Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Cara membuat tempe mendoan yang terkenal enak, renyah dan gurih itu asli dari Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Berkat bumbu rahasia dari nenek moyang, tempe goreng tepung dari kota ini sangat sedap, padahal sama-sama tempe dari kedelai tapi soal rasa berbeda sekali. Biasanya masakan ini dijadikan camilan ditemani sambal kecap, bisa juga dimakan bareng nasi sebagai lauk.

Memang sedikit tricky untuk membuatnya, kunci dari memasak adalah bumbu tempe mendoan dan waktu mengoreng. Tempe yang telah diiris-iris selanjutnya dibaluri tepung yang telah bercampur dengan bumbu plus irisan daun bawang lalu digoreng sebentar (cuma hitungan detik). Hasilnya si tempe masih sedikit lembek (mendo) dengan tepung yang krispy, menyantapnya cukup dicocolkan ke sambal kecap. Nyaaam nyaaam yummy, lembutnya tempe gurihnya tepung menyatu ditemani rasa manis dan pedas, pasti tidak akan puas walaupun sudah memakan sepiring.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mendoan
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/996743150425029

Cara Membuat Tempe Mendoan

Bahan utama dari masakan ini adalah tempe, di daerah asalnya sana (baca Purworejo) tempe yang dijadikan bahan utama itu benar-benar dibuat untuk tempe mendoan. Secara kasat mata lebih lebar dan lebih tipis jika dibandingkan tempe yang dibungkus daun pisang lainnya.

Untuk mendapatkan tempe mendoan mentah kita tak perlu ke daerah Banyumas, kadang ada pedagang yang menjual tempe jenis ini di pasar terdekat (kalau beruntung) atau bisa membeli secara online.

Kalau tidak bisa menemukan tempe tersebut, beli saja tempe papan dalam plastik (cari yang tebal dan lebar) lalu potong tipis-tipis seperti tempe mendoan asli Purworejo. Sebaiknya jangan membeli tempe daun biasa, tempe ini kecil kecil dan tidak bisa dipotong agar lebih tipis.
Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap
© fb.com/nia.syifa
Bahan
  • Tempe mendoan mentah/ tempe papan yang telah dipotong tipis tipis
  • Tepung terigu 150 gram
  • Lada bubuk 1/2 sdt
  • Daun bawang 2 batang iris tipis tipis
  • Minyak goreng secukupnya 
  • Air secukupnya
Bumbu Dihaluskan
  • Bawang putih 3 siung
  • Kunyit sekitar 2 cm
  • Ketumbar 1/4 sdt
  • Garam 1 sdt
Pertama-tama iris tempe papan tipis lalu cuci bersih, selanjutnya uleg semua bumbu yang dihaluskan. Ambil mangkok kecil lalu campurkan tepung terigu dan bumbu yang telah halus, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai mendapati adonan yang pas (sedikit encer). Selanjutnya taburkan daun bawang lalu aduk sekali lagi.

Celupkan satu persatu tempe yang telah dicuci ke dalam adonan, pastikan semua bagian tempe tertutupi tepung secara merata (tipis-tipis saja ya). Setelah itu masukan tepung yang telah terlumuri tepung ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng sebentar saja sampai terlihat kuning keemasan, selanjutnya tinggal tiriskan dan goreng semua tempe.
Jangan sampai tempe terlalu garing karena yang tempe mendoan rasa original itu sedikit lembek tidak renyah tapi kembali ke selera masing-masing
Cara membuat tempe mendoan paling enak telah selesai, lanjut ke langkah membuat sang pendamping si pedas hitam manis (baca sambal kecap)

Bahan:
  • Cabai rawit merah 10 buah, tergantung selera sih :)
  • Bawang merah 2 siung 
  • Kecap manis secukupnya
  • Jeruk limau
Pertama-tama potong-potong cabe rawit dan bawang merah lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan kecap manis dan perasan jeruk limau secukupnya. Dalam resep tempe mendoan ini ditambahkan jeruk limau supaya rasanya lebih seger, asam manis pedas. Ueeeenaaakkkk!! Tambahkan lalapan cabe rawit hijau biar lebih greget.

Dimana Tempat Beli Tempe Mendoan

Nama Mendoan sendiri berasal dari bahasa banyumas-an yaitu kata "mendo" artinya setengah matang. Hal ini didasari oleh cara membuat tempe mendoan yang sangat singkat, hanya sampai setengah matang.

Tempe mendoan yang asli dapat kita beli saat berkunjung di Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Tegal dan daerah sekitarnya. Tak ada salahnya kesana untuk memakan tempe mendoan dalam keadaan masih hangat-hangatnya. Biasanya dijual di pusat jajanan oleh-oleh khas ataupun warung makanan pinggir jalan.

Karena besarnya minat masyarakat, banyak pedagang yang membuka warung makan tempe mendoan di kota besar daerah Jawa Tengah bahkan sampai ke Jakarta. Di kota seperti Semarang, tempe mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung (tempe jaket/ tempe kemul).

Baca juga: Cara Membuat Wedang Ronde Resep Solo

Untuk mempertahankan eksistensinya di dunia kuliner, sekarang para penjual tempe mendoan tidak hanya menjual tempe dengan rasa original saja. Banyak sekali varian rasa yang bisa memuaskan lidah pencinta kuliner tradisional seperti tempe mendoan mercon, tempe mendoan daun jeruk, tempe mendoan crispy, tempe mendoan pedas ataupun tempe mendoan keju.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak plus Sambel Mantap. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!