Cara Membuat Sale Pisang Gulung Basah Sedaap

Cara membuat sale pisang itu mirip dengan kripik pisang, sama-sama berbahan pisang, dijemur dan diproses dengan menggoreng tapi dari segi rasa dan penampilan sedikit berbeda. Perbedaan olahan buah pisang ini terletak di jumlah kadar airnya, kripik pisang sangat kering, renyah dan saat digigit terasa keras kriuk kriuk sedangkan pisang sale terlihat basah dan lembut dilapisi tepung yang crispy. Anda lebih suka yang mana?

Menurut wikipedia, olahan pisang satu ini berasal dari Karangpucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Namum sekarang sale pisang basah sudah menyebar ke seluruh Indonesia dan memiliki ciri khas tersendiri sebut saja Bandung, Banjar, Sukabumi dan Jogja. Rasa sale manis, gurih dan lembut, semuanya menyatu di mulut menciptakan kombinasi yang ueeenaaakkk maka tak heran banyak orang mau lagi dan lagi.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sale_Pisang
  • http://www.dosenjualan.com/2014/04/pembicara.ukm.bisnis.rumahan.html

Cara Membuat Sale Pisang

Buat yang ingin mencoba cara bikin sale pisang sendiri di rumah, anda harus sedikit bersabar karena waktu pembuatannya yang cukup lama. Proses yang paling lama adalah penjemuran, mungkin butuh waktu 4-5 hari agar irisan buah pisang siap digoreng. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar air sehingga lebih tahan lama, gurih dan tidak membutuhkan banyak minyak saat menggoreng.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam resep pisang sale adalah jenis pisang yang dipakai, ingat rasa manis dari sale sebaiknya dari buah pisang itu sendiri sehingga tidak perlu menambahkan banyak gula. Beberapa jenis pisang yang sering digunakan adalah pisang ambon dan pisang tanduk.
Cara Membuat Sale Pisang
© patebonlanji.wordpress.com
Bahan:
  • Pisang ambon 1 sisir
  • Tepung terigu 250 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng 1/2 liter
Cara bikin sale pisang:
Pertama-tama kita siapkan pisang yang sudah matang sehingga terasa lebih manis. Kupas buah pisang dan buang kulitnya, potong memanjang setidaknya 1 buah dipotong menjadi 4 bagian. Lebih tipis potongan, lebih cepat proses penjemuran.

Tata rapi di tampah dan jemur di bawah matahari langsung. Proses penjemuran kurang lebih butuh 4-5 hari tergantung teriknya matahari dan tebal tipis potongan. Jangan lupa diangkat lalu dimasukkan ke rumah di sore hari dan besoknya dijemur lagi sambil dibalik agar kering merata.

Produsen besar biasanya menggunakan cara membuat pisang sale Oven sehingga tak lagi tergantung dengan cuaca.  Sedangkan produsen tradisional masih menggunakan asap untuk mengeringkan potongan pisang. Untuk resep sale pisang homemade cukup dengan sinar sang surya.

Setelah irisan pisang kering, kita lanjut ke inti cara membuat sale pisang. Ambil tepung terigu, tambahkan gula dan garam. Tuangkan air sedikit demi sedikit sampai mendapatkan adonan yang cukup encer.

Siapkan wajan berisi minyak lalu panaskan di atas kompor. Celupkan irisan pisang kering ke dalam adonan tepung, lapisi tipis saja. Kalau anda ingin membuat sale pisang gulung maka ambil ujung irisan pisang lalu gulung perlahan sampai tergulung semuanya. Langkah terakhir tinggal goreng dalam minyak panas sampai terlihat kecoklatan.

Cara membuat pisang gulung telah selesai, segera makan selagi hangat. Banyak orang memberi keju, coklat, susu kental manis ataupun meses untuk menambah nikmatnya rasa olahan pisang ini. Kalau ingin disimpan sebaiknya masukkan ke dalam toples tertutup.


Sedikit tambahan, terkadang pisang sale yang telah matang berwarna gelap yang kurang cantik. Hal ini biasanya dikarenakan ada lapisan tannin di kulit pisang yang menempel di buah (biasanya pada pisang yang belum matang). Oleh karena itu kalau memakai pisang yang setengah matang sebaiknya kerok dulu sedikit permukaan buah pisang anda..

Para pedagang biasanya mengakali problem di atas dengan merendam irisan pisang dalam larutan natrium bisulfit., pengawet makanan yang masih dalam kategori aman. Hasilnya pisang sale terlihat lebih cerah dan tahan lama.

Kalau ingin membeli coba saja cek di pedagang camilan di pasar, kebanyakan pusat camilan menjualnya dengan harga yang terjangkau (500 gr sekitar 15 ribuan rupiah). Saat ini ada aneka rasa sale yang diperjual belikan, sebut saja sale pisang original, basah, kering, strawberry, oreo, keju, atau coklat, semuanya sedaaaapp!

Sekian artikel tentang Cara Membuat Sale Pisang Gulung Goreng. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!