Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Lengket

Cara memasak sagu mutiara itu mudah namun bisa gagal jika langkahnya salah. Sering kali hasilnya malah hancur, lembek hingga lengket satu sama lain (menggumpal). Membuat hati sedih karena gagal mendapatkan tekstur berbutir butir mutiara. Ibarat peribahasa "sagu mutiara sudah menjadi bubur" yang artinya hal yang terlanjur terjadi dan tidak dapat diubah lagi 😁


  • http://food.detik.com/read/2012/07/16/152145/1966438/297/tips-memilih-sagu-mutiara-yang-bagus
Seperti namanya, sagu mutiara (sago pearl) terbuat dari tepung sagu yang dibentuk bulatan kecil mirip mutiara. Awalnya hanya berwarna putih tapi setelah dimasak menjadi transparan dengan rasa yang kenyal. Di Indonesia sering dijadikan campuran bubur, pudding, es campur dan berbagai jenis kue tradisional.
Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Lengket
Dalam mengolah sagu mutara kita harus memperhatikan dua hal,
  • Kalau ingin cepat matang, bisa direndam terlebih dahulu tapi hasilnya mudah hancur dan lengket
  • Kalau ingin tekstur utuh bulat, tidak perlu direndam tapi proses memasaknya jauh lebih lama agar bisa mengembang
Jadi berharap memperoleh sagu mutiara yang utuh dengan merendamnya terlebih dahulu jelas mustahil. Kalau mutiara masih utuh setelah direndam dalam air dingin selama 1 jam maka patut dipertanyakan apa bahan pembuatnya?

Baca juga: Resep Mendut Mutiara Kukus Sederhana yang Enak

Sagu mutiara dibuat dari tepung sagu yang dibentuk bulat kecil lalu dikeringkan hingga teksturnya mengeras. Jika dimasukkan ke dalam air dingin pasti akan lemas kembali, berbeda dengan air panas yang dapat membuatnya jadi matang kenyal. Cara memasak mutiara mirip ketika kita membuat cilok, pentol bakso, biji salak dan sebagainya.

Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur

Agar sagu mutiara yang dihasilkan tidak mengumpal, lengket hingga menempel satu sama lain sebaiknya masak dalam air yang banyak. Pastikan panci cukup besar untuk menampung mutiara yang nanti mengembang.
  1. Panaskan air dalam panci hingga mendidih
  2. Masukkan sagu mutiara kering ke dalam panci, jangan terlalu sering diaduk
  3. Perhatikan si mutiara, perlahan warna putih akan menjadi bening dan mekar. Akan terlihat titik putih di tengah sagu yang makin lama makin mengecil. Sesaat ketika titik tersebut hilang segera matikan kompor.

    Titik tersebut adalah bagian mutiara yang belum matang, jika semua sudah berubah transparan berarti sudah matang dan kenyal. Kalau kurang yakin, bisa ambil sebutir lalu coba dimakan.
  4. Segera keluarkan sagu mutiara dari panci dan saring, buang air rebusannya. 
  5. Siramkan air dingin untuk menghentikan proses pematangan yang masih terjadi. 
  6. Tiriskan dan siap diolah menjadi campuran makanan lain.
Dengan begini pasti hasilnya utuh dan bagus, teksturnya masih kenyal dan terasa bulatannya ketika di mulut. Segera diolah menjadi jajanan yang diinginkan karena setelah matang mutiara jadi cepat basi.

Beberapa orang tidak yakin kebersihan dari sagu mutiara yang dibelinya. Jika anda termasuk kelompok ini, sebelum dimasukkan ke dalam air mendidih maka siramkan air bersih. Taruh mutiara di atas saringan lalu siram air sebanyak 2 kali lalu sesegera mungkin masukkan dalam panci.

Baca juga: Resep Kue Cantik Manis dengan Sagu Mutiara Enak

Harga sagu mutiara memang murah tapi sebaiknya hanya membeli seperlunya saja. Bahan makanan satu ini rentan rusak bila terkena lembab sedikit saja. Selalu simpan dalam wadah yang tertutup rapat dan taruh di tempat yang kering.

Disarankan memilih sagu mutiara yang dikemas baik dengan info lengkap dari produsen. Hal ini untuk menghindari penggunaan pewarna berbahaya. Kadang ada oknum pedagang nakal yang memakai pewarna sintetis demi laba lebih banyak. Biasanya ditandai dengan warna mutiara yang mencolok.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Sagu Mutiara Agar Tidak Hancur Dan Lengket. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!