Resep Gandasturi Goreng si Kue Kumbu Kacang Hijau

Resep gandasturi merupakan salah satu resep kue goreng tradisional yang terkenal sejak tempo dulu dan masih memiliki banyak peminat sampai sekarang. Nama lain dari gorengan satu ini adalah kue kumbu.

Cara membuat gandasturi dilakukan dengan menumbuk kacang hijau rebus lalu dibulatkan dan dilapisi tepung selanjutnya digoreng sampai kuning kecoklatan. Rasanya benar-benar mantap, lapisan tepung crispy gurih membungkus kacang hijau yang lembut dan manis.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/866131260152886/?match=cmVzZXAgZ2FuZGFzdHVyaSxnYW5kYXN0dXJpLHJlc2Vw

Resep Gandasturi

Kebanyakan orang pasti berfikir gadasturi mirip bakpia karena bahan utama yang digunakan sama yaitu kacang hijau. Tapi sebenarnya kalau dilihat dari cara pembuatan mirip sekali dengan kue timus yang terbuat dari ubi. Bentuknya pun mirip, cek gambar di bawah ini!
Resep Gandasturi Goreng si Kue Kumbu Kacang Hijau
© fb.com/sulistiati.ms
Bahan Kue Gandasturi:
  • Kacang hijau 300 gram
  • Santan kara 1 bungkus (65 ml)
  • Gula pasir 10 sdm atau sesuai selera
  • Garam sedikit
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Air secukupnya
  • Celupan:
    • Tepung beras 10 sdm
    • Tepung terigu 10 sdm
    • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng 
Baca juga: Resep Kue Semar Mendem Solo Siram Santan Manis Enak
Cara Membuat Gandasturi:
Pertama-tama yang kita lakukan adalah memasak kacang hijau sampai empuk, sebaiknya rendam dulu biji kacang hijau dalam air bersih sekitar 1 jam. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Rebus kacang hijau sampai benar-benar lunak, butuh waktu cukup lama untuk ini. Setelah air kering dan kacang hijau sudah empuk, tambahkan santan, gula pasir dan sedikit garam lalu aduk-aduk sampai rata.

Pastikan adonan sudah kering lalu matikan dan angkat kacang. Sedikit tumbuk dengan sendok sampai kacang lebih lembut dan tercampur rata. Solusi kalau masih sedikit basah bisa ditambahkan tepung terigu 2 sdm, si tepung juga membantu mempertahankan bentuk kue gandasturi saat digoreng nanti.

Siapkan celupan dengan mencampur semua bahan, jangan terlalu kental namun jangan pula terlalu encer. Ambil sedikit adonan, gunakan kedua telapak tangan untuk membentuk bulat lalu sedikit pipihkan. Lakukan sampai semua adonan habis.

Panaskan minyak goreng, ambil kue lalu celupkan ke dalam celupan. Sebelum dimasukkan ke dalam wajan, sedikit kibas-kibaskan agar lapisan tepung tidak terlalu tebal. Tinggal goreng sampai berubah warna. Tidak perlu waktu lama untuk mengoreng karena pada dasarnya kacang hijau sudah matang.


Resep kue gandasturi telah selesai, si kue kumbu kacang hijau siap dihidangkan kepada seluruh anggota keluarga. Di daerah Kalimantan, gorengan satu ini sering dinikmati bersama sambal, dinikmati selagi hangat menghasilkan rasa pedas manis yang lebih nonjok.

Kue goreng satu ini sekarang cukup sulit ditemui, oleh karena itu jika kangen dengan makanan satu ini bisa membuat sendiri di rumah dengan resep di atas. Kalau bosen dengan kacang hijau bisa mengantinya dengan ubi dengan resep bumbu yang sama.

Baca juga: Resep Kue Cubit ala Abang Abang Setengah Matang Enak

Sekian artikel tentang Resep Gandasturi Goreng si Kue Kumbu Kacang Hijau. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!