Cara Membuat Cilung Aci Digulung Khas Sunda Enak

Cara membuat cilung cukup simpel, cukup buat adonan lalu digoreng dan digulung. Cilung merupakan singkatan dari Aci Gulung, jajanan dari sunda yang terbuat dari aci (tepung) bercampur dengan telur. Secara rasa dan penampilan mirip dengan dadar gulung, bedanya si cilung ini terasa lebih kenyal dan biasanya dililitkan pada sebatang lidi. Kita dulu sering menemui pedagang cilung di depan SD daerah Bandung.

Seiring perkembangan jaman si jajanan aci ini tidak hanya bisa ditemui di daerah Jawa Barat saja, saat ini kita bisa mendapatkannya di seluruh Indonesia. Selain enak makanan ini juga bergizi, oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba resep membuat cilung sendiri di rumah.


  • https://www.youtube.com/watch?v=UCxqY3xcN5U
  • http://www.kompasiana.com/iwokabq/jangan-ada-lagi-korban-jajanan-tak-sehat_5529f625f17e614940d62405

Cara Membuat Cilung

Tepung yang bisa gunakan sebagai bahan aci gulung adalah tepung sagu dan kanji (tapioka), jenis tepung ini bisa menciptakan tekstur kenyal setelah diolah.

Yang harus diperhatikan saat membuat cilung adalah perbandingan antara telur dan tepung. Agar tidak terlalu  kenyal sebaiknya cukup 1 sdm untuk 1 butir telur. Kalau beli di pedagang kaki lima pasti terasa sangat kenyal, hal ini sering dilakukan agar keuntungan lebih besar (telur mahal lo).
Cara Membuat Cilung
© instagram @sitimijayanti
Bahan Resep Cilung:
  • Tepung sagu 2 sdm
  • Telur 2 butir
  • Air 8 sdm
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng
  • Keju parut / Abon / Bawang goreng (untuk isian)
  • Tusuk sate
Baca juga: Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sedap

Cara Membuat Bumbu Cilung:
Pertama-tama larutkan tepung sagu dengan air lalu aduk-aduk sampai larut. Di wadah lain, pecahkan telur lalu kocok bersama garam dan merica bubuk.

Siapkan penggorengan anti lengket (ukuran kecil/ sedang) di atas kompor. Ambil sekitar 2 sdm adonan tepung lalu tuang ke teflon dan lebarkan. Setelah itu masukkan 2 sdm adonan telur, lebarkan sehingga menyatu dengan aci yang digoreng sebelumnya.

Tambahkan taburan yang telah disiapkan untuk menambah cita rasa resep cilung. Setelah terlihat mulai matang ditandai warna mulai kecoklatan, kita lanjutkan proses menggulung. Ambil tusuk sate lalu taruh disalah satu ujung cilung dan gulung ke arah sebaiknya dengan hati-hati.

Lakukan proses menggoreng beberapa kali sampai semua adonan habis. Resep di atas setidaknya cukup untuk 5 buah aci gulung. Cara membuat cilung telah selesai. Kita bisa menikmatinya dengan dicocolkan ke saus sambal atau kecap. Sajikan selagi hangat agar rasanya lebih sedap.


Beberapa waktu yang lalu ada sebuah cerita tentang anak yang meninggal dunia setelah makan cilung (cek link kompasania di Daftar Pustaka). Si anak tersebut muntah hebat disertai diare yang disebabkan keracunan makanan. Apakah resep cilung ini aman ? kok bisa bikin orang mati?

Jajanan khas sunda Cilung jelas 100% aman, asalkan diolah dengan cara yang bersih dan benar. Bisnis cilung memang mengiurkan, tidak heran banyak orang yang mencobanya. Namun kebanyakan tidak memperhatikan kesehatan, banyak pedagang yang menggunakan minyak berkali-kali sampai warnanya menghitam, menambahkan bahan pengawet ditambah debu yang bertebaran di pinggir jalan.

Baca juga: Cara Pengawetan Makanan yang Aman

Karena alasan inilah kita tidak usah takut untuk makan aci gulung. Yang harus diperhatikan adalah dimana kita mendapatkan cilung, sebaiknya belilah di tempat yang higienis. Hindari pedagang yang diduga melakukan kecurangan.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Cilung Aci Digulung Khas Sunda Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!