Cara Membuat Wedang Ronde Resep Solo

Cara membuat wedang ronde secara tradisional diadaptasi dari China. Makanan ini bernama asli Tangyuan merupakan metafora dari reuni keluarga yang sering dimakan saat festival lampion. Ronde dibuat dari tepung ketan yang kemudian dicampur air dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, kemudian direbus sampai matang.

Seiring perkembangannya jaman, dalam bola kecil ronde diberi isian makanan lain seperti isi kacang tanah campur gula (enting-enting), wijen ataupun kacang merah (jenis ini disebut yuanxiao). Pada awalnya penyajian wedang ronde dicampur dengan kuah sup selanjutnya lebih sering ditemui dengan air jahe panas.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ronde_%28makanan%29
  • http://www.masakanpraktisrumahan.com/2016/11/resep-wedang-ronde-hangat-rumahan.html

Cara Membuat Wedang Ronde

Di Indonesia, masyarakat sangat suka meminum wedang ronde di malam hari terutama saat musim hujan. Efek hangat yang dihasilkan dapat menghilangkan hawa dingin sekaligus memberikan rasa pedas manis yang enak.

Baca juga: Cara Membuat Permen Jahe Kenyal Secara Tradisional

Setelah merasakan nikmatnya wedang ronde pasti penasaran bagaimana cara membuat wedang ronde jahe isi kacang ini. Berikut adalah resep wedang ronde tradisional ala pedagang di pasar klewer Solo.
Cara Membuat Wedang Ronde Resep Solo
© twitter.com/WILDANTAUHID
Bahan Bola Ronde
  • Tepung ketan putih 300 gram
  • Air hangat 250 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung sagu 1 sdm
  • Pewarna secukupnya saja tergantung berapa warna yang ingin anda buat.
Isi Bola Ronde
  • Kacang tanah 100 gram
  • Gula pasir 3 sdm
  • Air sekitar 3 sdm
  • Garam 1/4 sdt
Kuah Wedang Ronde
  • Jahe sekitar 100 gr
  • Serai 1 batang
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah 1 sdm
  • Gula pasir 100 gr
  • Air 1200 ml
Langkah pertama cara membuat wedang ronde solo adalah menyiapkan isian bola ronde. Ambil kacang tanah lalu sangrai dan buang kulit arinya. Masukkan semua bahan isi bola ronde ke dalam blender, lalu nyalakan blender sampai kacang terlihat hancur (jangan terlalu lembut, lebih baik sedikit kasar). Kalau tidak ada blender bisa menumbuk bahan ini sampai hancur.

Langkah kedua adalah membuat adonan biji ronde. Larutkan gula ke dengan air hangat. Masukkan tepung ketan ke dalam wadah untuk menguleni. Tuangkan air hangat campur gula sedikit demi sedikit ke dalam tepung ketan sambil terus diuleni. Tambahkan garam dan tepung sagu, lanjut terus proses menguleni sampai kalis.

Jika anda ingin membuat bola ronde berwarna-warni maka pisahkan adonan menjadi beberapa bagian lalu campurkan pewarna makanan.

Lanjut membuat bola, pertama ambil sedikit adonan, pipihkan lalu masukkan isian kacang yang telah diolah di langkah pertama tadi. Setelah siap lanjut kita bulatkan kecil-kecil, ulangi proses ini beberapa kali sampai adonan habis. Usahakan setiap bola ronde memiliki ukuran yang sama agar lebih cantik.
Beberapa orang mencetak adonan ini menjadi bentuk karakter lucu warna-warni sehingga anak-anak pun mau memakan wedang ronde dengan lahap.
Taruh panci berisi air ke atas kompor, panaskan sampai mendidih. Masukkan bola ronde ke dalam air panas tersebut. Setelah terlihat mengapung, angkat wedang ronde lalu masukkan ke dalam air dingin. Hal ini bertujuan agar proses pematangan berhenti dan bola tidak lengket satu sama lain.

Langkah terakhir dari resep wedang ronde isi kacang adalah membuat kuah jahe. Ambil jahe cuci bersih untuk membuang tanah yang melekat. Bakar di atas api kompor sampai tercium bau gosong. Diamkan sampai mendingin lalu kupas kulitnya.

Masukkan semua bahan kuah wedang jahe (jahe, serai, daun pandan, gula merah, gula pasir dan air) ke dalam panci lalu didihkan sampai air menyusut sekitar 1 literan. Ohya jangan lupa geprek jahe agar sarinya lebih keluar. Setelah air berkurang, matikan kompor dan saring untuk membuang ampas.

Wedang siap dihidangkan, ambil mangkok lalu tata bola-bola di dalamnya. Tinggal tuangkan kuah jahe yang telah matang. Sebagai tambahan biasanya warung-warung menamburkan kacang sangrai, roti tawar dipotong-potong, sagu mutiara, kolang-kaling dll. Makan selagi hangat untuk mendapatkan cita rasa terbaik.

Dimana Tempat Beli Wedang Ronde

Di Jogja, Solo, Semarang dan beberapa kota daerah Jawa lainnya kita bisa mendapatkan wedang ronde di warung kecil sekitar alun-alun dengan harga yang lumayan murah. Semangkok besar wedang ronde dihargai sekitar 10 ribu rupiah. Kalau anda membeli di warung kecil di daerah pastinya bisa lebih murah. Di Solo makanan ini sering disebut sebagai wedang Dongo.

Seperti dibahas di atas sebenarnya makanan berkhasiat bagi kesehatan ini berasal dari China. Masyarakat Chinesse di Indonesia, memakan ronde tanpa isi (tangyuan) dengan kuah jahe manis pada 22 Desember sedangkan ronde dengan isi (yuanxiao) pada bulan purnama pertama di tahun baru Imlek.
Wedang ronde sudah sangat umum di masyarakat kita sejak jaman dulu, maka tidak heran banyak yang menduga hidangan ini asli Indonesia.
Wedang ronde sangat diminati berkat manfaatnya terutama dari si jahe yang dapat melegakan tenggorokan, meringankan flu atau batuk, mengatasi rasa mual, mengurangi sakit kepala dan menghangatkan tubuh di dinginnya malam hari musim penghujan.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Wedang Ronde Resep Solo. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!