Cara Memasak Sarang Walet Menjadi Sup

Salah satu masakan unik yang cukup diminati masyarakat Indonesia adalah sarang walet. Cara memasak sarang walet yang paling populer adalah menjadikannya sup. Banyak yang telah membuktikan manfaat luar biasa dari sarang walet bagi kesehatan dan kecantikan. Mengkonsumsi sup ini sudah dilakukan masyarakat China dari berabad-abad yang lalu, dulunya hanya keluarga kerajaan saja yang makan hidangan mahal ini.

Sarang walet bisa terbuat dari rumput liar, lumut, pinus dan dedaunan lain yang dilumuri oleh air liur dari si burung walet. Hanya walet betina yang membuat sarang ini. Mereka biasanya bersarang di tebing yang lembab, saat ini sudah banyak yang budidaya walet dengan membuatkan sarang di rumah kosong.

Dulu harga sekilo sarang walet mencapai puluhan juta tapi sekarang turun drastis hanya dikisaran jutaan. Hal ini disebabkan sudah banyak orang yang membudidayakan. Harga sarang walet tergantung juga pada jenis walet dan bahan pembuatan sarang. Yang paling mahal adalah sarang walet yang berwarna putih dan bersih dari kotoran ataupun bulu.


  • https://sarangburungwalet9.wordpress.com/cara-konsumsi/
  • http://goldenswiftletbirdsnest.weebly.com/cooking-tips.html

Cara Memasak Sarang Walet

Jika anda ingin memasak sarang walet yang masih kotor maka kita perlu membersihkannya (buang semua kotoran dan bulu yang menempel). Cara membersihkan sarang walet cukup sulit, oleh karena itu disarankan membeli yang sudah siap olah. Biasanya sarang walet sudah dikemas dalam plastik dengan bentuk kepingan.

Satu porsi cukup satu keping saja, rendamlah sarang walet di dalam air hangat. Perendaman dilakukan dalam kurang lebih 120 menit. Di satu jam pertama coba cek dan pisahkan bagian yang sudah lembut dan yang belum, jika ada yang masih keras maka rendam di dasar. Setelah proses kepingan sarang walet akan mengembang terasa lembut, angkat dan tiriskan.

Lanjut ke inti cara membuat sup sarang walet. Didihkan 2 gelas air (+- 400 ml) di atas kompor dengan air sedang. Tambahkan kaldu ayam untuk memberi rasa, mengurangi rasa original dari sarang walet. Tidak usah ditanya rasa air liur pasti.....

Ohya, anda bisa juga menambahkan gula batu, putih telur, pandan, jahe, sereh, daun mint sebagai alternatif perasa sup. Tergantung selera sih.

Setelah air mendidih kita silahkan mengecilkan api kompor, lanjut memasukkan sarang walet yang telah direndam tadi. Masak dalam waktu kurang lebih 2-3 menit. Resep sarang walet telah selesai, tinggal menyantap sup enak anda. Untuk mendapatkan khasiat terbaik sebaiknya dihabiskan secepatnya saat masih hangat.
Cara Memasak Sarang Walet
© lifestyleme.ga
Resep di atas boleh dibilang resep sarang walet paling sederhana. Sup ini adalah pengobatan tradisional, so agar hasilnya kelihatan kita harus mengkonsumsinya secara teratur dalam beberapa bulan. Boleh tiap hari ataupun 2/3 hari sekali. Pertimbangkan juga kondisi keuangan anda secara sarang walet juga cukup mahal.
Waktu terbaik untuk mengkonsumsi sup sarang adalah sebelum tidur malam, sekitar jam 11 - 2 malam dimana pembelahan sel tubuh terjadi sampai 8 kali lipat. Prinsipnya mirip dengan anak kecil yang minum susu sebelum tidur.
Beberapa orang juga mengolah sarang walet menjadi minuman dengan mengubahnya menjadi semacam agar-agar dan mencampurkannya dengan nata de coco.

Manfaat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari bahan 100% alami yaitu air liur yang mengandung protein yang larut dalam air, protein jenis ini lebih mudah diserap oleh tubuh kita. Total protein sekitar 65%, sementara lemak 23,3%, air 10% dan karbo hanya 0,8%. Kandungan asam amino sekitar 6 persen yang kita tahu sangat bermanfaat terhadap kekebalan tubuh. Banyak yang menyarankan memberikan sup walet pada saudara kita yang sering sakit-sakitan terutama pada sistem pernafasan. Membahas tentang manfaat sarang walet bagi kesehatan tidak akan ada habisnya. Karena dapur.website adalah blog memasak bukan blog kesehatan, saya sudahi sampai disini.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Sarang Walet Menjadi Sup. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!