Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dapat dilakukan dengan mencampurkan dedaunan lain dan bumbu dapur. Berbeda dengan buahnya yang manis bagian lain dari pepaya yaitu daun dan bunga terasa sangat pahit. Padahal dua bagian tumbuhan pepaya ini cukup sering jadi masakan yang disukai anggota keluarga. Penyebab utama rasa pahit adalah kandungan getah yang cukup banyak, kalau tidak percaya coba saja jilat getah pepaya :p

Kali ini dapur (dot) website akan menyajikan cara merebus daun pepaya agar tidak pahit yang telah dipercaya masyarakat turun temurun.

  • http://resepkoki.co/menghilangkan-rasa-pahit-daun-bunga-pepaya/
  • http://www.livestrong.com/article/472683-how-to-dry-papaya-papain-leaves-for-tea/

Cara Memasak Daun Pepaya

Untuk mengurangi rasa pahit dari getah pepaya kita bisa memasak daun pepaya bersama dengan daun dari tumbuhan lain, saya pribadi paling sering menggunakan daun singkong yang selanjutnya ditumis dengan ikan teri.

Selain singkong, bahan lain yang sering dipakai antara lain asam jawa, daun jambu baik itu jambu biji maupun jambu mete. Yang paling "nyeleneh" tapi sering dilakukan oleh orang jaman dulu adalah merebus bersama tanah liat. Semuanya terbukti dapat menghilangkan rasa pahit daun pepaya.

Baca juga: Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Amis

Cara Memasak Daun Pepaya agar tidak Pahit
© stylecraze.com

Berikut langkah memasak yang bisa anda coba,
  1. Petik daun pepaya sore hari dan diamkan beberapa saat agar getah berkurang. Dari pengalaman, sepertinya getah lebih sedikit di pagi ataupun sore hari karena tidak sedang fotosintesis. Mungkin malam hari adalah waktu terbaik, tapi siapa yang mau gelap-gelapan cari daun pepaya.
  2. Setelah didiamkan, potong-potong daun pepaya agar makin banyak jalan bagi getah untuk keluar.
  3. Lanjutkan dengan mencuci daun pepaya. Lakukan gerakan sedikit meremas-remas agar getah dalam daun keluar. Pencucian menggunakan air mengalir sehingga getah ikut terbuang bersama air. Setelah bersih, tiriskan.
  4. Siap untuk merebus, dalam tutorial ini saya memakai daun singkong. Untuk itu potong-potong daun singkong dan cuci.

    Siapkan panci berisi air di atas kompor, masukkan daun pepaya yang telah dicuci dan daun singkong. Tambahkan sedikit garam agar daun lebih empuk dan pahit berkurang.
  5. Panaskan dengan api sedang sampai air mendidih. Setelah itu sesegera mungkin tiriskan daun dan buang air rebusan. Rebusan ini mengandung getah pahit tadi, jika kalau direndam terlalu lama maka ditakutkan akan mempengaruhi rasa.
    Sebaiknya panci jangan ditutup agar uap air hilang yang akhirnya pahit berkurang, sesekali aduklah supaya kematangan merata.
  6. Setelah ditiriskan, kita bisa menyiramkan air bersih sambil melakukan gerakan meremas daun yang sudah direbus tadi. Hal ini dimaksudkan agar semua air rebusan yang menempel di daun hilang.

    Cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya selesai. Anda bisa melanjutkan mengolah daun menjadi tumis, urap, ongseng, pecel dan berbagai resep masakan daun pepaya lainnya.
Daun pepaya yang dimasak bersama daun singkong akan menciptakan kombinasi yang menarik. Daun pepaya berstruktur lebih keras dan berserat sedangkan singkong lebih lembut di mulut. Nyaam nyaam yummy, tambah ikan teri makin mantap.

Cara Membuat Minuman Daun Pepaya

Banyak sekali manfaat daun pepaya bagi kesehatan sebut saja, anti malaria, mencegah demam berdarah, meningkatkan daya tahan tubuh, zat anti kanker, mengurangi nyeri saat menstruasi, memperlancar sistem pencernaan dan masih banyak lagi.

Salah satu metode mendapatkan nutrisi dari daun pepaya adalah teh, berikut cara mengolahnya,
  1. Petik lah beberapa daun pepaya, ikatkan dengan tali lalu jemur di tempat yang kering. Pastikan daun tidak lembab agar nantinya tidak berjamur, penjemuran mungkin butuh waktu lama berminggu-minggu. Tanda daun pepaya kering yang sudah siap dibuat teh adalah mudah hancur saat diremas-remas.
  2. Setelah kering tinggal menyeduh daun pepaya dengan air panas layaknya teh pada umumnya. Rasanya tentu jauh beda karena pepaya tidak memiliki aroma sedap seperti daun teh, apalagi ada rasa pahit pahit sedikit.
Baca juga: Cara Membuat Es Lilin yang Empuk

Minuman kedua yang sering diolah adalah jus rebusan pepaya, caranya lebih mudah cukup merebus beberapa lembar daun pepaya dengan seliter air. Lakukan perebusan tanpa menutup panci, rebus terus sampai hanya tersisa setengahnya. Gunakan saring untuk mengambil airnya saja, tinggal minum (beri tambahan gula untuk memberikan rasa manis).

Sekian artikel tentang Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!