Apa itu Cream of Tartar ? Halal atau Haram ?

Cream of Tartar di Indonesia dipanggil dengan nama lain Krim Tartar sering kali digunakan sebagai salah satu bahan pelembut kue. Istilah yang menggunakan bahasa Inggris membuat kita bertanya-tanya Apa itu cream of tartar? Terbuat dari apa? Apa fungsi cream tartar ini?



  • http://bakingbites.com/2008/07/what-is-cream-of-tartar/
  • http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/11/2141
  • http://www.muslimconsumergroup.com/ingredients_description.html

Apa itu Cream of Tartar?

Cream of tartar adalah potassium hydrogen tartrate yang berbentuk bubuk putih halus berasal dari pemurnian Tartaric Acid. Asam Tartaric sendiri dikenal sebagai hasil sampingan dari pembuatan wine (minuman anggur). Saat buah anggur yang difermentasikan dan disimpan dalam gentong wine akan muncul endapan putih melekat di pinggiran gentong. Endapan putih tersebut selanjutnya dikikis dan dimurnikan.

Apa itu Cream of Tartar  Halal atau Haram
Kita bisa membeli cream of tartar dengan harga relatif murah di swalayan, pasar dan toko kue, pastinya bisa juga pesan via online. Merk cream of tartar yang terkenal di Indonesia antara lain koepoe-koepoe, merak.

Fungsi Cream of Tartar

Dalam industri kue fungsi dari cream of tartar adalah sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan baking powder, dalam proses ini baking soda (natrium bikarbonat) dan pati lembam dicampur dengan garam asam (selain krim tartar bisa juga garam asam lainnya).
Saat cream of tartar yang bersifat asam dan baking soda yang bersifat basa bertemu dalam keadaan basah akan terjadi reaksi asam-basa dengan hasil gas karbon dioksida. Proses inilah yang dimanfaatkan untuk membuat kue mengembang.
Baca juga: Dimana Tempat Beli dan Harga Baking Soda di Pasaran

Selain sebagai bahan baking powder, kegunaan cream of tartar lainnya adalah,
  • Kita bisa menambahkan cream of tartar ke dalam kocokan putih telur untuk menstabilkan bentuk sekaligus membuatnya mengembang
  • Kita mencampurkan krim tartar untuk membuat whipped cream yang sempurna dengan rasa asam yang dapat menggugah selera makan
    Fungsi Cream of Tartar
    © simmerandboil.cookinglight.com
  • Kita bisa memasukkannya ke cuka ataupun perasan jeruk nipis, campuran tersebut menjadi larutan asam yang lebih pekat dan sangat efektif menghilangkan kotoran di porselin dan karat pada perabotan dari logam
  • Saat dimasukkan ke dalam sayur kita bisa menjaga warna sayur agar tetap cerah
  • Dapat digunakan untuk mencegah munculnya kristal gula saat pembuatan sirup
  • Jika digunakan pada permen bisa menciptakan struktur yang lebih creamy

Cream of Tartar Halal atau Haram

Dari pembahasan di atas dimana asam tartaric adalah hasil sampingan dari pembuatan wine, pasti banyak yang menduga hukum krim tartar dalam islam adalah haram. Begitupun menurut halalmui.org, mereka mengingatkan umat muslim untuk menghindari penggunaan krim tartar untuk pembuatan masakan.

Lain halnya menurut muslimconsumergroup.com, cream of tartar itu masih halal karena tartaric acid bisa dibuat tanpa pembuatan wine, di USA mereka membuatnya cukup dengan anggur yang dihancurkan tanpa melalui fermentasi.

Tapi kita bisa menyimpulkan bahwa halal tidaknya makanan itu tidak hanya tergantung pada bahan saja tapi juga proses pembuatannya. Buah anggur yang awalnya halal pun bisa jadi haram jika difermentasikan.
Sampai sekarang hukum cream of tartar masih dipertanyakan, oleh karena itu jika anda membeli cream of tartar belilah yang ada label halal.
Kalau anda masih ragu dengan kehalalan krim tartar, kita bisa mengantinya dengan bahan lain. Pengganti cream of tartar yang dapat kita gunakan antara lain adalah cuka dan perasan jeruk nipis. Satu hal yang perlu digaris bawahi alternatif di atas tidak bisa 100% menggantikan peranan krim tartar sepenuhnya.

Sekian artikel tentang Apa itu Cream of Tartar ? Halal atau Haram. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!