Resep Kue Cantik Manis dengan Sagu Mutiara Enak

Resep kue cantik manis dibuat dari mutiara/ pacar cina yang dimasak dengan tepung hunkwe. Seperti namanya jajanan tradisional ini memiliki penampilan yang cantik. Di setiap gigitan terasa manis dengan tekstur yang lembut dan kejutan mutiara yang kenyal.

Kita masih sering menjumpai kue mutiara ini di pasar, biasanya dibungkus plastik bening sehingga keindahan kue makin terlihat. Dengan tampilan pink yang cantik, banyak anak yang tertarik untuk mencobanya. Tidak heran jika kue cantik manis bisa bertahan hingga sekarang.


  • https://www.facebook.com/283667935348545/photos/a.283796265335712.1073741830.283667935348545/283796665335672/?type=3

Resep Kue Cantik Manis

Bahan utama yang digunakan adalah sagu mutiara atau yang dikenal juga dengan pacar cina. Kebanyakan menggunakan mutiara berwarna merah tapi ada pula yang membuatnya berwarna warni. Bisa disesuaikan dengan selera masing masing.

Kue dibuat dari tepung hunkwe yang dicampurkan dengan santan sehingga hasilnya terlihat putih, kalau ingin lebih pink bisa ditambahkan sedikit pewarna merah. Perasa manis yang digunakan cukup gula pasir saja.
Resep Kue Cantik Manis dengan Sagu Mutiara Enak
Bahan Kue Mutiara Kukus:
  • Tepung hunkwe 50 gram
  • Tepung terigu ½ sdm
  • Santan 300 ml
  • Sagu mutiara 50 gram
  • Gula pasir 90 gram
  • Garam ½ sdt
  • Air 2 gelas
  • Plastik bening pembungkus dan selotip 
Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak

Cara Membuat Kue Cantik Manis:
Panaskan air dalam panci, masukkan sagu mutiara kering ke dalamnya. Masak kurang lebih 15 menit sampai mutiaranya terlihat jadi bening, angkat dan tiriskan. Buang airnya.

Campurkan 100 ml santan dengan tepung hunkwe dan terigu lalu aduk rata hingga larut. Campurkan gula dan garam dengan sisa santan lalu panaskan hingga gula terlarut. Masukkan adonan tepung lalu kecilkan api, sesekali aduk agar adonan tidak mengumpal. Panaskan hingga matang.

Masukkan sagu mutiara dan aduk hingga tercampur rata, angkat dan biarkan uap panas hilang. Siapkan plastik/ cetakan, bungkus ketika adonan tidak terlalu panas. Ulangi sampai semua adonan terbungkus plastik.

Agar rasa kue mutiara lebih enak dan tampilan cantik, usahakan si sagu mutiara terlihat menyebar. Selanjutnya tinggal tunggu kue benar benar dingin hingga teksturnya padat. Kalau ingin cepat bisa dimasukkan kulkas non freezer.

Resep kue cantik manis telah selesai, segera sajikan kepada seluruh anggota keluarga. Sama halnya dengan kebanyakan kue basah berbahan santan, kue mutiara ini cepat sekali basi jika dibuarkan di suhu ruangan. Masukkan dalam kulkas agar lebih awet.


Memang agar ribet untuk membungkus kue cantik manis dengan plastik bening apalagi si adonan mutiara cepat mengeras. Kalau ingin yang lebih simpel bisa mencetak loyang persegi, setelah dingin lalu dipotong potong dan dibungkus. Bisa juga dicetak dengan cetakan kue talam beraneka bentuk.

Terkadang para ibu menambahkan potongan pisang ,nangka atau jagung pada saat proses mencetak. Walaupun sederhana namun terbukti bisa menambah kekayaan rasa dalam jajanan pasar satu ini. Coba kreasikan kue mutiara ala kamu!

Baca juga: Cara Membuat Kue Mendut Warna Warni Bungkus Plastik

Di pasar sering ditemui kue mutiara dengan rasa manis yang aneh. Memang sering ditemui oknum pedagang nakal yang menambahkan pemanis buatan untuk menekan biaya produksi. Jadi tidak ada salahnya ibu membuat sendiri di rumah toh resepnya mudah.

Sekian artikel tentang Resep Kue Cantik Manis dengan Sagu Mutiara Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!