Resep Yangko Sederhana Si Kue Khas Jogya Isi Kacang

Resep yangko sederhana adalah jajanan tradisional dari Yogyakarta. Biasanya berbentuk kotak kecil yang terasa manis dan diberi isian kacang tanah. Kue memiliki tekstur yang padat kenyal namun tetap lembut ketika dikunyah. Banyak yang bilang rasanya mirip moci, secara sama-sama dibuat dari tepung ketan.

Kue yangko awalnya memang hanya dibuat dengan rasa manis dan isian kacang cincang. Namun seiring perkembangan jaman, banyak resep kue yangko tanpa isi yang diberi essense buah. Perasa seperti stoberi, nanas, durian selain memberikan aroma buah juga memberikan warna yang cantik. Tidak heran jika kue yangko mulai digemari lagi.


  • https://www.facebook.com/groups/kotagedeyogya/permalink/625961620780533
  • https://www.facebook.com/groups/1470592036513498/permalink/1598700753702625

Resep Kue Yangko

Bahan utama yang digunakan adalah tepung beras ketan, bisa ditambahkan santan kental agar hasilnya lebih gurih. Untuk isian kacang biasanya cukup disangrai bersama dengan gula pasir. Terakhir adalah tepung maizena untuk taburan agar kue yangko tidak terlalu lengket.

Penggunaan santan sendiri tidak wajib, malah kebanyakan yangko yang dijual hanya dibuat dengan tepung ketan, essense dan gula pasir. Alasannya jelas agar tahan lama, secara dibuat oleh-oleh wisatawan yang ke Jogya. Tapi kalau untuk konsumsi sendiri ya lebih enak pake santan dan isian kacang tanah 😎
Resep Yangko Sederhana Si Kue Khas Jogya Isi Kacang
Bahan Yangko Isi Kacang:
  • Tepung ketan 500 gram
  • Santan kental 300 ml
  • Garam secukupnya
  • Margarin 2 sdm
  • Tepung maizena (taburan, bisa terigu)
  • Air matang secukupnya
  • Isian:
    • Kacang tanah 150 gram
    • Gula pasir 150 gram
Baca juga: Cara Membuat Lemper Isi Kelapa Bumbu Serundeng Manis
Cara Membuat Yangko Sederhana:
Pertama tama campurkan tepung beras ketan dan air lalu aduk-aduk, selanjutnya saring menggunakan kain tipis untuk membuang air. Tuangkan margarin yang telah dilelehkan, garam dan santan kental lalu aduk hingga merata.

Siapkan loyang yang telah diolesi margarin lalu tuangkan adonan yangko ke dalamnya. Kukuslah loyang ini sekitar 45 menit agar kue mengeras dan matang. Angkat loyang dan dinginkan.

Sambil menunggu dingin kita siapkan isian kacang. Tumbuk kasar kacang tanah lalu sangrai dan masukkan gula pasir. Panaskan hingga gula meleleh dan membumbui kacang.

Setelah yangko dingin kita belah kue menjadi dua bagian, dibelah secara horisontal. Taruh isian pada atas salah satu potongan kue yangko lalu tutup kembali dengan potongannya satunya. Sedikit tekan-tekan agar rata dan menempel.

Potong-potong yangko menjadi bentuk kotak yang lebih kecil, guling gulingkan pada tepung maizena sampai semua lapisan terlapisi.

Cara membuat yangko isi kacang telah selesai, tinggal tata rapi pada piring untuk disajikan pada anggota keluarga. Resep di atas bisa dibilang yang original berwarna putih, mirip sekali dengan mochi namun lebih keras.

Sejarah Kue Yangko

Tahukah anda bahwa kue yangko sebenarnya adalah kue mochi yang gagal. Dulu ada orang dari Kotagede, Yogyakarta yang ingin berdagang kue mochi. Beliau pun mempelajari proses pembuatan mochi dari sahabatnya yang merupakan keturunan Cina.

Berkali kali mencoba namun hasilnya kue mochi selalu bantat tidak bisa empuk. Dari pada dibuang akhirnya beliau mencoba menjual mochi bantat tersebut dan ternyata kue mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Kue ini makin terkenal dari diberi nama Yanko atau Kiyangko.

Baca juga: Resep Engkak Ketan Spesial Si Kue Lapis dari Palembang

Sekian artikel tentang Resep Yangko Sederhana Si Kue Khas Jogya Isi Kacang. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!