Apa Perbedaan Oven Listrik dan Microwave

Oven listrik dan microwave memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama ditambah lagi kedua sama-sama digunakan untuk menghangatkan makanan. Karena alasan inilah banyak orang yang bingung dalam membedakan microwave dan oven terutama bagi yang belum pernah memiliki. Agar tidak salah memilih elektronik ini sebaiknya kita perlu tahu apa perbedaan oven listrik dan microwave? Harga microwave dan oven lumayan mahal, akan rugi jika salah beli.


  • http://homeproducts01.blogspot.com/2013/02/differences-between-electric-oven-and.html 
  • http://www.adeanita.com/2014/01/oven-atau-microwave.html

Oven

Oven adalah peralatan dengan sebuah ruang tertutup dimana panas terjebak di dalamnya digunakan untuk pemanggangan, pemanasan ataupun pengeringan suatu bahan biasanya dipakai untuk memasak. Di masyarakat banyak sekali jenis oven, ada yang terbuat dari batu bata, batu, tanah liat dan logam dengan bahan bakar seperti kayu, batu bara, gas alam ataupun yang paling modern menggunakan tenaga listrik, Oven Listrik lah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Microwave

Microwave adalah jenis oven yang menggunakan radiasi gelombang micro untuk memanaskan makanan, biasanya memiliki frekuensi 2.450 MHz dan panjang gelombang sekitar 12,24 cm. Molekul air, gula dan lemak dalam makanan dapat menyerap gelombang micro tersebut. Saat micro wave terserap oleh makanan, molekul molekul cair dalam makanan akan saling bertumbukan dan menghasilkan panas. Proses ini sering disebut dengan pemanasan dielektrik.
Perbedaan microwave dan oven listrik
© differencebtw.com

Perbedaan Microwave dan Oven Listrik

1

Proses Pemanasan

Dalam Microwave, gelombang mikro yang dipancarkan melalui makanan akan membuat molekul air bergerak cepat dan saling bertumbukkan, proses inilah yang memunculkan panas (makin cepat gerakan molekul air makin panas pula suhu yang dihasilkan). Pematangan dimulai dari dalam makanan menuju luar, hasilnya kematangan dalam microwave lebih merata.

Sedangkan dalam Oven listrik, elemen pemanas mengubah energi listrik menjadi panas yang kemudian disebarkan untuk memanaskan seluruh ruang dalam oven termasuk juga udara di dalamnya. Pematangan makanan dimulai dari luar berkat udara panas. Hasilnya sisi luar makanan lebih matang jika dibandingkan bagian tengah. Terlihat dari kulit makanan yang kecoklatan dan sangat krispy tapi pada bagian dalam masih empuk.
2

Lama Pemanasan dan Listrik yang Dibutuhkan

Dalam Oven listrik, agar masakan bisa matang kita perlu waktu cukup lama karena panas yang dihasilkan tidak langsung ke makanan melainkan menyebar ke seluruh ruang oven. Sebenarnya daya listrik yang dibutuhkan lebih sedikit tapi karena lamanya proses maka konsumsi listrik dari oven sangat besar.

Sedangkan dalam Microwave proses pematangan sangat cepat karena lebih efektif dimana pemanasan langsung pada makanan yang dimasak. Di sisi lain daya listrik yang dibutuhkan untuk menghasilkan gelombang mikro sangat besar tapi karena proses yang singkat maka konsumsi listrik dari microwave cukup hemat.

3

Jenis Makanan yang Dimasak

Seperti dibahas di atas, microwave langsung memanaskan cairan dalam makanan oleh karena itu kelembaban cepat sekali berkurang sehingga makanan menjadi kering dan terasa keras saat digigit. Kita tidak bisa terlalu lama menaruh masakan dalam microwave, sebaiknya penggunaan microwave hanya untuk memanaskan masakan setengah matang dan makanan dingin yang disimpan dalam kulkas. Contoh memanaskan minuman, memasak sarden.
Microwave benar-benar mendukung gaya hidup modern yang ingin serba cepat dan praktis
Di sisi lain oven listrik tidak akan merusak makanan struktur dan rasa makanan sehingga tidak masalah jika kita memasak dan memanggang makanan membutuh waktu lama untuk matang. Contohnya seperti membuat berbagai jenis kue, memanggang ayam.
Makanan hasil oven yang krispi di luar dan lembut di dalam sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.
Itulah bedanya Microwave dan Oven listrik, jika diberi pilihan antara oven atau microwave pasti saya lebih memilih oven karena kita bisa mengkreasikan lebih banyak makanan dan pastinya aman bagi kesehatan. Sedikit tambahan, saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang diproses dengan microwave dapat menimbulkan efek negatif dalam jangka panjang. Untuk berita lebih lengkap silahkan gunakan google untuk melakukan pencarian dengan kata kunci "bahaya microwave".

Sekian artikel tentang Apa Perbedaan Oven Listrik dan Microwave. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!