Cara Membuat Cendol Dawet dari Tepung Beras Kenyal

Cara membuat cendol cukup simpel,  biasanya dibuat dari tepung beras, tepung hunkwe, tepung kanji ataupun sagu. Nama cendol diduga berasal dari kata "jendol" dari bahasa Sunda/Jawa, didasari oleh sensasi njendol saat si butiran cendol ada di mulut dan kerongkongan.

Apakah Cendol sama dengan Dawet? Penampakan dan penyajiannya sama, keduanya terbuat dari tepung yang selanjutnya disajikan dengan santan, larutan gula merah dan es batu. Namun ada sedikit perbedaan dari segi sejarah yaitu es cendol terkenal dari daerah sunda, Bandung yang dulu terbuat dari tepung hunkwe sedangkan es dawet di daerah jawa, Banjarnegara yang sering dibuat dari tepung beras.


  • https://www.facebook.com/tastemadeid/videos/910111899122845
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Es_cendol

Cara Membuat Cendol

Untuk pemilihan tepung, kebanyakan ibu mencampurkan dua jenis tepung untuk mendapatkan cendol yang kenyal namun lembut di mulut. Misal saja tepung terigu + hunkwe, tepung beras + maizena, tepung beras  + sagu  dan berbagai kombinasi lainnya. Saya mengecek resep-resep es cendol di cookpad, walaupun kombinasi dan takaran tepungnya berbeda namun semuanya "jadi" kok.

Warna dari cendol klasik adalah hijau (pandan) dan putih (tanpa pewarna), masyarakat dulu sering memanfaatkan daun pandan ataupun suji sebagai pewarna alami. Seiring perkembangan jaman, es cendol yang dijual belikan memiliki warna yang jauh beragam pink, biru, merah, kuning yang bisa kita dapat dari pewarna makanan yang aman.

Alat khusus yang perlu siapkan adalah cetakan cendol, berbentuk ayakan dengan lubang-lubang (ukuran cendol yang dibuat tergantung besar lubang). Bagaimana kalau tidak punya? Ya beli dong. Kalau terpaksa sebenarnya ada alat dapur yang bisa anda gunakan yaitu serok yang ada lubang bulat-bulat.

Oke, kali ini dapur (dot) website akan membagikan cara membuat dawet tepung beras.

Baca juga: Cara Membuat Cincau Hijau dari Daun sampai Siap Minum

Bahan pembuat cendol dawet:
  • Tepung beras 150 gram
  • Sagu 70 gram
  • Air daun sirih 3 sdm
  • Pasta pandan 1 sdt
  • Air sekitar 1 liter 
  • Es batu secukupnya
Cara bikin cendol:
Masukkan tepung beras dan sagu ke dalam mangkuk untuk mengaduk. Tambahkan pasta pandan dan tuangkan 500 ml air lalu aduk-aduk sampai adonan tercampur rata. Siapkan wadah lain berisi es batu dan cetakan cendol.

Masukkan sisa air yang 500 ml dan air daun sirih ke dalam panci lalu panaskan sampai mendidih. Setelah mendidih tuangkan adonan tepung ke dalam panci. Aduk supaya merata dan panaskan sampai adonan terlihat mengental. Setelah mulai mendidih ditandai muncul letupan, matikan kompor.

Masih dalam panas tuangkan adonan sedikit demi sedikit ke cetakan cendol. Kalau adonan nyangkut anda harus menekan nekan agar melewati lubang ayakan, hasilnya butiran cendol memanjang dan kenyal. Fungsi es batu adalah memadatkan adonan lebih cepat. Lakukan proses ini beberapa kali sampai adonan habis lalu tiriskan. Cara membuat cendol selesai lanjut ke resep es cendol dawet.

Resep Es Cendol

Cara membuat cendol berasSetelah cendol dari tepung beras jadi, kita lanjutkan dengan membuat es dawet. Rasa klasik biasanya dibuat dengan juruh (cairan kental dari gula merah) dan santan, terakhir ditambah es supaya makin segar. Ada juga orang yang menambahkan tape ketan, tape singkong, mutiara,  jelly atau buah-buahan (nangka, melon).
Bahan:
  • Cendol
  • Santan + air sekitar 1 liter (dari setengah kelapa)
  • Daun pandan 4 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 300 gram
  • Gula putih 100 gram
  • Air 400 ml
  • Es secukupnya
Resep Es Cendol Klasik:
Pertama-tama rebus santan dan daun pandan, tambahkan sejumput garam untuk memberikan rasa gurih. Panaskan terus sampai mendidih.

Selanjutkan kita siapkan juruh, masukkan gula merah, gula putih, daun pandan dan air ke dalam panci. Panaskan sambil diaduk-aduk agar semua gula mencair.  Setelah mendidih, matikan kompor dan dinginkan.

Tinggal penyajian, masukkan cendol secukupnya ke dalam gelas, tambahkan santan dan juruh ke dalamnya. Terakhir masukkan es batu, kalau perlu diserut biar makin mantap. Coba cek rasa minuman cendol ini, kalau terlalu manis tambahkan air lagi.

Baca juga: Cara Membuat Sirup Gula Cair dari Gula Pasir Manis

Sekian artikel tentang Cara Membuat Cendol Dawet dari Tepung Beras Kenyal. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!