Cara Membuat Es Potong yang Lembut ala Tradisional

Pasti anda ingin tahu bagaimana cara membuat es potong yang lembut sama seperti yang sering dijual di jaman dulu. Es potong memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan es lilin dan sering disajikan dengan pegangan batang kayu. Sensasi meleleh di mulut dan rasanya yang manis membuat kita tak akan lupa rasa jajanan legend ini.

Makanan tradisional ini sangat diminati anak-anak di tahun 90-an. Sekarang kita jarang sekali menemukan pedagang es potong, so tak ada salahnya kita mencoba sendiri resep es potong yang lembut langsung di dapur. Pasti rasanya tidak akan kalah dengan es krim saat ini.


  • https://www.facebook.com/tastemadeid/videos/880976952036340/

Cara Membuat Es Potong

Tekstur lembut dari es potong didapat dari santan, susu dan tepung maizena. Pelembut ini menjaga air tidak membeku sampai mengkristal yang akhirnya keras. Bahan-bahan pembuat es potong unyil memang tidak jauh beda dengan es lilin, hanya berbeda dengan penambahan tepung maizena (alternatifnya tepung hunkwe).

Baca juga Cara Membuat Es Lilin yang Empuk

Ok, tidak perlu basa-basi lagi berikut resep cara bikin es potong
Cara Membuat Es Potong yang Lembut ala Tradisional
© twitter.com/erick_tanudjaja
Bahan:
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Susu bubuk vanila sebungkus
  • Santan instant sebungkus kecil
  • Air sekitar 500 ml
  • Gula 6 sdm
  • Garam 0.5 sdt
  • Pewarna makanan beberapa tetes
  • Plastik kecil untuk es lilin + karet gelang
  • Batang kayu (bisa bekas sate kambing asal dicuci dulu dan dibuang bagian yang hitam)
Sebagai tambahan rasa anda bisa menambahkan beras ketan atau kacang hijau yang telah diolah sebelumnya, coklat dan berbagai macam buah seperti melon, stroberi, alpukat dan yang lain.

Langkah membuat es potong:
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan sebuah wadah. Campurkan santan instant dengan air dan aduk sampai merata. Tambahkan susu, tepung maizena, gula, garam dan pewarna makanan ke dalamnya. Aduk sampai semua tercampur, terutama si tepung maizena (jangan sampai mengumpal).
  2. Taruh campuran di atas ke dalam panci yang diletakkan di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api kecil, sambil diaduk-aduk terus agar tidak gosong, Setelah terlihat letupan-letupan buih air, segera matikan kompor.
  3. Selanjutnya proses pendinginan, diamkan sebentar agar uap panas menghilang. Ini sangat penting agar tidak mudah pecah sekaligus baik untuk kulkas. Uap panas di freezer akan menciptakan bunga es yang mengurangi dinginnya kulkas.
  4. Langkah selanjutnya dari cara membuat es potong adalah memasukkan dalam plastik. Setelah uap panas mulai menghilang, tuang sedikit larutan ke plastik (bisa menggunakan corong).

    Kalau anda ingin menambahkan buah maka potong buah kecil-kecil dan masukkan ke plastik sebelum larutan es potong.

    Jangan mengisi plastik terlalu penuh agar mudah ditali. Lakukan beberapa kali proses pengemasan ini sampai campuran habis.
  5. Simpan dalam freezer sampai es potong tradisional anda dingin. Ya kurang lebih 6-8 jam tergantung kestabilan suhu.
  6. Setelah mulai mengeras, ambil es dalam plastik lalu potong dan tusukkan batang kayu. Sebenarnya bisa tanpa memotong, cukup dibuka plastiknya tapi kalau ga dipotong bukan es potong dong :)
Resep es potong yang lembut telah selesai. Anda bisa menikmati langsung bersama keluarga atau teman-teman sambil nostalgia masa muda.


Salah satu penyajian yang paling diminati adalah es potong celup coklat, caranya simpel cukup lelehkan coklat batang lalu celupkan es potong anda ke dalamnya. Tutorial melelehkan coklat ada di artikel sebelumnya, Cara Melelehkan Coklat Batang.

Tidak ada salahnya mencoba sendiri resep es potong di atas, tentunya lebih sehat karena sudah pasti bebas dari pemanis buatan ataupun pengawet makanan berbahaya. Untuk meningkatkan kandungan gizi sekaligus meningkatkan nafsu makan bisa menambahkan beberapa macam buah.

Es potong ini bisa bertahan beberapa hari jika disimpan di freezer tapi perlu diingat santan mudah berubah rasanya lo. Sebaiknya jangan terlalu lama agar tekstur dan rasa si es tidak rusak.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Es Potong Tradisional yang Lembut. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!