Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker

Black garlic atau bawang hitam sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Rempah ini bukan saudara bawang merah dan putih loo., melainkan bawah putih yang diproses sehingga berubah warna. Banyak yang menduga cara membuat black garlic adalah dengan fermentasi padahal sebenarnya yang terjadi adalah pemecahan gula perlahan-lahan dalam waktu lama (reaksi  Maillard). Pembuatan black garlic biasanya melalui pemanasan terus menerus.

Hasilnya rasa pedas saat digigit dan bau khas bawang putih berkurang yang tergantikan sedikit manis. Dari segi tekstur pun lebih lembut, tidak heran black garlic cukup digemari di Korea, Cina, Thailand dan negara lain di seluruh dunia. Banyak yang percaya bawang hitam ajaib ini memiliki manfaat kesehatan 10x lebih baik dibandingkan bawang putih.
Warga Korea mengkonsumsi black garlic dengan menambahkannya ke dalam minuman energi yang dipercaya dapat membuat awet muda berkat anti oksidan di dalamnya


  • http://www.shinshine.com/my-blog/2014/03/rc-black-garlic.html
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Black_garlic_%28food%29

Cara Membuat Black Garlic

Kali ini dapur (dot) website akan membagikan tutorial membuat black garlic yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Diambil dari situs www.shinshine.com milik mbak Shin seorang korean.
Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker
© shinshine.com
Pertama-tama kita pilih bawang putih yang akan kita ubah menjadi bawang hitam. Belilah bawang berkualitas dengan siung besar yang masih fresh. Hindari membeli bawang putih yang sudah empuk yang artinya mulai membusuk. Jika ada satu dua siung yang kurang baik (berjamur/ busuk) maka tinggal buang, kita sisakan bawang yang masih baik.

Yang kita proses adalah bawang putih masih dalam keadaan utuh dompalan besar, kupaslah kulit paling luar sehingga terlihat ada sela antar siung. Ingat cuma kulit luar bukan kulit di masing-masing siung. Kalau ada kotoran kita bisa mencuci dengan air bersih selanjutnya dikeringkan dengan menjemur atau mengangin-anginkan, bawang putih harus dalam keadaan kering saat diproses.

Okay persiapan selesai, yuk kita mulai cara membuat bawang hitam ajaib. Siapkan Magic Com anda, si Rice Cooker dengan fungsi "Keep Warm". Ini artinya kita juga bisa memanfaatkan Magic Jar yang mungkin sudah disimpan di gudang.

Bagi anda yang bingung dengan ketiga alat elektronik ini, silahkan baca artikel Tips Memilih Magic Com Terbaik

Lebih disarankan menggunakan rice cooker/ magic com yang sudah tidak digunakan menanak nasi, setelah proses pembuatan black garlic pasti rice cooker akan berbau bawang yang sulit dihilangkan.
Tata semua bongkahan bawang putih di dalam rice cooker, cukup satu tingkat saja tanpa ditumpuk tumpuk. Setelah tertata rapi, tutup rice cooker lalu nyalakan dengan mode keep warm. Dengan begini bawang putih dipanasi dengan suhu sedang yang konstan.

Sebaiknya taruh rice cooker dekat jendela dengan sirkulasi udara yang baik karena selama 3 hari pertama akan keluar bau menyengat khas bawang putih. Baunya memang enak awalnya tapi lama kelamaan bikin eneg, menjengkelkan. Tapi sisi baiknya bau menyegat ini juga bisa mengusir serangga seperti nyamuk dari rumah, sambil menyelam minum air. Jika bau berlebihan, tak ada salahnya menggunakan pengharum ruangan untuk menyegarkan rumah.

Sekitar seminggu setelah memulai cara membuat black garlic di rumah, bau menyengat akan tergantikan bau yang lebih wangi seperti kemangi atau cuka. Cek keadaan bawang putih anda, sudahkan berubah warna menghitam seperti yang diinginkan? Biasanya butuh 10 sampai 14 hari untuk membuat black garlic dengan rice cooker, lama proses tergantung ukuran bawang dan kestabilan suhu.


Black garlic yang sudah jadi bisa kita gunakan untuk tambahan nasi goreng, pizza, daging asap, ikan bakar, ayam panggang, olahan tumis dan masakan lainnya.

Baca juga: Cara Memasak Menggunakan Panci Presto

Kegagalan saat membuat black garlic biasanya terjadi karena bawang putih yang diproses terlalu lembab ataupun pembuangan uap yang kurang baik dari rice cooker. Tanda gagal adalah warna bawang yang berubah menjadi coklat bukan hitam dan permukaannya terlalu empuk terasa lembab. Trial and Error penting sekali untuk mencapai hasil terbaik.

Black garlic dapat anda beli secara online maupun offline. Harga black garlic lebih mahal jika dibandingkan bawang biasa karena proses pembuatan yang cukup lama dan khasiat luar biasa bagi kesehatan. Di tokob***s harga bawang hitam 350 gr itu sekitar 60 ribu rupiah, cukup murah jika dibandingkan besarnya manfaat black garlic.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!