Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Amis

Masakan cumi yang anda pesan di restoran seafood pasti lembut di mulut, tapi lain halnya apabila kita mencoba mengolah sendiri. Amis dan Alot, keduanya akan muncul jika cara memasak cumi-cumi yang anda lakukan masih kurang benar. Hal ini sering membuat stress para ibu yang mencoba membuatnya.

Mengolah cumi-cumi yang tidak alot dan amis memang cukup sulit, tapi bisa menjadi mudah jika anda mengetahui tips dan triknya.


  • http://articles.latimes.com/2007/jan/31/food/fo-calcook31

Cara Memasak Cumi agar Tidak Alot

Satu hal yang perlu anda pertimbangkan adalah membeli cumi-cumi dalam keadaan segar, artinya masih utuh bukan yang sudah dipotong dan siap dimasak. Cumi yang fresh memiliki kualitas daging lebih bagus dengan harga miring. Udah enak harga lebih murah lagi, kekurangannya kita harus membersihkan jeroan dan memotong sendiri. Memang agak ribet tapi hasilnya makanan lebih enak, so why not?

Caranya silahkan cek di Cara Membersihkan Cumi-cumi

Untuk melakukan cara memasak cumi agar tidak keras, kita harus membuang semua bagian yang keras yaitu tulang rawan di mantel tubuh dan moncong di dekat tentakel.

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot
© wikipedia.com
Sering kali masakan cumi sangat alot layaknya karet, hal ini ternyata disebabkan oleh protein tinggi yang terkandung di dalam daging. Protein ini akan memadat jika dipanaskan dan butuh waktu lama untuk bisa empuk kembali. Ya kunci utama mengolah cumi agar empuk adalah waktu.
Cumi terkenal sebagai makanan yang rendah lemak dan tinggi protein. Hal ini dikarenakan daging cumi penuh dengan otot dan sedikit sekali lapisan lemak.
Pertama yang harus disiapkan adalah si cumi, jika cumi disimpan di kulkas maka sebaiknya diamkan dulu sampai berada di suhu ruangan. setelah itu baru diolah.

Ada dua cara memasak cumi agar empuk yang bisa anda coba
  • Memasak dalam waktu singkat
    Intinya kita harus mematangkan cumi sebelum protein di dalam tubuh cumi mulai memadat. Banyak yang bilang daging cumi mulai jadi alot setelah 3 menit, untuk itu kita harus memasak dalam waktu kurang dari 3 menit.

    Resep yang cocok anda coba adalah cumi goreng tepung. Untuk resep masakan cumi lainnya sebaiknya kita mematangkan bumbu dan bahan lainnya terlebih dahulu, daging cumi baru dimasukkan pada 1 atau 2 menit terakhir.

    Banyak yang menyarankan untuk memasak selama 40 detik lalu angkat dan cek keempukannya, jika kurang matang masak lagi 40 detik sampai dirasa sudah layak makan.
    Lebih baik sedikit kurang matang dibandingkan overcook yang terlalu alot
  • Memasak dalam waktu lama
    Jika daging terlanjur mengaret, tidak perlu khawatir karena kita masih bisa mengempukannya kembali. Untuk itu kita perlu memasak dalam waktu yang cukup lama, sekitar 25-an menit lebih.
Dari dua metode di atas, saya lebih menganjurkan memasak dalam waktu singkat sehingga anda tidak perlu berlama-lama menunggu sampai 25menit, lebih hemat waktu dan hemat energi.

Beberapa orang menyarankan untuk merendam daging cumi dalam air baking soda sekitar 1 jam sebelum cumi dimasak. Hasilnya terbukti cumi empuk dan enak.

Baca juga: Dimana Tempat Beli dan Harga Baking Soda di Pasaran

Cara Memasak Cumi Agar Tidak Amis

Sekali lagi saya tekankan untuk membeli cumi yang fresh. Tanda cumi yang fresh dapat anda lihat dari kondisi mata, cumi yang berkualitas buruk memiliki mata yang buram. Coba cium juga bau dari cumi yang akan dibeli, hindari membeli cumi yang mulai membusuk. Jika tidak segera dimasak, masukkan cumi yang dibungkus plastik ke dalam kulkas.

Salah satu penyebab amis adalah kantong tinta yang ada di dalam cumi, saat anda membersihkan cumi-cumi buanglah bagian ini. Bagian lain yang perlu dibuang adalah kepala, di belakang mata ada sedikit pembuluh tinta yang merupakan senjata cumi-cumi.

Baluri daging cumi dengan bahan-bahan yang dipercaya untuk menghilangkan bau amis seperti jeruk nipis, parutan kunyit, jahe ataupun asam jawa. Diamkan sekitar 15 menit, baru selanjutnya cumi diolah. Jangan didiamkan terlalu lama karena akan menghilangkan bau khas cumi-cumi.

Baca juga: Apa Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Sekian artikel tentang Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Amis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!