Cara Membuat Sirup Gula Cair dari Gula Pasir Manis

Cara membuat sirup gula adalah salah satu resep yang sangat mudah dilakukan, kita cukup mencairkan gula pasir bersama air di atas kompor. Sirup gula sering disebut sebagai simple syrup, bisa dibeli di toko ataupun supermarket. Tapi sebaiknya kita membuat air gula sendiri di rumah, tentunya lebih ekonomis.

Anda pernah beli es teh di warung? Biasanya di dasar gelas terdapat gula pasir, sebelum meminum kita harus mengaduk dulu beberapa kali agar gula larut dalam air. Di dalam air es pasti susah mencairkan gula? Inilah alasan kenapa sebaiknya memakai sirup gula untuk minuman dingin seperti jus buah, es teh, es campur, es jeruk dll. Cukup aduk sebentar, minuman langsung manis dan siap diminum. Enak to? Mantep to?


  • https://www.chefsteps.com/activities/simple-syrup
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Syrup

Cara Membuat Sirup Gula

Ok. langsung menuju resep sirup gula.
Cara Membuat Sirup Gula Cair
© youtube.com
Pertama-tama siapkan bahan utama yaitu gula dan air. Kita bahas tentang perbandingan takaran dari keduanya. Kebanyakan orang menggunakan 2 air vs 1 gula sampai 1 air vs 1 gula (berdasarkan berat). Simplenya makin banyak air maka makin berkurang manis dari gula cair yang dihasilkan.

Batas agar gula masih cair setelah diproses adalah 4 air vs 5 gula, lebih dari itu maka gula cair akan mengental saat dipanaskan lalu mengkristal kembali. Proses pemanasan sebaiknya jangan terlalu lama karena gula bisa berubah menjadi karamel.

Baca juga: 2 Cara Membuat Karamel dari Gula Pasir Tanpa Gosong

Cara membuat gula cair dari gula pasir dimulai dengan menaruh bahan utama dalam panci/ wajan. Saya memilih panci karena lebih dalam sehingga saat dipanaskan tidak ada letupan buih yang kena tangan ataupun menempel di kompor.

Panaskan dengan api sedang saja hingga gula terlihat mencair. Sesekali aduk-aduk gula yang belum cair dengan spatula anti panas atau sendok kayu. Setelah semua gula mencair lanjutkan pemanasan sampai mulai terlihat buih buih yang berarti larutan sudah mendidih, langsung matikan kompor.

Angkat panci dan diamkan beberapa saat, walaupun sudah tidak dipanaskan tapi proses memasak masih terjadi. Diamkan sebentar sampai gula cair berubah sedikit mengental mirip dengan sirup pada umumnya. Setelah mulai mendingin masukkan ke dalam botol kaca atau wadah tahan panas lainnya. Sebagai contoh ambil saja botol bekas sirup sebagai tempat penyimpanan.

Cara membuat sirup gula telah selesai, biasanya warna dari gula cair ini coklat sampai kuning keemasan dengan tekstur hampir mirip dengan madu. Warna sirup gula dipengaruhi oleh warna gula pasir yang anda gunakan, seperti kita ketahui ada gula pasir berwarna putih dan ada pula yang coklat.


Sebaiknya gula cair di taruh dalam kulkas agar jauh dari semut. Taruh saja di pintu atau bawah yang penting jangan di freezer. Dalam kondisi yang baik biasanya sirup gula bisa bertahan 3 sampai 6 bulan. Makin sedikit kandungan air saat pembuatan maka makin awet looo.

Selain digunakan untuk pemanis minuman, sirup gula juga sering dijadikan penamping makan roti, hiasan kue, campuran es krim ataupun dimakan bersama buah-buahan.

Bagi anda yang ingin membuat sirup dengan rasa seperti cocopandan, jahe, markisa, stroberi, melon, jeruk dan rasa lainnya maka tinggal memasukkan perasa atau buahnya langsung. Untuk rasa asam kebanyakan orang menambahkan asam sitrun. Jangan lupa meneteskan sedikit pewarna makanan agar tampilan sirup anda lebih cantik.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Sirup Gula Cair dari Gula Pasir. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!