Cara Memasak Jengkol agar Tidak Bau

Cara memasak jengkol yang baik itu hasilnya empuk dan tidak bau. Jengkol memang terkenal dengan baunya yang kurang sedap, satu seperguruan dengan pete dan lamtoro. Tidak heran banyak orang yang langsung menolak saat disuguhkan masakan jengkol. Padahal resep masakan jengkol seperti semur jengkol, rendang jengkol dan sambal jengkol rasanya sedaapp, terbaiklah. Bahkan ada yang langsung memakan jengkol mentah sebagai camilan.

Kenapa jengkol bisa bau? Ternyata dalam jengkol terkandung asam amino yang cukup tinggi. Salah satu unsur penyusunnya adalah S, sulfur yang lebih dikenal sebagai belerang. Tau kan bau belerang :) Di mulut terjadi reaksi pemecahan asam amino yang menghasilkan H2S (hidrogen sulfida). Hebatnya bau tidak hanya dimulut, tapi keringat dan air seni pemakan jengkol pun ikut bau.


  • http://food.detik.com/read/2013/06/20/142956/2279050/297/mau-masak-jengkol-yang-enak-ini-dia-rahasianya 
  • https://www.facebook.com/resep.masakan.146/photos/a.1536625069697862.1073741963.1331558706871167/1536625456364490/?type=3

Cara Memasak Jengkol

Masakan jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih, penikmat jengkol sangat lahap memakan kudapan favorit. Tidak heran banyak yang kekenyangan dan langsung tidur setelah itu. Mungkin si penikmat jengkol tidak peduli dengan bau ini karena jengkol memang enak, "tak lengkap rasanya makan kalau tidak pakai jengkol" kata mereka. Tapi tentu bau jengkol akan menganggu orang di dekatnya. Untuk itu kita harus menghilangkan bau jengkol.

Berikut beberapa langkah cara mempersiapkan jengkol sebelum dimasak,
0
Memilih Jengkol
Agar masakan jengkol benar-benar nikmat pilihlah jengkol yang berbentuk bulat yang tidak ada bagian yang rusak. Pemilihan ini cukup penting karena berpengaruh pada tekstur dan rasa.
1
Rendam
Sebelum menuju proses cara memasak jengkol, sebaiknya kita merendam jengkol yang telah dikupas. Air yang sering digunakan untuk merendam adalah air kapur sirih dan air es. Proses dilakukan selama setidaknya satu malam. Perendaman selain mengurangi bau jengkol juga dapat menetralisir rasa pahit, mengempukkan dan menghilangkan racun.
2
Rebus Setengah Matang
Setelah direndam, angkat lalu cuci dengan air bersih. Siapkan panci kecil yang telah diisi dengan air, lakukan perebusan dengan menambahkan beberapa rempah dan dedaunan anti bau seperti daun jeruk, daun salam, daun jambu biji dan ada juga yang menggunakan abu gosok. Cara merebus jengkol agar tidak bau tak perlu sampai benar-benar empuk, matikan kompor saat sudah setengah matang.

Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

3
Geprek
Setelah setengah matang, tiriskan jengkol lalu geprek masing-masing biji jengkol. Lakukan sampai agak pipih saja jangan sampai hancur. Dengan begini bumbu-bumbu masakan lebih mudah meresap ke dalam jengkol, dihasilkan jengkol yang empuk, tidak berbau dan rasanya sedaaapp.

Sampai tahap ini tinggal melanjutkan mengolah jengkol menjadi masakan yang diinginkan. Biasanya resep masakan jengkol juga memberikan rempah seperti bawang, cabai, laos, jahe, serai, jeruk nipis yang dapat menetralisir bau.

Contoh resep jengkol, Semur Jengkol Sambalado
Cara Memasak Jengkol agar Tidak Bau
© fb.com/100008581080213

Bahan
  • Jengkol 0.5 kg yang sudah digeprek
  • Santan 1 liter
  • Daun salam 2 lembar
  • Kecap secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Laos 1 cm
Bumbu dihaluskan
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Garam 1 sdm
  • Kemiri 5 butir
  • Merica 1 sdt
  • Ketumbar 1 sdt
  • Cabai sesuai selera
Pertama-tama silahkan haluskan semua bumbu, lanjutkan dengan menumis semua bumbu. Tambahkan daun salam, laos dan gula jawa, tumis terus sampai harum. Setelah itu tuangkan semua santan, panaskan sambil sesekali diaduk sampai mendidih.

Setelah itu masukkan semua jengkol dan aduk sampai merata, tambahkan kecap dan bumbu penyedap (jika mau). Tumis terus sampai air berkurang yang artinya bumbu meresap. Matikan kompor dan masakan semur jengkol balado siap dihidangkan.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Walaupun sudah melakukan cara mengolah jengkol agar tidak bau, tetap saja hasilnya mulut masih bau. Sepertinya jengkol dan bau sulit dipisahkan, hanya bisa diminimalisir saja.

Baca juga: Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Amis

Kita harus menghilangkan bau jengkol di mulut, apalagi saat harus keluar bertemu dengan teman. Ga lucu kalau jadi bahan ejekan karena mulut nafas naga.
  • Mengunyah Beras
    Cara tradisional yang dipercaya masyarakat, cukup mengambil sesendok beras lalu kunyah lembut tanpa ditelan. Buang beras di mulut dan cek kembali baunya! Kalau masih bau ulangi lagi mengunyah beras
  • Berkumur dengan Air Garam
    Caranya cukup menyiapkan segelas air hangat lalu tambahkan sesendok garam. Aduk sampai tercampur dengan baik, tinggal gunakan larutan untuk berkumur-kumur. Lakukan beberapa kali sampai bau hilang.
  • Meminum Kopi
    Dengan meminum minuman berkafein ini diharapkan tidak hanya bau di mulut yang hilang, tapi juga air seni bau jengkol. Caranya cukup meminum kopi seperti biasanya.
  • Memakan Mentimun
    Ternyata makan mentimun tidak hanya saat makan daging kambing, setelah makan jengkol kita juga dianjurkan memakan timun. Dengan begini bau di mulut dan air kencing juga ternetralisir.
  • Menggosok Gigi dan Berkumur
    Cara modern yang bisa kita lakukan adalah menggosok gigi dengan odol berbahan mint, setelah itu lanjutkan berkumur dengan larutan penyegar mulut berbahan mint juga. Pasti bau jengkol di mulut berkurang.
Sekian artikel tentang Cara Memasak Jengkol agar Tidak Bau. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!