Bumbu Ayam Ungkep Kuning Sederhana Tapi Enak Banget

Bumbu ayam ungkep adalah salah satu faktor kenapa daging ayam kampung yang diolah terasa empuk dan lebih enak tentunya. Terlebih lagi ayam yang telah diungkep dapat disimpan dalam freezer sekitar sebulan atau mungkin lebih.

Olahan setengah matang ini sangat cocok buat ibu yang sibuk dengan pekerjaan. Anda bisa membuat ayam ungkep saat liburan, masukkan freezer dan di hari kerja tinggal ambil lalu olah. Keluarga bisa menikmati ayam yang lezat dan anda bisa menghemat banyak waktu. Win-win Solutions.

Buat anda yang suka ayam goreng, maka ambil daging ayam ungkep lalu goreng sebentar sampai kecoklatan. Lain halnya jika ingin dibakar, tinggal olesi bumbu bakar (kecap manis) lalu bakar di atas bara api. Praktis sekali.


  • https://www.facebook.com/TeamResepMasakanIdola/posts/1067435970006472

Bumbu Ayam Ungkep Kuning 

Dari semua jenis bumbu dasar, bumbu ayam ungkep yang paling digemari adalah bumbu kuning. Bahan dari bumbu ini memanfaatkan kunyit alami yang diolah sederhana dengan cara tradisional. Seratus persen aman dan sehat.

Baca juga: Ciri Ciri Ikan Berformalin yang Harus Kita Ketahui

Sebenarnya saat ini kita bisa mendapatkan ayam bumbu kuning di pasar ataupun supermarket. Tapi sebaiknya anda membuat sendiri masakan ini, alasannya sederhana karena kebanyakan bumbu kuning di pasaran digunakan untuk menutupi daging yang kurang baik. Dengan memilih bahan, meracik bumbu dan memasak si ayam sendiri, pastinya keamanan lebih terjamin.
Bumbu Ayam Ungkep Kuning Sederhana Tapi Enak Banget
© fb.com/TeamResepMasakanIdola/
Bahan
  • Kunyit bubuk 1 sdt atau kunyit 3 ruas
  • Jahe bubuk 0.5 sdt atau jahe 2 ruas
  • Lengkuas bubuk 0.5 sdt atau lengkuas 2 ruas
  • Ketumbar 1 sdm, dihaluskan
  • Bawang merah 6 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Serai  1 batang
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Daun salam 2 lembar
  • Minyak goreng 2 sdm
  • Garam 2 sdt atau secukupnya
  • Air 200 ml/ segelas
  • Daging ayam 500 gr
Baca juga: Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Pertama-tama kita buat bumbu ayam ungkep kuning dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah dan daun jeruk dengan cobek (buat anda yang memakai kunyit, lengkuas dan jahe dalam bentuk ruas utuh, silahkan diuleg sampai halus bersama bumbu tadi) Potong kecil-kecil untuk memudahkan, jangan lupa masukkan garam. Geprak batang serai sampai sedikit hancur.

Ambil daging ayam lalu potong sesuai selera, bilas dengan air mengalir sampai benar-benar bersih termasuk sisa bulu dan pembuluh darah yang terlihat. Untuk menghilangkan bau amis dan lendir berlebih, sebaiknya berikan garam dan jeruk nipis sambil terus diremas-remas. Diamkan sekitar 15 menitan sebelum menuju proses selanjutnya.

Setelah daging ayam terpotong bersih dan bumbu ayam ungkep jawa siap maka lanjutkan untuk proses ungkep. Taruh wajan di atas kompor lalu tuangkan minyak goreng 2 sdm. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium bau harum. Masukkan ketumbar halus, batang serai, jahe bubuk, lengkuas bubuk, kunyit bubuk, daun salam dan terakhir segelas air.

Coba cek rasa dari bumbu tersebut, kalau kurang asin bisa tambahan sedikit garam. Oh ya kalau anda ingin ayam ungkep ini awet maka bisa menambahkan lebih banyak garam. Makin asin makin awet :p
Agar daging ayam menyerap bumbu dengan baik maka sebaiknya kita memasaknya dengan api kecil saja
Cemplungkan ayam yang telah dipotong ke dalamnya, aduk-aduk sebentar dan pastikan semua potogan ayam terendam dalam bumbu ayam ungkep kuning ini. Terus panaskan dengan api kecil/ sedang sambil sesekali diaduk sampai air berkurang. Setelah itu cek apakah ayam sudah matang, jika belum maka tambahkan air lagi dan lanjutkan pematangan daging ayam.


Untuk daging yang keras seperti ayam kampung, bebek, menthok ataupun angsa, disarankan untuk membaluri daging dengan bumbu kuning lalu taruh di kulkas selama semalaman. Di pagi harinya kita ungkep dalam waktu yang lebih lama. Pastinya bumbu ayam ungkep akan masuk ke serat serat daging bahkan sampai ke tulang dan ueeenaaakkk..

Cara membuat ayam ungkep bumbu kuning telah selesai, anda bisa melanjutkan menggoreng ataupun memanggang ayam menjadi olahan yang enak dan gurih. Kalau anda memilih goreng, sebaiknya jangan digoreng terlalu lama kalau tidak ingin daging menjadi alot. Ingat ayam ungkep sebenarnya sudah matang, kita cukup mengoreng sebentar dengan minyak goreng yang banyak.

Oh ya, buat anda yang ingin menyimpan daging ayam kampung ungkep ini ke dalam freezer, sebaiknya menunggu sampai uap menghilang. Setelah dagin dingin, barulah bungkus ayam ungkep dengan wadah kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar tidak banyak bunga es yang muncul dan suhu dalam kulkas lebih stabil.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Berbulan-bulan

Sekian artikel tentang Bumbu Ayam Ungkep Kuning Sederhana Tapi Enak Banget. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!