Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit dan Berbau

Cara memasak rebung agar tidak pahit itu memang sedikit sulit. Tidak sembarang masak karena selain pahit, rebung juga mengeluarkan aroma tidak sedap (baca: sedikit pesing). Tapi tak perlu khawatir karena ada banyak cara mengolah rebung, semuanya menggunakan bahan alami dan teknik tradisional jadi 100% aman bagi kesehatan.

Rebung sendiri adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Masyarakat Indonesia menjadikan rebung sebagai bahan makanan sebut saja sebagai isi lumpia, sayur lodeh, pecel, keripik ataupun asinan. Dalam rebung terdapat banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Rebung 
  • http://www.mangyono.com/2014/02/cara-mengambil-mengawetkan-dan-mengolah.html
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/924783070954371/?match=Y2FyYSBtZW1hc2FrLG1lbWFzYWsscmVidW5nLGNhcmE%3D
  • http://www.kompasiana.com/fantunsihombing/kandungan-sianida-pada-rebung_56cd8353d392731f2b796eab

Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit

Selain terdapat banyak gizi ternyata dalam rebung terdapat racun juga lho, namanya HCN.  Pasti banyak yang kurang familiar dengan nama tersebut, bagaimana dengan nama lainnya yaitu Asam Sianida.

Asam sianida terdapat pada getah putih yang ada dalam rebung, makin pahit rebung maka makin tinggi pula kadarnya. Semakin tua usia rebung juga makin naik terus kadar. Serem kan? tapi tidak perlu khawatir karena konsentrasinya rendah dan kadarnya bisa diturunkan dengan direndam, dikukus dan direbus.
1
Memilih
Rebung sebenarnya bisa didapatkan sepanjang tahun tapi paling mudah ketika musim hujan dimana mereka tumbuh lebih subur. Masa ini bisa dibilang panen rayanya rebung jadi harganya bisa sedikit miring.
Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit dan Berbau
© wikimedia.org
Menurut tetangga dari MangYono.com dari semua jenis rebung yang enak dikonsumsi itu,
  • Bambu kuning
  • Bambu rampal
  • Bambu ater
  • Bambu betung, konon paling enak.
Rebung yang dipilih sebaiknya yang masih terlihat segar, karena biasanya jika sudah beberapa hari akan berubah layu yang berbau sedikit pesing. Hindari yang sudah mulai lembek dan mengeluarkan bau tidak sedap.

2
Memotong dan Mencuci
Lapisan terluar rebung biasanya sudah mengeras dan sebaiknya dibuang hingga menyisakan bagian yang masih putih. Potong-potong menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya cuci potongan rebung lalu buang airnya, cuci lagi hingga 2-3 kali. Terakhir bilas menggunakan air mengalir.

Buat yang rebungnya mulai mengeluarkan bau tidak sedap, maka sebaiknya direndam dulu dalam air + garam bisa juga dengan air cucian beras.

3
Merebus
Siapkan panci berisi air lalu masukkan rebung yang telah bersih, rebus hingga rebung lunak. Matikan kompor lalu masukkan rebung dalam air dingin dan cuci sekali lagi sebelum diolah menjadi makanan lain.

Masakan dengan banyak rempah-rempah, bumbu dan santan juga bisa menyamarkan rasa pahit dan bau tidak sedap yang muncul.


Setelah mendapatkan rebung di pasar sebaiknya segera diolah karena kebanyakan rebung yang berbau itu muncul karena sudah mulai layu. Jika memang tidak segera dimakan maka masukkan saja ke dalam kulkas.

Selain itu rebung juga bisa diawetkan lo, caranya cukup diiris tipis tipis lalu dijemur di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Selanjutnya kalau ingin diolah tinggal direbus saja.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Rebung Agar Tidak Pahit dan Berbau Asam. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!