Resep Putu Mayang Sederhana dan Bihun Jagung yang Enak

Resep putu mayang sangat erat dengan seni kuliner Betawi namun mungkin memiliki keterkaitan dengan kue putu mayam yang berasal dari India Selatan. Keduanya sama-sama terbuat dari tepung yang kemudian dibentuk mirip gumpalan mie, bedanya gumpalan mie versi Indonesia lebih menyatu mengerombol sedangkan versi India lebih halus.

Kue basah satu ini disajikan dalam beberapa warna cerah seperti pink, hijau muda ataupun kuning. Anak-anak pun suka karena warna yang cantik dan rasa yang kenyal-kenyal manis. Seperti halnya kebanyakan jajanan pasar lainnya, cara membuat putu mayang masih mengandalkan metode tradisional. Yang perlu dilakukan adalah memasak sebentar lalu mencetak dan mengukus sampai matang.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10201868910721655&set=a.2885414991699.1073741825.1749897443&type=3
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/954865514612793/?match=cHV0dSBtYXlhbmcsbWF5YW5nLHJlc2VwLHB1dHU%3D
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Putu_mayang

Resep Putu Mayang Sederhana

Tepung yang digunakan untuk memasak putu mayang adalah perpaduan antara tepung beras dengan tepung tapioka (bisa juga sagu), kombinasi ini menciptakan rasa yang kenyal yang pas dan tidak terlalu lengket. Untuk menambahkan rasa gurih cukup menggunakan santan dan sedikit garam.

Bahan lain yang tak boleh ketinggalan adalah saus manis yang selalu disiramkan pada kue putu mayang ketika penyajian. Saus ini terbuat dari gula merah, santan kental dan daun pandan yang memberikan aroma sedap.

Untuk membuat bentuk mie yang memanjang, kita memerlukan cetakan khusus kue putu mayang. Cukup susah mengakali jika tidak mempunyai cetakan, beli saja di toko kue terdekat ataupun secara online. Harganya murah kok, awet pula. Jika memang tidak ada waktu untuk keluar membeli, anda bisa mencoba membuat putu mayang versi lain dengan bihun jagung.
Resep Putu Mayang Bihun
Bahan Kue Putu Mayang:
  • Tepung beras 250 gram
  • Tepung sagu 200 gram
  • Santan encer 800 ml 
  • Garam secukupnya
  • Saus manis:
    • Gula merah 150 ml
    • Santan kental 1000 ml 
    • Gula pasir 50 gram
    • Garam secukupnya
    • Daun pandang 2 lembar
Baca juga: Resep Kue Moho Mekar Rasa Original khas Semarang
Cara Membuat Putu Mayang Sederhana:
Pertama campurkan tepung beras, garam dan santan cair, selanjutnya masak sampai matang, angkat dan biarkan dingin. Ambil tepung sagu lalu campurkan ke adonan tepung beras. Aduk merata lalu siapkan cetakan putu mayang.

Jika ingin putu mayang dengan beberapa warna, pisahkan adonan lalu beri warna pada masing-masing bagian. Gunakan pewarna khusus makanan agar lebih sehat.

Ambil beberapa lembar daun pisang untuk alas, oleskan minyak goreng pada daun agar tidak terlalu lengket. Cetak adonan menjadi bentuk mie sampai habis, cetak menjadi beberapa gumpalan kecil. Siapkan panci dengan pengukus, jangan lupa memasang serbet pada tutup panci agar adonan tidak terlalu lembek.

Kukus putu mayang hingga matang selama kurang lebih 10 menit. Dengan menggunakan daun pisang sebagai alas maka aroma kue lebih sedap dan kesannya lebih tradisional. Setelah matang angkat dan dinginkan.

Selanjutnya campurkan semua bahan saus manis (gula merah, gula putih, garam, santan dan daun pandan). Gunakan api sedang untuk mendidihkannya, aduk sesekali sampai matang. Angkat dan dinginkan.


Resep putri mayang telah selesai, tinggal disajikan. Tata rapi beberapa gumpalan mie dalam piring saji lalu siramkan saus manis di atasnya. Jika anda ingin memberikan kesan jajanan tempo doeloe bisa menggunakan daun pisang untuk penyajian.

Baca juga: Cara Membuat Jasuke (Jagung Susu Keju) Sendiri di Rumah

Dewasa ini banyak yang menggunakan bihun jagung sebagai bahan utama untuk membuat putu mayang, hasilnya lebih gurih berbeda dengan kue putu mayang biasanya. Kita tidak perlu cetakan untuk resep ini.

Resep putu mayang bihun jauh lebih sederhana, dimana kita hanya perlu merendam/ merebus bihun jagung dalam air panas sampai mengembang, angkat dan tiriskan. Selanjutnya campurkan dengan tepung kanji lalu dikukus sampai matang. Langkah selanjutnya sama dengan yang di atas.

Sekian artikel tentang Resep Putu Mayang Sederhana dan Bihun Jagung yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!