Mudahnya Cara Membedakan Telur Busuk dan Bagus

Cara membedakan telur busuk dan bagus dapat kita lakukan dengan mudah, kali ini dapur (dot) website akan membagikan 4 metode berbeda untuk melakukannya. Kalau anda membeli telur di supermarket/ swalayan pasti sudah tertera tertera tanggal kadaluarsa. Lainnya halnya dengan telur di toko dan warung, di sana kita tidak tahu apakah telur tersebut busuk atau masih segar.

Pentingkah melakukan cara mengetes telur yang baik? Jelas penting, telur yang sudah mulai busuk akan berkurang nutrisinya dan ditakutkan ditumbuhi bakteri. Telur yang lama tidak segera dimasak juga beresiko meletus saat direbus. Penjelasaanya sudah ada di artikel sebelumnya Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah dan Matang Sempurna.



  • http://food-hacks.wonderhowto.com/how-to/tell-if-your-expired-eggs-are-still-good-eat-0154309/
  • http://life.viva.co.id/news/read/632253-bahaya-makan-telur-busuk

Cara Membedakan Telur Busuk dan Bagus

Warna, kecerahan dan kondisi lain dari cangkang telur tidak bisa dijadikan bahan pertimbangan ciri-ciri telur yang tidak baik. Baik buruknya telur ditentukan isi di dalamnya yang tidak bisa kita lihat kasat mata. Berikut cara mengetes telur !
1
Dengarkan Suaranya
Cara ini adalah yang paling simpel bisa dilakukan langsung di warung tempat anda membeli. Ambil salah satu telur secara random lalu dekatkan pada telingamu. Sedikit lakukan gerakan mengocok, pada telur yang kurang baik akan terdengar suara dari cairan dalam telur yang bergerak sedangkan telur segar tidak menimbulkan suara.

Di ujung telur terdapat rongga udara, makin lama usia telur maka udara di dalamnya makin banyak. Hal ini diakibatkan oleh karbon dioksida yang masuk melalui rongga kecil di cangkang sehingga cairan telur mengerut dan makin banyak udara di dalam telur. Inilah penyebab munculnya suara tersebut. Saat sedang direbus udara akan memuai sehingga mendorong cangkang yang akhirnya pecah.
2
Terawang dengan Lampu
Kita perlu senter dengan lampu terang yang mampu menembus cangkang telur. Caranya cukup menyinari telur dan lihat bagaimana kondisinya,
  • Jika dapat ditembus dan terlihat terang dimana kuning telur berada di tengah maka bisa disimpulkan kondisi telur masih baik.
  • Jika terlihat kuning telur mulai berpindah tempat maka telur sudah berumur dimana untaian antara putih dan kuning mulai mengendur.
  • Jika terlihat gelap, tidak bisa ditembus cahaya mungkin telur yang sudah pernah dierami betina.
3
Mengapung atau Tenggelam ?
Masih berhubungan dengan rongga udara dalam telur. Kita bisa melakukan sedikit percobaan dengan memasukkan telur ke dalam gelas yang telah diisi dengan air (kalau yang dites banyak maka bisa menggunakan panci).

Saat telur kadaluarsa dimasukkan ke dalam air pasti telur akan mengambang sedangkan telur yang masih segar akan menggelam. Mungkin ada beberapa telur sedikit melayang, biasanya telur ini sudah berumur.
4
Cek Langsung, Pecahkan saja!
Simpel tapi efektif, kita bisa langsung mengambil salah satu telur lalu pecahkan cangkangnya. Dari gambar di bawah ini pasti anda bisa menebak mana telur segar dan mana telur kurang baik.
Cara Membedakan Telur Busuk dan Bagus
Ada beberapa hal yang perlu kita pastikan sebagai cara membedakan telur segar dan telur busuk
  • Bau
    Ciri-ciri telur busuk adalah baunya busuk (sudah pasti), bau belerang di kuning telur sangat tajam berbeda dengan telur normal yang amis ya sewajarnya bau telur.
  • Warna
    Normalnya warna putih telur adalah sedikit keruh sedangkan pada telur kadaluarsa mulai terlihat berwarna jernih mirip liur (mulai ngiler).

    Kuning telur asalkan masih kuning atau orange kemerahan, boleh dikategorikan normal. Warna kuning tergantung dari nutrisi makanan si ayam betina. Makin cerah warna telur, makin besar manfaatnya bagi kesehatan, sebut saja telur Omega 3 yang cukup populer saat ini.

    Jika terlihat bintik hitam, kemungkinan ada jamur yang tumbuh sedangkan jika ada warna hijau, merah menyala lebih baik dihindari ditakutkan mengandung bakteri yang tidak baik.
  • Kestabilan Cairan Telur
    Coba tuangkan telur ke mangkok kecil, kalau telur busuk pasti kuning telurnya akan mudah sekali pecah menyebar ke seluruh permukaan mangkok. Ciri-ciri telur segar adalah tetap mempertahankan bentuknya.
Dari gambar dua telur dan penjelasan di atas dapat kita simpulkan telur sebelah kiri adalah telur kurang baik sedangkan telur di kanan masih segar.

Akibat Makan Telur Busuk

Telur sebenarnya masih bisa dikonsumsi walaupun sudah melebihi tanggal kadaluarsa tapi kita perlu berhati-hati karena pada orang dengan kekebalan tubuh lemah bisa mengalami alergi. Memakan telur busuk dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti diare, gatal pada kulit, sakit kepala dan resiko bakteri Salmonella.

Beberapa waktu yang lalu ada pernyataan menarik tentang telur busuk, penelitian di China menyebutkan gas Hidrogen Sulfida dalam telur busuk dapat mengaktifkan gen regenerasi pada kulit yang mencegah penuaan dini.

Meskipun ada manfaat telur busuk tapi sebaiknya kita menghindari mengkonsumsinya langsung. Untuk mendapatkan manfaat di atas perlu proses pengolahan yang benar. Bahkan para peneliti China tersebut masih terus mengembangkan penelitiannya demi menciptakan suplemen dari hidrogen sulfida yang aman.
Telur sebaiknya segera disimpan dalam kulkas agar lebih awet dimana bisa bertahan 2 sampai 4 mingguan (tergantung dinginnya suhu)
Sekian artikel tentang Mudahnya Cara Membedakan Telur Busuk dan Bagus. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!