Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Tidak Berminyak

Cara membuat keripik bayam krispi yang renyah itu tidak gampang. Memang terlihat sangat simpel yaitu cukup celup daun bayam ke adonan tepung lalu goreng sebentar tapi faktanya banyak yang gagal.

Kegagalan yang sering dialami para ibu adalah peyek bayam yang terlalu berminyak. Adanya minyak berlebih ini membuat kripik tidak tahan lama dan berbau apek. Tentunya memakan makanan yang terlalu banyak minyak tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga: Cara Membuat Sale Pisang Gulung Basah Sedaap

Sekarang rempeyek bayam sering menjadi pilihan camilan saat kita makan. Kehadiran daun bayam yang kaya akan gizi tentu lebih baik dibandingkan dengan kerupuk biasa yang terbuat dari tepung. Anak-anak pun suka dengan camilan satu ini, hitung-hitung agar mereka lebih menyukai sayuran.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1109126189186724

Cara Membuat Keripik Bayam Renyah

Langkah pertama dalam resep keripik bayam adalah memilih daun bayam yang merupakan bahan utama. Sebaiknya cari sayur bayam dengan daun yang lebar, terlihat segar dan berwarna hijau. Untuk menghindari sayuran berpestisida maka belilah bayam yang daunnya ada bolong-bolong dimakan ulat. Lebih mudah menghilangkan kotoran ulat dibandingkan bekas pestisida.
Cara Membuat Keripik Bayam Renyah
© tokopedia.net
Bahan:
  • Bayam 1 ikat
  • Tepung beras 500 gram
  • Air secukupnya
Bumbu Keripik Bayam:

Sering kali peyek bayam yang dijual di warung-warung terasa hambar hanya ada rasa minyak saja, hal ini dikarenakan bumbu yang kurang lengkap. Di bawah ini adalah contoh bumbu dasar yang dapat membuat keripik bayam aneka rasa.
  • Kunyit bubuk 1 sdt
  • Ketumbar 2 sdt
  • Kemiri 2 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa
Cara Membuat Peyek Bayam:
Pertama-tama ambil daun bayam dari tangkainya, buang yang sudah layu dan cuci semua daun yang berkualitas baik. Setelah bersih tiriskan sampai kering, kalau ingin lebih cepat bisa dilap satu persatu.

Haluskan semua bumbu, sebaiknya diuleg saja jangan diblender. Masukkan tepung beras dalam wadah kecil lalu tambahkan bumbu yang sudah halus. Tuang air sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk tepung.

Hentikan proses mengaduk jika sudah mendapatkan adonan tepung yang agak kental tapi sedikit encer. Untuk mendapatkan adonan yang pas, silahkan coba celupkan satu daun. Kalau terlihat mengumpal maka kurang encer sedangkan kalau tidak menempel berarti terlalu encer.

Setelah adonan pas, celupkan daun bayam lalu angkat sambil sedikit dikibas. Masukkan daun yang dilumuri tepung ke minyak panas di atas wajan. Tata yang rapi di wajam agar tidak ada daun yang saling tempel. Angkat dan tiriskan daun bayam setelah tepung terlihat kuning, bayam yang tipis tidak butuh waktu lama.

Kalau perlu taruh daun yang telah digoreng di tisu/ kertas minyak untuk menyerap minyak berlebih. Buat anda yang ingin keripik bayam pedas, tinggal menaburkan bubuk cabai saja. Cara membuat keripik bayam agar tidak berminyak telah selesai, sudah bisa dinikmati bersama keluarga. Masukkan rempeyek bayam anda ke dalam toples atau wadah tertutup lainnya agar tahan lama.


Memang sekarang kita dengan mudah mendapatkan peyek bayam gurih dan renyah di warung terdekat. Tapi lebih disarankan kita membuat sendiri di rumah. Kebanyakan pedagang menggunakan kertas koran untuk menyerap minyak berlebih, tau sendiri kan bahaya tinta koran ini??

Untuk mendapatkan keripik bayam yang sehat, kita bisa lo menanam sendiri sayuran hijau ini. Perawatannya mudah kok dan tidak butuh tempat yang luas. Pastinya kandungan gizi lebih terjaga karena pasti 100% tanpa pestisida.

Baca juga: Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Sekian artikel tentang Cara Membuat Keripik Bayam Renyah, Tidak Berminyak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!