Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Bagaimana cara memasak pare agar tidak pahit ? Pertanyaan yang sering muncul di benak ibu yang ingin mengolah sayur hijau dengan permukaan bentol-bentol ini menjadi masakan yang lezat. Pada dasarnya memang susah memisahkan pare dengan pahit, yang bisa kita lakukan hanya berusaha mengurangi rasa pahit dengan mencampurkan bumbu lainnya.

Karena rasa pahitnya yang rruaar biasa, banyak anak muda yang tidak mau mencoba makan sayur pare. Lain cerita kalau para orang tua, walaupun terasa pahit di lidah, mereka tetap berusaha menelan pare demi menurunkan kadar glukosa darah (pare sangat digemari penderita diabetes). Banyak dari mereka yang mengkomsumsi pare demi mendapatkan manfaat bagi kesehatan..



  • http://kaloriku.com/blog/pare-biar-pahit-tapi-ajaib/
  • https://www.facebook.com/groups/394237424099181/permalink/435163616673228/

Cara Memasak Pare

Kenapa pare pahit? Rasa pahit dari pare berasal dari zat quinine yang ada di dalamnya. Zat ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan malaria dan demam. Selain itu sayur pare juga dipercaya dapat mengatasi HIV Aids dan beberapa jenis kanker seperti leukimia, kanker prostat ataupun kanker payudara. Sama halnya dengan makanan pahit lainnya, pare sangat baik melancarkan pencernaan.
Banyak orang mengabaikan pahitnya pare demi pengobatan.
Pare itu pahit. Obat itu pahit. Pare itu Obat
Cara memasak pare yang enak harus dilakukan dengan mengurangi rasa pahit dan menambahkan bumbu yang kuat, dengan cita rasa yang sedap pasti mereka lupa dengan pahitnya pare.

Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

0
Tips Memilih Pare
Kita bisa membeli pare dalam keadaan utuh tapi ada juga yang dijual sudah dipotong-potong siap olah. Untuk mendapatkan masakan pare yang enak sebaiknya belilah pare yang masih fresh telihat dari warna dan kulitnya yang masih cerah. Salah satu tips cara mengolah pare agar tidak pahit adalah dengan memilih pare dengan benjolan yang besar-besar, disebut dengan pare jantung yang tidak terlalu pahit.
resep masak pare agar tidak pahit
© thehakkacookbook.com
1
Cara Membersihkan Pare
Pertama-tama belah sayur pare menjadi dua, buang semua biji yang ada di bagian tengah. Pastikan selaput-selaput putih di sisi dalam juga terbuang. Setelah terlihat bersih lanjutkan dengan memotong pare tipis-tipis atau sesuai selera anda.
2
Cara Menghilangkan Rasa Pahit
Ada banyak sekali bumbu dan dedaunan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi para yang pahit.
  • Garam
    Campurkan pare yang sudah terpotong dengan garam dapur, lakukan gerakan meremas-remas agar cairan pahit di pare keluar. Setelah tercampur sempurna diamkan beberapa saat (+- 15 menit) agar garam terserap. Terakhir cuci dengan air mengalir agar getah pahit terbuang. Siapkan panci lalu masukkan pare bersama dengan air secukupnya. Tinggal rebus sampai setengah matang, sekitar 5 menit.

    Alternatif dari garam adalah gula. Cara pengaplikasiannya juga sama tinggal remas-remas lalu rebus.
  • Daun jambu biji
    Pertama-tama kita remas-remas pare yang telah dipotong tipis bersama dengan daun jambu biji. Masukkan campuran keduanya ke dalam panci lalu tambahkan air secukupnya. Nyalakan kompor, tinggal rebus sekitar 5 menit sampai pare setengah matang. Angkat panci dan tiriskan pare, buang saja daun jambu biji. Biasanya untuk sekilo pare butuh sekitar 20 daun jambu biji.

Baca juga: Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker


Tips lain cara mengolah pare agar tidak pahit adalah dengan menambahkan bumbu yang kuat pada masakan. Kali ini dapur (dot) website akan membagikan resep masakan pare dengan ikan asin, sebut saja Tumis Pare Ikan Asin. Rasa asin dari ikan diharapkan dapat mengurangi rasa pahit di lidah anda.
Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit
© fb.com/yuli.ani.39142
Bahan:
  • Pare ukuran kecil 2 buah yang telah dipotong dan direbus setengah matang
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabai 5 buah
  • Tomat 1 buah
  • Ikan asin 1
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Air +-100 ml
Langkah pertama memasak tumis pare adalah memotong tipis bawang merah, bawang putih dan cabai. Tomat dapat dipotong dadu. Ikan asin dapat kita suwir tipis tipis selanjutnya cuci bersih.

Taruh wajan di atas kompor dengan api sedang, minyak goreng yang digunakan cukup 4-5 sendok makan saja. Tumis cabai, bawang merah dan putih sampai tercium bau wangi yang khas. Tambahan ikan, gula merah dan tomat. Terakhir si tokoh utama, pare setengah matang bersama air secukupnya.

Coba cicipi sedikit jika kurang asin bisa menambahkan garam secukupnya. Seharusnya kebutuhan garam tidaklah banyak karena sudah ada ikan asin . Kalau mau bisa menambahkan penyedap rasa sesuai selera. Setelah matang tinggal akan dan sajikan.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!