Apa Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dari jeruk nipis, keduanya sering digunakan sebagai pemberi rasa berbagai jenis makanan minuman, penghilang bau amis dan pengawet alami. Sama-sama tergolong tanaman jeruk ( Rutaceae) yang bentuknya mirip, tidak heran banyak orang yang menganggap bahwa lemon ya jeruk nipis. Padahal aslinya keduanya berbeda, lemon termasuk dalam spesies Citrus x limon sedangkan jeruk nipis termasuk dalam spesies Citrus x latifolia.


  • http://www.diffen.com/difference/Lemon_vs_Lime

Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis

Bagi yang masih bingung perbedaan lemon dan jeruk nipis inilah penjelasannya!
1

Bentuk dan Warna

Cukup dengan melihat saja kita bisa membedakan mana lemon dan mana jeruk nipis. Coba lihat gambar di bawah ini, mana yang lemon dan mana yang jeruk nipis.
Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis
© cakecrumbsbeachsand.com
  • Lemon
    Terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan jeruk nipis dan berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip. Diameternya sekitar 5 cm sampai 8 cm.

    Lemon yang diperjual belikan itu sudah agak matang, ditandai dengan warnanya kulit yang kuning cerah. Saat dipotong akan terlihat daging buah yang kuning keoranyean, sangat mengugah selera.
  • Jeruk Nipis
    Cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan lemon dan tidak terlalu lonjong. Diameternya sekitar 2,5 cm sampai 5 cm.

    Jeruk nipis yang dijual di pasaran itu masih mentah, terlihat dari kulit buahnya yang masih hijau dan saat dipotong daging buah nipis berwarna bening kehijauan. Pada jeruk nipis yang sudah matang, kulitnya juga bisa kuning walaupun tidak secerah lemon.
2

Rasa dan Aroma

Cobalah memotong lalu memeras dua jenis jeruk ini, dari segi aroma jeruk lemon lebih segar dibandingkan dengan jeruk nipis.

Rasa jeruk nipis yang dipakai untuk memasak itu lebih terasa asam sedikit pahit karena jeruk nipis tersebut masih mentah. Di sisi lain si jeruk lemon, selain terasa asam juga ada sedikit rasa manis karena memang buah ini sudah lebih matang.
3

pH

Ciri khas tanaman jeruk-jerukan adalah rasa masam segar yang berasal dari kandungan asam sitrat. Ada sebuah pengukuran pH dari kedua macam jeruk ini dan didapatkan data:
  • Lemon memiliki pH sekitar 2.00 - 2.60
  • Jeruk Nipis memiliki pH sekitar 2.00 - 2.35
    (makin kecil pH makin asam ya!)
Lemon VS Jeruk Nipis
Tingkat asam dan manis dari sebuah buah ditentukan oleh kandungan gula dan asam sitrat. Terlihat jeruk nipis memiliki kandungan gula lebih sedikit dan asam sitrat lebih banyak dibandingkan lemon sehingga tidak heran rasanya kecuttttt.
4

Manfaat Lemon dan Jeruk Nipis

Kedua jenis jeruk ini sama-sama sering digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu lemon dan jeruk nipis dipercaya dapat mencerahkan wajah. Kita juga bisa menggunakan kedua jenis jeruk ini untuk memudahkan membersihkan noda minyak di piring.

Ada sedikit perbedaan manfaat antara keduanya, dimana lemon lebih sering digunakan dari segi aroma, sedangkan si jeruk nipis sering digunakan untuk menjaga suhu. Misal saja, lemon lebih sering digunakan sebagai bahan pewangi dan aroma terapi. Jeruk nipis sering digunakan sebagai minuman karena dipercaya dapat mendinginkan tubuh dan kita bisa menambahkan perasan nipis untuk menjaga suhu nasi di magic com sehingga tidak cepat basi.

Baca juga: Cara Memasak Beras Merah untuk Diet dengan Magic Com
Saat cuasa sedang panas-panasnya kita bisa membuat minuman dari perasan lemon dan jeruk nipis untuk menyegarkan badan.
5

Kandungan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon VS Jeruk Nipis, tabel gizi ini saya dapatkan dari diffen.com yang bisa digunakan sebagai pertimbangan buat anda yang ingin membuat minuman perasan jeruk untuk menjaga kesehatan.
Kandungan Lemon Jeruk Nipis
Vitamin C 53 mg per 100g 29 mg per 100g
Vitamin A 22 IU per 100g 50 IU per 100g
Folat 11 mcg per 100g 8 mcg per 100g
Kalsium 26 mg per 100g 33 mg per 100g
Potasium 138 mg per 100g 102 mg per 100g
Zat Besi 0.6 mg per 100g 0.6 mg per 100g
Magnesium 8 mg per 100g 6 mg per 100g
Fosfor 16 mg per 100g 18 mg per 100g
Dari tabel di atas kita bisa menyimpulkan bahwa lemon vs jeruk nipis tidak jauh berbeda kecuali pada Vitamin A dan C yang terlihat sangat mencolok.

Sekian artikel tentang Apa Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!