Cara Membuat Saus Spaghetti Bolognese Sederhana

Cara membuat saus spaghetti itu banyak sekali macamnya, sebut saja Marinara, Alfredo, Bolognese, Aglio e Olio, Pesto, Romana, Frutti di mare, Carbonara ataupun Primavera. Kesembilan saus tersebut bisa dibilang adalah resep yang paling sering digunakan orang awam.

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah resep saus spaghetti bolognese, salah satu saus pasta tertua yang diperkenalkan di kota Bologna. Rasanya asam, pedas, gurih terbukti membuat sajian spaghetti terasa lebih enak.


  • www.bimoli.com/siasat-ibu/detail-blog/?slug=Mengenal Jenis-Jenis Saus Pasta
  • http://food.detik.com/readresep/2701/1037

Cara Membuat Saus Spaghetti Sederhana 

Secara rasa sebenarnya saus bolognese mirip dengan saus mariana yang dibuat dari tomat segar, bawang bombay dan daun basil.  Perbedaannya terletak pada tambahan campuran daging cincang seperti sapi dan babi, bisa juga diganti dengan kornet beef.

Untuk menghemat penggunaan tomat segar, kita bisa mengakali dengan menambahkan saus tomat ataupun pasta tomat. Selain itu bisa mempersingkat waktu memasak. Dari segi rasa pun tidak jauh berbeda.

Sebaiknya memakai saus tomat yang dijual dalam kaleng bukan yang dengan botol. Hasilnya beda lo, enakan yang kaleng. Anda bisa membelinya di supermarket terdekat, di pasar masih jarang ditemui.
Cara Membuat Saus Spaghetti Bolognese Sederhana
Bahan Saus Bolognese:
  • Daging sapi 250 gram, dicincang
  • Tomat merah 750 gram, dimasak, dikupas kulitnya dan diblender hingga halus
  • Bawang bombay 30 gram, dicincang
  • Wortel 30 gram, dicincang
  • Seledri 1 batang, dipotong tipis
  • Garam 1 sdt
  • Merica hitam bubuk ½ sdt
  • Minyak zaitun untuk menumis 
Baca juga: Cara Membuat Makaroni Goreng Mengembang dan Kriuk

Resep Saus Bolognese Sederhana:
Panaskan minyak zaitun dalam wajan lalu tumis bawang bombay, wortel dan seledri hingga terlihat sedikit layu. Masukkan daging sapi cincang, aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu. Masak terus hingga daging berubah warna.

Tambahkan tomat merah yang telah dihaluskan, kecilkan api lalu panaskan terus hingga mengental. Prosesnya cukup lama bisa sampai 1 jam. Beri sedikit merica dan garam lalu aduk rata. Angkat dan dinginkan.


Cara membuat saus spaghetti sederhana telah selesai, tinggal disiramkan pada spaghetti yang telah dimasak hingga matang. Untuk penyajian bisa ditambahi peterseli cincang, mayonaise, daun basil dan oregano. Tergantung selera anda.

Saus pasta favorit masyarakat Italia ini bisa langsung dibuat dalam jumlah banyak. Setelah  matang bisa ditaruh dalam botol kaca tertutup lalu disimpan dalam lemari pendingin. Ketika ingin digunakan maka tinggal dipanaskan lagi.

Selain digunakan untuk masakan spaghetti, saus bolognese bisa digunakan untuk jenis olahan pasta lainnya seperti macaroni, fusilli, ravioli, acini di pepe, alphabet pasta, anelli, bucatini, cappelletti, casarecce dan ditalini.

Akhir-akhir ini ada sajian spaghetti sosis yang cukup unik dimana mie spaghetti matang terlihat melewati potongan sosis. Anak-anak sangat menyukainya, buat yang ingin mencoba bisa baca Resep Spaghetti Tusuk Sosis yang Unik dan Kekinian.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Saus Spaghetti Bolognese Sederhana. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!