Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Terkadang beberapa dari kita sering kali khilaf melihat harga bahan makanan yang murah terutama daging. Akhirnya membeli terlalu banyak, lalu bingung mencari cara menyimpan daging yang baik. Kulkas, ya alat elektronik ini adalah tempat penyimpanan yang bisa mengawetkan makanan yang bisa kita gunakan. Namun berapa lama daging akan bertahan dalam kondisi baik?


  • http://www.alodokter.com/hati-hati-makanan-beku-tidak-bisa-diproses-sembarangan
  • https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/tips-awet-menyimpan-daging.html

Cara Menyimpan Daging

Daging segar baik itu daging sapi, ayam ataupun kambing mudah sekali terkena kontaminasi. Untuk itu sesegera mungkin masukkan daging yang tidak dimasak ke dalam freezer.

Baca juga: Cara Menjaga Sayuran Tetap Segar

Berikut tabel tentang berapa lama ketahanan daging di kulkas
Jenis Daging Di simpan di non-freezer Di simpan di freezer
Daging Ayam 1 sampai 2 hari 9 bulan
Jeroan Ayam 1 sampai 2 hari 3 sampai 4 bulan
Daging Cincang 1 sampai 2 hari 3 sampai 4 bulan
Daging Panggang 3 sampai 5 hari 4 sampai 12 bulan
Tabel di atas hanyalah perkiraan, hasil sebenarnya tergantung kualitas daging dan bagaimana cara menyimpan daging yang anda lakukan.

Daging yang anda masukkan harus dalam kondisi baik, jika ada yang terlihat kualitasnya menurun maka lebih baik segera dimasak saja. Untuk mendapatkan daging yang benar-benar bagus, berbelanjalah di tempat yang terpercaya.
Jika anda membeli daging beku, selalu cek kapan tanggal kadaluarsanya dan belilah daging dengan kemasan yang masih baik
Kalau anda membeli daging beku di supermarket maka sesampai di rumah segera memasukkannya ke dalam freezer, namun lain halnya dengan daging segar, misal dari beli di pasar ataupun daging saat Idul Qurban. Untuk kasus ini kita harus mengemasnya dengan baik.
  1. Pertama pastikan tangan anda bersih sebelum memegang daging
    Begitu pula peralatan dapur yang akan dipakai seperti pisau dan talenan.
  2. Pisahkan antara jeroan dan daging, seperti tertulis pada tabel di atas ketahanan jeroan lebih rendah dibandingkan daging.
  3. Untuk daging ayam, ikan dan bahan seafood lainnya kita bisa mencuci daging dengan air bersih terlebih dahulu. Perlakukan berbeda diberlakukan pada daging berwarna merah seperti sapi. Tekstur daging sapi yang menyerap terlalu banyak air akan menjadi alot dan rasa khas sapi akan berkurang.
  4. Potong daging dengan pisau menjadi beberapa bagian. Lebih baik daging disimpan dalam bentuk potongan kecil. Selain agar proses pengawetan yang lebih bagus, hal ini dapat memudahkan kita saat akan mengolah nantinya.
  5. Simpan daging mentah tersebut dalam wadah tertutup misal plastik kedap udara.

    Metode pengemasan terbaik adalah vacuum packed (menyimpan tanpa udara). Makin sedikit udara di dalam pengemasan maka makin lama pula ketahanan daging tersebut.
  6. Langkah terakhir cara menyimpan daging adalah memasukkannya ke dalam freezer.
Cara Menyimpan Daging di Kulkas
© pixabay.com
Pastikan freezer anda dalam kondisi baik dimana bisa stabil di bawah minus 18 derajat Celcius, lebih dingin lebih baik. Bersihkan juga sisa bahan makanan yang ada dalam kulkas, semua harus dalam kondisi bersih.
Ketika listrik mati sebaiknya jangan membuka kulkas terutama freezer, dimaksudkan agar suhu di dalam tetap dingin. Dalam keadaan ini daging beku di freezer masih bisa bertahan lebih dari satu hari.

Cara Mencairkan Daging Beku

Setelah disimpan dalam freezer di suhu sangat rendah, kita akan mendapatkan daging beku. Mengolah daging beku tidak boleh sembarangan, bisa saja anda keracunan makanan. Sebelum memasak daging beku, kita perlu memastikan daging telah mencair dengan baik dan berada dalam suhu ruangan.

Kalau anda memaksakan memasak daging beku maka hasilnya kematangan daging kurang merata, tepatnya bagian tengah pasti susah matang. Dalam daging yang mentah tersebut para bakteri berkembang dengan baik.

Berikut ada beberapa cara mencairkan daging beku
  • Cairkan dengan Microwave
    Simple, paling cepat cocok buat anda yang terburu-buru. Tinggal memasukkan daging beku ke dalam microwave, tinggal tunggu daging kembali ke kondisi normal.

    Baca juga: Apa Perbedaan Oven Listrik dan Microwave
  • Pindahkan ke ruang kulkas non freezer
    Saat anda memutuskan untuk mengolah daging beku maka sebaiknya pindahkan daging ke bawah. Memang proses ini butuh waktu cukup lama tapi hasilnya paling bagus.
  • Rendam dalam air dingin (suhu normal)
    Kita bisa mengambil daging beku lalu merendamnya ke dalam air, dengan cara ini suhu daging akan naik mengikuti suhu air. Ganti air beberapa kali saat dirasa suhunya mulai mendingin.

    Merendam dalam air hangat pastinya jauh lebih cepat tapi bisa membuat tekstur luar daging menjadi lebih kering.
Daging yang telah dicairkan tidak boleh dibekukan kembali, di suhu ruangan bakteri dalam daging sudah terbangun kembali. Segeralah masak semua daging menjadi masakan sesuai yang diinginkan.

Sekian artikel tentang Cara Menyimpan Daging di Kulkas. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!