abu Qi dan air ke dalam panci. Panaskan sambil terus sesekali diaduk-aduk, jangan sampai meluap keluar panci. Disarankan memakai panci besar supaya tidak mudah tumpeh tumpeh.

Proses perebusan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai air berkurang sekitar setengahnya. Setelah itu pindahkan sari janggelan ke wadah lain sambil disaring untuk membuang daun kering. Diamkan larutan cincau hitam sampai dingin.

Setelah dingin, tuangkan tepung tapioka lalu lakukan pengadukan. Setelah semua tercampur kita rebus sekali lagi. Jangan lupa sering sering diaduk agar tapioka tidak mengumpal, aduknya secara perlahan saja agar tidak muncul buih.

Cara membuat cincau hitam telah mencapai langkah terakhir yaitu mencetak. Tuangkan larutan ke loyang dengan ketebalan sekitar 7-10 cm, jangan tebal-tebal agar lebih mudah dipotong saat penyajian. Diamkan cincau hitam sampai mengeras butuh 6 jam-an dan siap diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Buat anda yang tidak dapat menemukan daun cincau, alternatifnya adalah membeli ekstrak cincau instant yang dijual dalam bentuk bubuk. Karena ribet dan lamanya proses lebih baik beli janggelan langsung jadi, murah tinggal makan :p

Resep Es Cincau Hitam

Lanjut ke cara membuat es cincau hitam, kebanyakan orang menyajikan dengan menambahkan santan yang gurih, juruh yang manis dan es batu yang menyegarkan. Kalau bicara tentang kreasi minuman maka cincau hitam jauh lebih bervariasi dari pada cincau hijau. Sebut saja sebagai campuran kolak, es doger, es podeng, es campur, es teler, es kelapa muda ataupun es cincau cappucino.

Bahan:
  • Cincau hitam, dipotong dalam bentuk dadu
  • Santan dan air 1 liter butuh sekitar 1/2 butir kelapa 
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 4 lembar
  • Gula putih 100 gram
  • Gula merah 300 gram
  • Air 400 ml
  • Es batu secukupnya
Resep Es Cendol Sederhana:
Pertama, kita buat saus santan dengan merebus santan bersama 2 lembar pandan. Aduk-aduk agar santan tidak mengumpal sambil tambahkan sedikit garam. Setelah terlihat berbuih matikan kompor.

Kedua, siapkan saus gula merah dengan merebus gula putih, merah, air dan daun pandan 2 lembar. Panaskan dengan api sedang sampai semua gula larut dengan air. Rebus terus sampai mendidih.

Setelah kedua saus siap tinggal penyajian di gelas. Masukkan cincau hitam lalu siramkan saus santan dan gula merah sesuai selera. Terakhir tambahkan es batu, tinggal aduk lalu minum deh.

Baca juga: Cara Membuat Nata de Coco Mulai dari Pembuatan Bibit

Sekian artikel tentang Cara Membuat Cincau Hitam Janggelan yang Kenyal Menyehatkan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!