Cara Membuat Cincau Hijau dari Daun sampai Siap Minum

Cara membuat cincau hijau alami dilakukan dengan merendam sari daun dari tumbuhan tertentu dalam air selama beberapa waktu. Hasil dari proses perendaman akan menghasilkan gel seperti agar-agar, secara ilmiah disebutkan bahwa karbohidrat dalam daun akan mengikat molekul air.

Kata cincau berasal dari bahasa Cina yaitu Xiancao yang merupakan nama tumbuhan yang diproses. Saat ini cincau hijau sering digunakan sebagai campuran minuman dingin seperti kolak, es campur dan es cincau. Minuman satu ini dipercaya dapat mendinginkan dan menyejukkan tubuh bagian dalam.


  • http://dkwek.com/2249/membuat-cincau-sendiri-di-rumah/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Cincau

Cara Membuat Cincau Hijau

Cara pembuatan cintau ini diambil dari blog dkwek.com,
Cara Membuat Cincau
© bibitcincau.blogspot.com
Bahan utama dari bikin cincau adalah daun cincau yang diambil dari tanaman cincau. Jarang kita temui penjual daun cincau dalam keadaan basah, rata-rata dari mereka menjual kering dalam bentuk tepung. Kalau anda suka dengan es cincau, tak ada salahnya menanam sendiri cincau di pekarangan rumah. Perawatannya gampang asal rajin disirami dan cukup sinar matahari.

Ada beberapa jenis tanaman cincau, ada yang berbentuk perdu dengan daun yang sedikit mengkilat dan ada pula yang menjalar dengan daun lebar dan berbulu. Dari segi warna pun berbeda ada cincau hijau dan ada cincau hitam. Kata orang yang berpengalaman, cincau terbaik dihasilkan dari yang daun berbulu karena gel yang dihasilkan lebih padat dan kenyal.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Tidak Berminyak

Langkah pertama cara membuat cincau hijau adalah memetik daun, cari yang sudah tua terlihat dari warnanya yang sedikit hijau gelap. Cuci bersih semua daun lalu sobek sobek, dimaksudkan agar zat di daun lebih keluar. Sebaiknya buang tulang daun, bagian ini banyak getah yang menyebabkan bau langu. Beberapa orang membuat cincau hijau dengan blender agar lebih cepat.

Lanjutkan dengan memasukkan daun yang telah disobek ke dalam wadah. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil lakukan gerakan meremas daun agar zat di dalamnya lebih keluar. Jangan sampai muncul terlalu banyak buih supaya nantinya tekstur agar-agar cincau lebih halus.

Hentikan peremasan setelah dirasa zat yang ada di dalam daun telah keluar semua, terlihat dari air yang mengental. Agar kenyal pastikan air sari daun cincau kental. Saring adonan untuk mendapatkan sari cincau bersih tanpa ampas. Tuangkan cincau cair ini dalam wadah dimana kita mencetak cincau hijau.

Taruh wadah berisi cincau cair dalam tempat yang dingin dan diamkan sekitar semalaman. Cara mengolah daun cincau telah selesai, tinggal menunggu cincau hijau jadi. Cincau yang sudah jadi pasti terlihat kenyal dengan warna hijau yang terlihat sedikit transparan.

Baca juga: Cara Membuat Sirup Gula Cair dari Gula Pasir Manis

Gagal Membuat Cincau dari Daun Cincau ?

Sering kali kita gagal dalam pembuatan cincau hijau baik itu tidak jadi agar-agar ataupun terlalu langu. Berikut penjelasan sekaligus solusi dari masalah tersebut.
  • Tidak Mengental
    Hal ini dikarenakan air yang digunakan terlalu banyak atau daun yang terlalu sedikit.. Sebenarnya tidak ada takaran yang pas karena tiap daun itu beda kandungannya.

    Agar sukses kita harus memastikan air sari cincau yang diremas sudah terlihat kental. Makin kental maka makin kenyal gel yang dihasilkan sedangkan kalau terlalu encer, tidak akan jadi.
  • Terlalu Langu
    Terkadang ada tanaman cincau yang baunya sangat langu. Untuk mengakalinya, kita harus mengangin-anginkan daun beberapa jam agar terlihat layu. Penyebab bau ini adalah getah batang, buang semua tulang daun sebelum diremas-remas. Mudah-mudahkan hasilnya tidak langu.

Cara Membuat Es Cincau Hijau

Setelah gel cincau jadi langsung kita buat sajian es cincau yang manis untuk mendinginkan tubuh.

Bahan:
  • Cincau secukupnya, potong dadu agar mudah dimakan
  • Santan dan air 1 liter (parut kelapa sekitar setengah)
  • Garam secukupnya
  • Pandan 4 lembar
  • Gula merah 300 gram
  • Gula putih 100 gram
  • Air 400 ml
  • Es secukupnya
cara membuat cincau hijau
Resep Es Cincau Pinggir Jalan:
Pertama masukkan santan dan daun pandan ke dalam panci lalu panaskan sampai mendidih. Tambahkan garam secukupnya agar terasa lebih gurih, rebus terus sambil diaduk-aduk.

Selanjutnya kita buat larutan gula merah (bahasa jawa: juruh). Kita tinggal larutan kan gula merah, gula putih bersama air dan daun pandan. Panaskan di atas kompor sampai gula merah mencair seluruhnya.

Tinggal penyajian saja. Masukkan cincau ke dalam gelas, berikan beberapa es batu (diserut lebih baik) dan siramkan santan terakhir pemanis, takaran sesuai selera. Minuman cincau yang sehat siap diminum.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Cincau Hijau dari Daun sampai Siap Minum. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!