Cara Melelehkan Coklat Putih Batangan

Cara melelehkan coklat putih lebih tricky dibandingkan dengan coklat biasa (dark chocolate) ataupun coklat susu (milk chocolate). Tidak seperti jenis coklat lain yang dibuat langsung dari bubuk cocoa, coklat putih dibuat dari mentega cocoa saja yang dicampur dengan susu dan gula. Inilah kenapa titik lelehnya cukup rendah.

Satu yang hal sering membuat kita gagal dalam mencairkan coklat putih adalah dia tidak tahan panas, lebih cepat meleleh dan kalau terlalu lama dipanaskan akan hangus. Ada beberapa trik mencairkan coklat seperti dengan microwave, merendam dalam cairan panas dan yang terpopuler double boiler.


  • http://www.craftsy.com/blog/2013/09/how-to-melt-white-chocolate/
  • http://www.diahdidi.com/2014/02/cara-melelehkan-coklat-blok-dengan-benar.html

Cara Melelehkan Coklat Putih

Coklat putih akan mencair di suhu tubuh, coba saja makan coklat tersebut pasti sudah bisa leleh di mulut. Itu artinya di suhu 37 derajat Celsius, coklat sudah meleleh tapi prosesnya kurang cepat. Banyak buku resep yang menganjurkan menggunakan suhu sekitar 44 derajat Celcius.

Cara mencairkan coklat putih yang paling praktis adalah menggunakan trik double boiler, tidak harus beli panci khusus cukup menumpuk seperti gambar di bawah ini,
Cara Melelehkan Coklat Putih
anniesaprons.net

Panci bawah diisi dengan air kurang lebih setengah bagian langsung dipanaskan di atas kompor sedangkan panci kedua berisi coklat mendapatkan panas dari uap air mendidih dari panci pertama. Hasilnya kita bisa memanaskan coklat putih dengan suhu sedang sampai benar-benar cair.

Kombinasi double boiler tidak harus panci dan panci, bisa juga panci dan mangkok tahan panas ataupun teflon dan panci. Sesuaikan saja dengan apa yang ada di dapur anda.

Double boiler yang ideal (layaknya panci double boiler yang diperjual belikan) sebaiknya memiliki panci atas yang pas saat dimasukkan ke panci bawah, dengan begini uap air yang dihasilkan tidak banyak terbuang.

Trik double boiler mirip dengan ditim tapi disini uap air tidak akan naik bercampur dengan coklat. Kalau terlalu banyak terkena air maka coklat cepat mengumpal, kurang bagus teksturnya jika memadat kembali. Inilah kenapa kita harus menjaga uap air di panci bawah tidak naik ke atas.

Ok yuk mulai cara melelehkan coklat putih,
  1. Pastikan coklat dalam keadaan kering dan dalam suhu ruangan.
    Kalau sebelumnya disimpan di kulkas maka diamkan dulu beberapa jam di luar agar suhu kembali naik. Lebih susah memproses yang lama dibekukan, hasilnya kemungkinan kurang baik.
  2. Potong coklat batangan anda menjadi dadu kecil, lebih baik lagi kalau diparut. Jika dicairkan dalam keadaan utuh biasanya butuh waktu lebih lama.
  3. Selanjutnya taruh panci kedua yang telah berisi coklat putih
  4. Nyalakan kompor dan tunggu sampai air di panci pertama mendidih.
    Kecilkan api setelah terlihat muncul buih buih.
  5. Tinggal aduk aduk terus coklat putih sampai mencair semuanya. Mengaduk disarankan menggunakan sendok atau spatula dengan bahan logam.
  6. Cara melelehkan coklat putih selesai, coklat cair siap dijadikan praline, topping donat dan kue lainnya.
Perlu diperhatikan jika anda ingin memasukkan bahan cair lain, sebaiknya dilakukan sebelum proses mencairkan. Tujuannya agar suhu cairan sama dengan coklat putih untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada coklat karena terlalu panas.

Bagaimana jika Coklat Overheat?

Coba colek sedikit coklat cair yang anda buat, harusnya tidak terlalu panas (tidak berbeda dengan suhu tubuh manusia). Jika terlalu panas atau overheat hasilnya tidak akan bagus, coklat tidak mencair melainkan mengumpal lalu mengeras dengan permukaan yang kasar. Tapi jangan putus asa dulu, kita masih bisa menyelamatkannya.

Baca juga: Apa itu Emulsifier Kue si Pelembut Roti

Kita bisa menambahkan pengemulsi seperti susu cair, mentega ataupun krim hangat. Campuran harus sama-sama dalam keadaan hangat agar cara ini berhasil. Sayangnya coklat yang dilembutkan kembali ini tidak bisa digunakan untuk hiasan kue yang rumit hanya bisa untuk taburan dan topping sederhana.

Sekian artikel tentang Cara Melelehkan Coklat Putih Batangan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!