Cara Menghilangkan Getah Nangka dengan Mudah

Baik buah nangka muda ataupun yang sudah matang pasti ada getah putih yang sangat lengket. Getah yang keluar bisa menempel di pisau, talenan bahkan kalau tidak berhati-hati bisa tertempel di jari tangan. Cukup sulit membersihkan getah nangka ini, dibilas dengan air hasilnya getah masih nempel dan diberi sabun pun sama. Kita perlu sedikit trik cara menghilangkan getah nangka yang menempel.
Di pedesaan getah nangka sering digunakan untuk menangkap burung. Getah yang tak berbau dan cukup lengket ini bisa membuat si burung terjebak tanpa sempat menyadarinya.

  • http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/924684/tips-menghilangkan-getah-nangka
  • https://www.youtube.com/watch?v=SsA510lo6Us

Cara Menghilangkan Getah Nangka

Kita tidak bisa membersihkan getah nangka di pisau hanya dengan air biasa. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba,
Cara Menghilangkan Getah Nangka
© onelonelybee.blogspot.com
  • Dilicinkan
    Kita perlu menggunakan cairan licin sehingga tingkat kelengketan getah menurun. Bahan yang bisa kita gunakan misalnya minyak kelapa, minyak goreng, minyak zaitun, baby oil.

    Caranya cukup dengan melumurkan minyak ke bagian yang tertempeli getah sambil digosok-gosok. Perlahan tapi pasti getah bisa terlepas. Jika dirasa masih menempel kuat, tinggal menambahkan lagi si minyak. Lakukan gosokan terus sampai seluruh getah hilang. Terakhir bilas tangan anda dengan air dan sabun.

    Coba cek biji buah nangka, ada lapisan sarung yang cukup licin menyelimuti biji nangka. Kita bisa lapisan ini untuk melicinkan getah yang menempel. Salah satu tanda kebesaran sang Kuasa ternyata cara menghilangkan getah nangka sudah ada di nangka itu sendiri.
  • Dipanaskan
    Yup, ini terinspirasi dari pengalaman memasang jebakan burung dengan getah. Getah nangka sebenarnya gampang sekali meleleh jika terpapar sinar matahari terlalu lama.

    Nah untuk pisau kita bisa memanggangnya sebentar di atas api kompor, dalam kondisi masih panas gunakan koran bekas untuk mengelap getah. Pastinya getah dapat terangkat dengan lebih mudah.

    Untuk getah yang menempel di tangan kita cukup merendam dengan air hangat. Gunakan sabun untuk sedikit melicinkan sehingga jari-jari tangan anda bisa bersih kembali.
  • Tarburi tepung
    Kita bisa mengurangi daya lengket si getah dengan menaburkan tepung ke atasnya. Kita memanfaatkan sifat tepung yang dapat menyerap minyak. Lakukan gerakan mengosok sampai terlihat getah mengelupas sedikit demi sedikit. Tepung yang kita gunakan misalnya tepung kanji, tepung terigu, bedak bayi dll
Baca juga: 2 Tips Mudah Cara Mengupas Buah Naga

Semua orang tahu tentang kelengketan getah nangka, maka dari itu jarang yang mau mengupas buah mirip durian ini.  Akhirnya sang ibu maju ke garis depan demi anggota keluarga lainnya, ibu memang keren. Setelah membaca tips di atas pastinya kita tak perlu lagi takut terkena getah nangka.

Tips Menghindari Getah Nangka

Agar tidak perlu repot-repot melakukan cara menghilangkan getah nangka di atas kita harus mengupas dengan benar. Berikut ini adalah tips agar tidak banyak getah yang menempel di pisau, talenan dan tangan kita
  1. Lapisi talenan dengan plastik
  2. Gunakan sarung tangan plastik
  3. Oleskan sedikit minyak goreng pada talenan dan pisau sebelum digunakan untuk membelah buah nangka.
  4. Saat getah keluar dari hati nangka, usapkan kertas/ plastik untuk menghilangkannya
    Setelah getah mulai berkurang, baru kita lanjutkan memotong hati durian.
    Bersihkan lagi jika muncul getah.
  5. Terakhir tinggal ambil buah nangka yang berwarna keorangean tersebut.
Pada nangka yang masih muda kita harus berhati-hati saat mengupas bagian kulit. disini juga akan muncul getah kental ini. Usapkan kertas untuk membersihkan getah tersebut.

Buah nangka matang bisa langsung anda makan ataupun diolah menjadi aneka masakan. Nangka matang sering dijadikan bahan campuran untuk es buah sedangkan nangka muda dibuat gudeg, tumisan dan sayur lodeh.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Getah Nangka dengan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!