Resep Cara Memasak Daun Ginseng

Biasanya kita mengolah daun pepaya, daun bayam, daun ketela dan sayuran daun lainnya menjadi makanan yang sedap. Tapi bagaimana dengan memasak daun ginseng ? Walaupun jarang, masakan daun ginseng itu sebenarnya tidak hanya enak tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pasti banyak ibu yang belum tahu cara mengolahnya.

Resep daun ginseng lebih populer di negara Asia Timur seperti Korea dan Cina. Daunnya berbentuk lonjong, hijau berair dan sedikit mengkilat jika kena cahaya. Kita bisa mendapatkan sayuran daun ginseng di pasar tradisional ataupun swalayan. Tapi tidak ada salahnya menanam ginseng di rumah karena mulai daun sampai akar bisa kita manfaatkan sebagai obat tradisional.Yang ada di pasaran biasanya daun ginseng jawa, harga seikat kurang lebih 1000 - 2000 rupiah.



  • http://mymaykitchen.blogspot.com%2F2015%2F06%2Ftumis-daun-ginseng.html
  • https://akusukamenulis.wordpress.com/2011/12/31/sehat-dan-sedapnya-tumis-daun-ginseng/

Cara Memasak Daun Ginseng

Cara mengolah daun ginseng yang paling populer adalah tumis ongseng, campuran sup ataupun langsung dimakan sebagai lalapan. Sama halnya dengan sayuran daun yang berarir seperti kangkung ataupun bayam, kita tidak bisa memasak daun ginseng terlalu lama (sedikit overcook pasti daun menghitam dan hancur). Kita sebaiknya memasukkan daun ginseng saat bahan lain telah matang, dimasukkan paling akhir.

Baca juga: Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Kali ini dapur (dot) website akan membagi resep memasak daun ginseng tumis,
Cara Memasak Daun Ginseng
© fb.com/100006255134946
Bahan:
  • Daun ginseng 2 ikat
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 3 siung
  • Garam
  • Gula
  • Saus Tiram
  • Cabai
  • Air
Sebelum diolah sebaiknya buang bagian yang jelek lalu cuci daun ginseng. Potong tipis cabai, bawang merah dan bawang putih lalu tumis sampai harum. Tambahkan air secukupnya. Setelah muncul buih buih air kita masukkan si tokoh utama, daun ginseng. Tambahkan bumbu garam, gula, saus tiram sesuai selera. Aduk-aduk sampai tumis ginseng anda tercampur dengan bumbu. Masak sampai terlihat layu.

Boleh dibilang resep di atas adalah tumis daun ginseng paling sederhana, kita bisa menambahkan bahan makanan lain seperti tempe, tahu, toge, jamur dan ikan teri untuk memberi variasi rasa. Selamat mencoba.

Daun ginseng sangat mudah layu mengering didiamkan dalam suhu ruangan, bahkan lebih cepat dibanding kangkung atau bayam. Sebaiknya segera diolah setelah membeli, kalaupun disimpan sebaiknya segera masukkan dalam kulkas di box paling bawah (jangan dicuci dahulu). Proses penyimpanan mungkin hanya bertahan 1 atau 2 hari saja.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

Sekian artikel tentang Resep Cara Memasak Daun Ginseng. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!